Home / Pelatihan Guru

Selasa, 25 Mei 2021 - 23:18 WIB

Monetisasi Channel Youtube Guru

Baru-baru ini muncul sebuah istilah “Youtuber” yang dikaitkan kepada orang-orang yang rajin membuat konten di Youtube. Banyak dari mereka yang kemudian menghasilkan uang dari konten yang diunggah di Youtube tersebut. Seorang guru pun juga bisa mendulang penghasilan melalui Channel Youtube yang dibuat. 

Membuat channel Youtube sebenarnya tidak sulit. Jika Anda sudah memiliki akun di Google atau Gmail, Anda langsung bisa mendaftar sebagai pemilik channel di Youtube. Namun yang kemudian menjadi tantangan ketika Anda ingin menghasilkan uang dari Youtube adalah bagaimana cara menyuguhkan konten yang menarik dan tahu rahasia bagaimana cara mencari uang dari platform tersebut. 

Konten dengan tema apapun bisa masuk ke Youtube asalkan tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Misalnya, di Youtube dilarang mengunggah konten yang berbau porno, perjudian, kekerasan, dan lain sebagainya. Selama konten Anda di luar hal tersebut, Anda bisa mengunggahnya di Youtube dan melakukan monetisasi atau menghasilkan uang dari Youtube. 

Baca Juga:  Diklat Gratis 32JP : Peran Teknologi Dalam Membantu Proses Pembelajaran

Untuk menghasilkan uang dari Youtuber memang tidak dapat dikatakan mudah namun juga tidak bisa dikatakan teramat sulit. Asalkan Anda dapat meningkatkan jumlah penonton pada kanal dan juga meningkatkan jumlah subscriber, maka Anda bisa menghasilkan uang dari konten Anda di Youtube. 

Cara Monetisasi Channel Youtube Guru

Jika Anda seorang guru dan ingin menghasilkan uang dari Youtube, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki akun di platform tersebut. Jika Anda bisa memasang iklan, maka Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan dari Youtube. 

Namun untuk menjadi partner Youtube atau agar bisa memasang iklan di Youtube, terdapat sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Sebelum Anda bisa memasang iklan, Anda harus memenuhi durasi tayang pada channel Anda. Kemudian Anda juga harus memiliki pengikut atau subscriber minimal seribu orang untuk memulai memasang iklan. 

Untuk menumbuhkan jumlah pengikut dan durasi tayang harus diawali dengan upload konten dan dilakukan secara konstan. Dan yang lebih penting lagi, konten yang Anda upload harus mampu menarik audiens. 

Baca Juga:  Menumbuhkan Kemampuan Menulis bagi Guru dengan 3M Plus K

Misalnya Anda seorang guru, Anda bisa mengupload video-video yang berkaitan dengan pembelajaran. Contoh: Anda membagikan video berisi tips-tips mengajar yang efektif. Dengan konten tersebut, konten Anda pasti akan dilihat oleh para guru di seluruh Indonesia yang membutuhkan referensi dalam mengajar. 

Nah, itulah bagaimana cara mengawali karier sebagai “Youtuber” jika Anda seorang guru. 

Pelatihan Monetisasi Youtube

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang monetisasi Youtube dan mendapatkan penghasilan tambahan dari upload konten di platform tersebut, Anda bisa mengikuti pelatihan berikut ini yang diselenggarakan oleh e-Guru.id: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

Pelatihan Guru

Siapkan Sekolah Anda Menghadapi AKM dengan e-Book “Bombastik Amunisi AKM 2021”

Advertorial

Materi Hari Ketiga Workshop : Memilih Aplikasi untuk Pengembangan Pembelajaran

News

Segera Daftar! Webinar Gratis : Kiat Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 Diktat

Advertorial

Pelatihan Bersertifikat 32JP Pembelajaran Menarik dengan Powtoon

Advertorial

Segera Daftar Diklat Gratis dan Bersertifikat 40 JP: Pembelajaran Kooperatif yang Interaktif dan Menyenangkan di Kuriklum Merdeka!

Advertorial

Workshop Gratis Bersertifikat 32 JP Pemanfaatan Ragam Media Belajar untuk Ciptakan Guru Inovatif
pelatihan membuat e-modul

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat E-Modul Berbasis Android

Advertorial

Download Materi Pertemuan Ketiga Bimtek Gratis 40JP Membuat Artikel Ilmiah