Home / News

Selasa, 28 Desember 2021 - 10:24 WIB

3 Rekomendasi Website Belajar Matematika Menyenangkan

Matematika seringkali dianggap mata pelajaran yang sangat sulit dan tidak menyenangkan oleh siswa. Padahal, mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran pokok yang harus siswa kuasai.

Membuat mata pelajaran matematika menjadi hal yang disukai dan difavoritkan oleh siswa. Agaknya seperti tidak mungkin dan mungkin butuh kerja keras yang lebih untuk melakukannya.

Tenang, untuk meringankan hal tersebut. Ada beberapa rekomendasi website yang dapat dicoba untuk dijadikan media pembelajaran sekaligus sumber belajar. Agar mata pelajaran matematika menjadi menyenangkan bagi siswa.

1. Arcademics

Belajar matematika menjadi asik dan menyenangkan. Website ini cocok untuk Level Usia: 5-11 tahun atau jenjang TK, SD dan SMP.  Latihan matematika  dengan bermacam game, ‘Akademik + Game = Arcademics’ (Kegiatan belajar yang menyenangkan) merupakan kegiatan favorit yang direkomendasikan dalam situs ini!

Walaupun Arcademics tidak dirancang untuk memuat topic yang mendetail mengenai matematika. Sayangnya, tidak ada menyediakan tutorial.

Tetapi, website ini dapat menghubungkan materi pelajaran matematika yang bersifat teori dan abstrak dengan mengaplikasikannya lewat game. Game-game tersebut berisikan berbagai macam topik matematika termasuk sistem penambahan dan pengurangan, aljabar, aritmatika dan pecahan.

Baca Juga:  Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati Pada Tahun 2022

Sehingga, siswa bisa lebih mudah belajar untuk mempraktikan ilmu yang sudah mereka dapat melalui game matematika yang menyenangkan.  Untuk menguasai materi yang mereka dapat dan mengaplikasikannya dalam situasi yang bermacam-macam.

2.  Hooda Math

Tak selamanya, matematika harus selalu berhubungan dengan rumus dan soal-soal yang panjang. Jika seperti tersebut, matematika  terkesan sangat kaku dengan menghafalkan rumus panjang dan menjenuhkan.

Coba saja kunjungi situs HoodMath karena situs ini memberikan solusi bagi siapapun yang ingin belajar matematika.

Website ini bisa digunakan untuk semua jenjang dari SD, SMP, SMA sampai Perguruan tinggi. Website ini lebih sangat cocok digunakan sebagai hiburan berupa game yang menghubungkan materi matematika.

Guru dapat menjadikan website ini sebagai Ice Breaking dalam proses pembelajaran, agar siswa tidak merasa jenuh dan merasa menyenangkan. Terlebih, website ini sangat mudah digunakan.

Siswa pasti sangat suka belajar di situs ini karena ada beragam game yang menarik. Pembelajaran matematika melalui situs belajar online matematika Hooda Math.

Pembelajaran rumus di sini sangat berbeda karena disampaikan secara unik dan menarik. Sehingga belajar matematika tidak akan menjenuhkan lagi!

Baca Juga:  Seminar Nasional 100% Gratis Bersertifikat 4JP : Teknik Coaching Sebagai Pemantik Pembelajaran Berbasis Masalah

3. Khan Academy

Khan Academy menawarkan dengan video belajar dan latihan yang memudahkan pembelajaran.

Disitus ini anda dapat belajar matematika sesuai dengan pengelompokkannya, seperti Aritmatika, Geometri, Kalkulus atau Trigonometri.

Anda juga bisa dengan mudah memilah kelompok usia yang sesuai misalnya, tahun ke-9 mereka sekolah merupakan siswa yang berada dalam level 8 yang berusia 13-14 tahun. Materi yang diberikan juga berdasarkan tingkat pendidikan pengguna.

Selain itu, disitus Khan Academy juga terdapat tes persiapan ujian seperti ujian masuk perguruan tinggi, ujian penerimaan mahasiswa jurusan biologi dan sains, dan ujian penerimaan program lulusan manajemen bisnis

Sangat bermanfaat untuk siswa Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi. Dengan menyediakan materi persiapan ujian ujian SAT, MCAT atau GMAT.

Khan Academy ini tidak menyediakan sertifikat setelah menyelesaikan suatu course. Situs ini dapat diakses secara gratis di web browser.

Ingin membuat website seperti diatas dengan mudah? Bapak dan Ibu Guru dapat mengikuti pelatihan “Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress” yang diselenggarakan oleh e-guru.id

Daftar Sekarang

Share :

Baca Juga

ide bisnis bagi guru

News

Pengalaman dan Keahlian Guru yang Dapat Menjadi Produk Bisnis
https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

7 Keunggulan Model Pembelajaran Langsung atau Direct Learning

News

Cara Mencari Referensi Untuk PTK di Era Digital Menghindari Plagiarism
menjaga motivasi guru

News

Cara Daftar dan Syarat Jadi Guru Penggerak

News

Tips Menentukan Masa Depan Jelang Lulus Sekolah SMA
classpoint untuk pembelajaran

News

Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif dengan Slido
pengolahan data penelitian

News

Mengenal Dapodik dan Pengelolaannya
tips cegah jenuh mengajar

News

Berapa Biaya PPG Jalur Mandiri?