Mudah Membuat Website Pembelajaran dengan WordPress

- Editor

Jumat, 31 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membuat website pembelajaran merupakan pembuatan website yang memuat mengenai informasi yang lebih menjurus kepada edukasi, baik untuk guru, untuk siswa, maupun tentang pengetahuan umum. Dalam artikel ini, akan menjelaskan secara step-by-step tentang bagaimana cara membuat website secara mudah dengan menggunakan WordPress tanpa harus memahami pemrograman ataupun coding.

Pengertian WordPress

WordPress merupakan sebuah software yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengelola website melalui online. Awal mulanya, WordPress hanya digunakan untuk media blogging. Namun seiring perkembangan zaman, WordPress berubah menjadi menjadi aplikasi Content Management System (CMS) yang dapat digunakan untuk aplikasi di luar blog. Seperti website untuk bisnis, online shop, website pembelajaran dan lain-lain.

Pada dasarnya, WordPress terbagi menjadi 2 jenis, yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Perbedaannya adalah, wordpress.org adalah self hosted, sedangkan wordpress.com adalah web hosted. WordPress.org umumnya digunakan oleh para web developer yang telah memahami bahasa pemrograman dengan menggunakan hosting sendiri atau biasnaya disebut dengan seseorang yang sudah ahli membuat website. Sedangkan wordpress.com merupakan werdpress yang banyak digunakan oleh orang orang dalam membaut website karena lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Kelebihan dan Keunggulan WordPress

1. Gratis, yang menjadi daya tarik dari WordPress adalah situs ini tentu dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Hal ini tentu sangat membantu bagi siapa saja yang ingin memulai menulis dan membuat website pembelajaran.

2. User Friendly, platform wordpress juga sangat mudah untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dapat juga mengunduhnya di PlayStore smartphone kamu, sehingga tidak perlu repot untuk membuka laptop.

3. CMS Fleksibel, wordpress bebas lisensi ini juga dikategorikan sebagai situs yang cukup fleksibel. Disebut fleksibel karena Content Management System sangat cocok untuk membangun berbagai jenis website untuk pribadi. Salah satunya website pembelajaran.

4. Populer, WordPress merupakan platform pembauat website yang pali populer dan mudah di atur sesuai kehendak pemilikinya.

5. SEO Friendly, website ini memiliki plugin SEO yang dapat dinikmati secara gratis. SEO sendiri adalah Search Engine Optimization yang memiliki fungsi untuk membuat sebuah situs atau website mendapatkan banyak viewers.

Dalam kesempatan ini hanya akan terfokus pada WordPress.com yang tidak rumit dan dapat dipahami oleh orang gaptek sekalipun. Berikut ini merpukan langkah -langkah membuat website pembelajaran dengan menggunakan WordPress.

Langkah Membuat Website WordPress

2. Registrasi akun wordpress

Langkah pertama yaitu, pergi ke wordpress.com

Halaman awal wordpress akan terlihat seperti gambar tampilan di atas. Kemudian klik tombol “Mulai” pada bagian kiri bawah Tunggu hingga muncul halaman seperti gambar berikut:

Dan akan muncul tampilan seperti diatas, yang merupakan tampilan layout halaman yang nantinya harus dipilih salah satu, Berikut keterangan masing- maing jenis layout halaman website wordpress

Jika Anda bingung, Kami akan menjelaskan perbedaan dari ketiga layout tersebut.

  • Template sebelah kiri umum untuk blog. Ketika orang akan mengunjungi website Anda, akan melihat posting terbaru. Cocok untuk Anda yang ingin membuat website pribadi dengan tujuan blogging.
  • Template yang berada di tengah umum untuk sebuah website. Di mana ketika orang akan mengunjungi website Anda, akan melihat halaman sambutan. Cocok untuk Anda yang ingin membuat website untuk bisnis Anda.
  • Sedangkan template sebelah kanan umum untuk web portofolio. Tampilan grid. Cocok untuk Anda yang merupakan tenaga kreatif dan ingin menampilkan karya Anda secara visual.

Misalnya kita memilih tamplate yang di tengah, Bapak Ibu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Bapak Ibu. Setelah diklik, akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

Setelah memilih template atau leyout, kemudian langkah selanjutnya yaitu memilih tema tampilan halaman website. Pilih sesuai selera dan kebutuhan bapak Ibu dan jangan lupa untuk disesuaikan dengan isi konten website nya.

Bapak dan Ibu tidak perlu bingung, karena Bapak dan ibu masih bisa mengubah tema di kemudian hari. Seteah memilih satu tema, tunggu hingga muncul tampilan seperti gambar berikut:

Langkah selanjutnya yaitu menetukan Domain untuk website yang Bapak dan Ibu buat.

Apakah Bapak Ibu paham apa itu domain? secara singkatnya Domain merupakan alamat yang biasa Anda ketik di browser untuk menuju sebuah webesite. Contohnya, nama websitenya naikpangkat dengan domainnya naikpangkat.com atau misalnya nama websitenya belajardigital dengan nama domainnya belajardigita.id, dan lain sebagainya

Apabila Anda menggunakan layanan gratis WordPress, domain Anda akan berbentuk website-Bapak/Ibu.wordpress.com. Untuk menghilangkannya menjadi website-Bapak/Ibu.com, harus melakukan upgrade ke WordPress premium, atau membeli domain secara manual. Tak perlu khawatir, dapat digantinya nanti.

Setelah menentukan domain, akan berbentuk tampilan seperti berikut ini:

Untuk awalan Bapak Ibu bisa menggunakan yang gratis terlebih dahulu. Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengganti domain Anda pada chapter berikutnya. Setelah itu akan muncul dialog seperti gambar di bawah ini:

Ketik alamat email, nama pengguna, dan kata sandi Bapak Ibu. Setelah klik tombol “Buat Akun Saya”, lalu setelah itu cek kotak masuk pada email yang digunakan untuk mendaftar tadi, dan akan muncul pesan konfirmasi, lalu klik konfirmasi.

Selesai, website sudah selesai di buat.

Lalu bagaimana membuat website tersebut menjadi website pembelajaran? Yuk kita simak informasinya membuat website pembelajaran berikut ini.

1. Mengisi Website WordPress dengan Materi Pembelajaran

Karena yang Bapak dan Ibu buat adalah website pembelajaran, maka isi konten website bapak ibu bisa berupa materi pelajaran. Dengan menyajikan artikel 400 kata atau 1000 kata dengan dilengkapi gambar. Disesuaikan dengan mata pelajaran yang Bapak Ibu ampu, serta pembagian materi dalam per babnya

2. Membuat Kategori

Dengan membuat kategori akan mempermudah siswa saat akan mengakses materi. Kategori bisa dibuat berdasarkan kelas atau berdasarkan bab materinya. Sehingga apabila guru tersebut mengampu lebih dari satu jenjang kelas, siswa bisa membuka materi dengan mudah sesuai dengan ketegori yang sudah dibuatnya.

3. Mengaktifkan fitur komentar

Pengaktifan fitur komentar bertujuan untuk dapat membuat ruang diskusi dalam website pembelajaran tersebut, sehingga siswa yang mengakses artikel yang ada di website pembelajaran bisa menanggapi atau memberikan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas.

Demikian merupakan langkah mudah membuat Website Pembelajaran dengan WordPress secara mudah dan dapat diikuti oleh siapa saja tidak terkecuali Bapak Ibu guru sekalian. Semoga bisa bermanfaat dan apabila Bapak dan Ibu mencoba membuatnya mudah diikuti dan berhasil. Sehingga dapat membuat media dan metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya.

e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan bersertifikat 32 JP dengan judul Membuat Web Pembelajaran Menggunakan Wordprass, berminat mendaftar silahkan klik . DAFTAR SEKARANGDapatkan pelatihan ini secara GRATIS/FREE Bagi member e-Guru.id, DAFTAR MEMBER. Ingin judul pelatihan lainnya, bisa cek DI SINI.

Ingin dibantu mendaftar ? Hub: 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 40 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru