Sistem Level
Dalam game yang sering kita temui, terdapat level-level permainan yang dapat pengguna mainkan. Biasanya level rendah memiliki tingkat kesulitan yang rendah dan semakin tinggi levelnya tingkat kesulitannya pun semakin menantang.
Sistem level ini dapat dikolaborasikan dengan sistem poin. Misalnya dengan memperoleh poin dalam jumlah tertentu, siswa dapat naik ke level lanjutan.
Seperti sistem poin sebelumnya, sistem level juga membuat siswa semakin tertantang dan memiliki kebanggaan tersendiri saat level mereka meningkat.
Sistem Badges
Game dalam pembelajaran di kelas selain mendapatkan poin dan dapat naik level, siswa juga berkesempatan mendapatkan badges atau lencana.
Contoh gamifikasi dalam pembelajaran dengan menerapkan sistem badges misalnya setelah mengerjakan beberapa tugas dengan hasil sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh Anda sebagai guru, siswa akan memperoleh lencana.
Dengan lencana tersebut, siswa dapat memiliki keistimewaan misalnya memiliki waktu khusus bercerita dengan Anda, memiliki waktu makan lebih lama, menjadi pemimpin kelompok, dan lain sebagainya.
Anda juga dapat menciptakan lencana dengan kategori-kategori khusus misalnya lencana perunggu, perak, emas, dan lain-lain. Semakin banyak lencana yang dapat dikumpulkan, akan menambah semangat dan rasa bangga pada siswa sehingga tidak sadar bahwa dia sedang belajar.
Sistem Leaderboard
Dalam sebuah game, Leaderboard dapat menunjukkan rangking siswa. Semakin tinggi pencapaian yang diraih siswa maka siswa semakin percaya diri dan bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya untuk lebih meningkatkan posisi mereka dalam leaderboard.
Dengan melihat leaderboard, siswa dapat mengukur kemampuan mereka. Saat ini banyak penyedia platform belajar online yang menerapkan sistem gamifikasi akan mengurutkan peringkat pengguna berdasarkan hasil atau nilai yang diperoleh sehingga Anda tidak perlu susah menciptakan sendiri.
Namun, jika Anda ingin menyisihkan sedikit waktu, Guru Pintar dapat membuat leaderboard secara manual dengan menempel nama/foto siswa dalam leaderboard tersebut.
Siswa yang berada di posisi bawah akan terpacu untuk naik dan sebaliknya, siswa dengan posisi di atas akan berusaha mempertahankan posisinya.
Kelebihan Penggunaan Model Pembelajaran Gamifikasi
- Belajar jadi lebih menyenangkan
- Mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajarannya
- Membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari
- Memberi kesempatan siswa untuk berkompetisi, bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas
Halaman selanjutnya
Halaman : 1 2 3 Selanjutnya