8 Aplikasi Mudah untuk Membuat Website Pembelajaran

- Editor

Sabtu, 25 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membuat website pembelajaran bukanlah hal yang mudah, sehingga membutuhkan keterampilan tersendiri seperti coding dan lain sebagainya.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempermudah dalam pembuatan website yaitu :

WordPress

Aplikasi WordPress adalah aplikasi gratis yang memungkinkan untuk Anda dalam membuat website pembelajaran menjadi lebih mudah. wordPress merupakan kombinasi dari fleksibilitas dan kemudahan dalam membangun situs web berbasis konten.

WordPress memiliki manajemen dengan backend yang ramah pengguna. Kemudian Anda dapat mengubah desain dasar pada website dengan template yang disediakan oleh WordPress secara gratis ataupun berbayar.

Kepopuleran website berbasis WordPress sering menjadi sasaran bagi para peretas, sehingga sangat penting bagi pengguna WordPress untuk memperhatikan fitur keamanan. Untuk itu, WordPress menyediakan banyak plugin security sehingga dengan mudah dapat memasangnya.

WordPress menjadi salah satu cara yang cepat dan mudah dalam membuat website tanpa memerlukan keahlian koding, dengan tema dan plugin yang sudah tersedia akan membuat seluruh proses penyesuaian website menjadi sangat sederhana.

Kelebihan dalam menggunaka WordPress adalah mudah diinstal dan digunakan, memiliki banyak tema dan plugin, dan dukungan komunitas yang besar. Sedangkan kelemahan yang dimiliki aplikasi ini adalah karena kepopulerannya sehingga kerap menjadi target peretasan.

Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi desain web offline yang sudah banyak dikenal oleh kalangan website developer baik digunakan untuk coding, editing, maupun maintaining.

Anda dapat membuat kode desain website secara langsung dengan adanya kombinasi visual editing dan HTML editing. Dengan cara menampilkan layar untuk menulis code dan untuk mendesain template website.

Anda dapat menghasilkan desain yang responsif dengan menggunakan Dreamweaver, sehingga website dapat secara optimal tampil di pengguna desktop dan mobile tanpa membatasi pengalaman pengguna.

Dengan aplikasi Dreamweaver ini Anda dapat mendesain template website sesuai dengan spesifikasi atau keinginan Anda, dan tentunya memerlukan keterampilan dasar coding.

Kelebihan dalam aplikasi ini adalah dalam kustomisasi desain, cocok untuk membuat desain responsif, dan dukungan HTML5. Kekurangannya adalah harga yang cukup mahal dimulai dari $27.62 per bulan.

InVision Studio

Aplikasi ini menawarkan layanan berbasis cloud yang terintegrasi dengan aplikasi desain seperti Sketch dan Photoshop. InVision menawarkan desain antarmuka dengan fituer yang lengkap, menarikm dan mudah dipelajari.

InVision memiliki fitur utama berupa kemampuan untuk membuat animation motion yang mudah dan dinamis dan kemampuan yang dimiliki ini sulit disaingi oleh aplikasi lain.

Fitur kolaborasi yang ada dalam aplikasi ini mempermudah pengguna dalam melakukan kerja dalam tim, dimana Anda dan tim dapat mengerjakan tugas masing-masing dan sekaligus mendiskusikan didalam satu frame.

Anda cukup membuat satu prototipe untuk berbagi perangkat karena InVision sudah memiliki artboard yang responsif. Sehingga akan mempermudah dan menghemat waktu pengguna dalam membuat website.

Kelebihan yang ada dalam aplikasi ini adalah kolaborasi desain dengan tim, UI yang mudah digunakan, dan Integrasi dengan Sketch membuat prototipe mudah diunggah. Sedangkan kekurangannya adalah aplikasi yang cukup berat.

Adobe XD

Aplikasi ini menjadi pesaing yang ketat dengan InVision Studio. Apabila Anda terbiasa menggunakan aplikasi keluaran Adobe seperti Photoshop dan Illustrator maka kemungkinan besar Anda akan lebih menyukai aplikasi ini.

Adobe XD ini menjadi pilihan para pengguna Windows yang memerlukan kolaborasi dengan pengguna Sketch karena program ini dapat membuka dan mengedit file dari Sketch.

Aplikasi ini pertama diluncurkan pada tahun 2019 sehingga sudah mengalami banyak perkembangan, namun masih kekurang fitur terutama kolaborasi real-time dan plugin pihak ketiga juga tidak tersedia.

Kelebihan yang dimiliki Adobe XD adalah desain multi platform seperti Android, iOS, dan website. Kemudian terkoneksi dengan Adobe Library, dan dapat membuka beberapa artboard dalam satu waktu. Namun terdapat kelemahan dalam aplikasi ini yaitu kemampuan animasi yang masih terbatas.

Bluefish

Saat ini Bluefish menjadi aplikasi desai website dengan ukuran terkecil yang fokus utamanya HTML, desain antarmuka aplikasi ini yaitu hanya teks dan tentunya akan cocok dengan Anda yang menyukai tampilan bersuh di antarmuka.

Bluefish juga mendukung bahasa pemrograman lain termasuk PHP, Java, Javascript, SQL, XML, dan CSS.

Buefish memiliki ukuran yang sangat kecil serta fungsi pencarian yang baik sehingga memudahkan dalam menemukan teks di banyak project sekaligus dan dapat dijalankan dengan multi platform.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki ukuran yang ringan dan cepat dan menggunakan kode tingkat lanjut via wizards. Sedangkan kekurangannya adalah tidak memiliki antarmuka visual.

Bootstrap

Bootstrap merupakan aplikasi yang dikenal sebagai framework website mobile yang paling populer saat ini. Framework Bootstrap ini dapat digunakan untuk membuat desain website dengan menggunakan HTML, CSS, dsn JavaScript.

Bootstrap menawarkan banyak fitur seperti sistem grid dan perpustakaan komponen yang membuat coding website lebih cepat dan mudah. Komponen tersebut berupa header, navigasi, dan tombol. Selain itu juga terdapat fitur lengkap termasuk contoh dan saran kustomisasi.

Framework Bootstrap menyediakan template pre-build yang bekerja dengan baik sehingga dapat mengedit template sampai mendapat hasik yang diinginkan.

Kelebihan aplikasi ini adalah mendukung di hampir semua browser, memiliki ukuran yang ringan, dan memiliki dukungan komunitas yang besar. Sedangkan kekurangan dalam aplikasi ini adalah desain website yang biasa saja.

Weebly

Aplikasi ini hampir sama dengan WordPress. Weebly adalah CMS yang cukup populer.

Aplikasi ini hadir dengan antarmuka drag and drop yang dapat memungkinkan pengguna untuk membuat website dalam hitungan menit. Namun jumlah tema yang disediakan oleh Weebly masih terbatas, meski begitu aplikasi ini memiliki tema dengan kesan profesional.

CMS ini memiliki tema yang responsif dimana dpat bekerja secara maksimal di perangkat seluler dan memiliki in built SEO, analytics dan fitur untuk memposting iklan langsung ke Facebook.

Kelebihan dalam aplikasi ini adalah memiliki tampilan yang profesional dan ramah bagi pengguna mobile. Sedangkan kekurangannya adalah untuk aplikasi berbasis CMS, fitur yang dimiliki tidak sebanyak CMS lainnya seperti WordPress.

Atom Text Editor

Atom merupakan aplikasi editor open source untuk merancang, mengembangkan, dan memodifikasi kode. Memiliki fitur drag and drop untuk memindahkan file dan folder serta didukung packet manager yang terintegrasi dengan Github sebagai pengembang Atom dimana pengguna dapat memasukan fitur tambahan.

Bagi beberapa orang yang tidak menguasi koding mungkin akan merasa kesulitan dalam konsep aplikasi ini. Namun ada bagian di dalam desain web yang membutuhkan modifikasi kode secara langsung.

Dapat membantu pengguna dalam membangun web yang ingin menyesuaikan kode untuk add on aplikasi yang diperlukan dalam sebuah website.

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah menyediakan library dan opsi mengubah tema. Sedangkan kekurangan dalam aplikasi ini adalah tidak memiliki antarmuka visual.

WordPress menjadi aplikasi untuk membuat Website Pembelajaran yang paling kami rekomendasikan. Apabila Anda masih kesulitan dalam menggunakan dan membuat website, Anda dapat mengikuti pelatihan dibawah ini.

Pelatihan yang dapat Anda ikuti yaitu “Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id pada tanggal 13 – 22 Januari 2022 secara online.

Anda dapat mengikuti pelatihan ini dengan biaya pendaftaran Rp 97.000 untuk peserta umum dan GRATIS untuk Member e-Guru.id.

Pendaftaran dapat Anda lakukan dengan cara KLIK DISINI.

Apabila Anda kesulitan dalam melakukan pendaftaran dan membutuhkan informasi lainnya maka Anda dapat menghubungi kontak berikut ini:

Eka (088225471197)

Penulis : Eka Susiyanti

Berita Terkait

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!
Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!
Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?
Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus
4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)
Guru Kesulitan Memenuhi 32 Poin Kinerja  dari Yang Sudah Direncanakan, Kemdikbud Siapkan Solusi Ini!
Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini
Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 13:17 WIB

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:47 WIB

Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:14 WIB

Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?

Senin, 4 Maret 2024 - 10:28 WIB

Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:57 WIB

4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:16 WIB

Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:57 WIB

Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud

Jumat, 1 Maret 2024 - 12:35 WIB

Kabar Update TPG Guru Kemdikbud dan Guru Kemenag di Bulan Maret, Mulai Sinkronisasi Data?

Berita Terbaru