Mengenal SiPENDI Aplikasi E-Raport Untuk PAUD dan Cara Menggunakannya

- Editor

Rabu, 9 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sipendi e-rapot PAUD – Kecanggilan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri lagi, apalagi berkenaan dengan dunia pendidikan. Hadirnya berbagai macam pembaruan dengan kecanggihan teknologi tentu akan mempermudah segala aspek kegiatan berkenaan dengan pendidikan. Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita terapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Disini pentingnya teknologi untuk selalu diikuti perkembangannya.

Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Seperti di Indonesia yang sebagian besar sekolah masih belum menggunakan teknologi dalam pendidikan.

SiPendi, merupakan contoh pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan. SiPendi singkatan dari Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Tujuan dibuatnya SiPendi ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat pendidik untuk membuat sebuah penilaian. Dengan fitur penilaian harian berdasarkan Kompetensi Dasar, input nilai harian peseta didik menjadi lebih mudah. Tersedia juga fitur untuk mencatat perkembangan Emosi dan Jasmani.

Penilaian tidak hanya dilakukan untuk membuat laporan kepada orang tua, namun dengan penilaian maka dapat mengetahui minat anak, tingkat kemampuan anak, dan berbagai gambaran mengenai perkembangan anak.

Maka dari itu, guru perlu untuk memahami karakter anak atau peserta didiknya selama aktivitas pembelajaran dan apa yang dibutuhkan oleh anak untuk dapat mengoptimalkan perkembangannya serta memberikan program pembelajaran yang sesuai.

Berbagai macam aspek yang perlu dilakukan penilaian perkembangan anak oleh Guru diantaranya yaitu nilai agama dan moral, perkembangan fisik dan motorik (motorik halus dan kasar, serta kesehatan fisik), perkembangan kognitif, sosial emosional, dan seni

Bagaimana cara menggukan SiPendi e-Rapot PAUD tersebut ? Apakah semua Sekolah PAUD bisa menerapkannya? Yuk simak informasi secara lengkap berikut ini :

Registrasi Akun SiPendi

Untuk memiliki akun SiPendi yang harus dilakukan yang pertama adalah mendaftar atau registrasi. Untuk registrasi ini 1 sekolah cukup 1 saja yang melakukan pendaftaran/registrasi. Sebaiknya sebelum registrasi, sekolah sudah memiliki akun yang masih aktif. Berikut 4 langkah dalam registrasi akun Sipendi :

  1. Isi formulir registrasi dengan mengisi Data Akun Sekolah Pada link : https://sipendi.id/registrasi
  2. Konfirmasi/Aktivasi Email Pendaftar, Kemudian Klik tautan pada kotak masuk Email yang telah didaftarkan
  3. Verifikasi Admin, Untuk Verifikasi Akun yaitu dengan chatke Admin SiPendi akan meverifikasi data anda dengan mengirimkan format : Nama Instasi, Nama Kota/Kabupaten, dan provinsi
  4. Login, Setelah terverifikasi oleh admin, login menggunakan akses yang dikirimkan ke Email, Link Login : https://sipendi.id/login

Sebenarnya apa yang membuat SiPendi ini menarik? dan Apa saja keunggulan nya?

Sebelum kita membahas mengenai SiPendi atau Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini, kita perlu mengetahui lebih dahulu mengenai fitur- fitur apa saja yang ada didalam Sipendi tersebut. Yuk simak informasinya secara lengkap berikut ini.

Fitur SiPendi

Untuk mempermudah pendidik dalam menilai perkembangan peserta didik Sipendi memiliki fitur-fitur pendukungnya, antara lain :

1. Penilaian Harian

Penilaian Harian, Fitur ini digunakan untuk menilai peserta didik berdasarkan kompetensi dasar yang perlu di kuasai oleh siswa. Guru bisa memberikan penilaian keseharian siswanya melalui SiPendi ini. Baik penilaian individu maupun penilaian kelompok. Serta guru bisa mencatat tanggal penilaian itu dilaksanan.

2. Catatan Perkembangan

Fitur ini digunakan untuk menilai emosi, jasmani dan kesehatan peserta didik setiap bulannya. Dalam format catatan perkembangan kesehatan dan jasmani siswa guru bisa menilai mulai dari kesehatan mulut, mata, telinga, hidung, berat badan, tinggi badan dan lain sebagainya. Guru bisa memilih penilaian sangat baik, Baik, Cukup atau Kurang.

Sedangkan, dalam catatan perkembangan emosi siswa guru bisa memberikan penilaian mulai dari perilaku, diam siswa, melamun, marah, menyerang atau memukul dan lain sebagainya. Guru bisa memberikan penilaian seperti Sering, Kadang, dan Tidak pernah.

3. Laporan Grafik dan Cetak

Ini merupakan fitur laporan penilaian dan perkembangan dalam bentuk grafik atau cetak. Dalam fitur ini memudahkan guru melihat hasil perkembangan anak baik setiap harinya maupun setiap bulannya, apakah grafik siswa naik atau justru mengalami penurunan.

Setelah kita mengetahui fitur- fitur yang ada didalam SiPendi, kita juga perlu mengetahui Apa kelebihan SiPendi ini dibandingkan dengan yang lainnya? Berikut ini merupakan kelebihan SiPendi :

Kelebihan SiPendi E-Rapot PAUD

1.Penggunaan yang Praktis

Apabila mungkin selama ini, segala proses pendokuementasian penilaian siswa terasa sangat rumit dan membutuhkan berlembar – lembar kertas, SiPendi hadir dengan pengisiannya yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali guru yang mungkin sedikit gaptek.

2. Memuat berbagai jenis penilaian

Dalam satu SiPendi atau Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini memuat berbagai aspek penilaian mulai dari penilain perkembangan jasmansi dan kesehatan, hingga penilain emosi

3. Hasil penilaian dapat terlihat jelas

Maksudnya yaitu bahwa hasil penilaian setiap siswa bisa tersaji dalam bentuk grafik sehingga memudahkan bagi guru maupun orang tua untuk memantau perkembangan siswa dan anaknya.

Ditambah lagi sekarang semuanya sudah berdigitalisasi, dimana segala sesuatu dikemas dengan lebih mudah dan praktis melalui digital. Sehingga lebih bisa di buka kapan saja dan dimana saja. Keunggulan Sipendi e-rapot PAUD , memudahkan instansinya memonitor dan mengevaluasi perkembangan pendidikan di semua sekolah. Juga dapat membantu orang tua atau wali mendapatkan informasi tentang pencapaian nilai belajar anaknya.

Panduan Lengkap Penggunaan SiPendi

Dalam menggunakan SiPendi atau Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini ini tidak bisa hanya dengan melihat panduannya saja, melainkan perlu praktik secara langsung.

Guru Juara menyelenggarakan Premium Diklat 35JP dengan judul Penyusunan Perangkat Pembelajaran Sebagai Penunjang SiPendi- eRaport

Yang akan diselenggarakan pada 22- 25 Februari 2022 atau Selasa sampai dengan Jum’at pukul 19.30 WIB melalui zoom meeting maupun streaming youtube Guru Juara.

Akan di pandu oleh instruktur yang sudah cakap di bidangnya, yaitu Bapak Bambang Martono, S.Sos, Bapak Drs. Basuki Waluyo, M.Si, dan Ibu Farida Widyawati, M.Si. Dimana dalam Diklat tersebut peserta akan memperoleh pendampingan secara full hingga bisa menggunakan SiPendi ini.

Apa saja fasilitas dan bonus yang diberikan jika mendaftar Premium Diklat ini? Berikut secara lengkapnya.

Dengan fasilitas yang sangat mendukung, antara lain :
✓ E-Sertifikat 35JP Bernama
✓ Materi dari Pengembang SiPendi
✓ Laporan Pengembangan Diri dan Presensi
✓ Akses Zoom Meeting
✓ Prioritas Terverifikasinya akun Sekolah
✓ Bonus Panduan Lengkap berupa Video Tutorial, E-Book Premium Sipendi
✓ Akun Sipendi (Aktif Selamanya / tanpa masa berlaku)
✓ Full Support dari pengembang SiPendi dan Praktisi SiPendi

Hanya dengan Rp. 99.000 Rp. 74.000 sudah bisa mendapatkan semua fasilitas yang tersebut di atas. Selain fasilitas tersebut anda juga berhak mendapatkan bonus spesial yaitu berupa e-Book Panduan SiPendi dan e-Course PowerPoint For Design.

Tunggu apalagi ? Segera mendaftar !!!

Cara Melakukan Pendaftaran Premium Diklat 35JP dengan judul Penyusunan Perangkat Pembelajaran Sebagai Penunjang SiPendi- eRaport

  1. Melakukan transfer pembayaran sebesar Rp. 74.000,- ke No. Rekening Tujuan : 0902722647 (BNI) a/n SUSI INDRIYAN
  2. Mengisi Form Pendaftaran pada LINK INI
  3. Ingin di bantu mendaftar silahkan hubungi nomer berikut ini : 087719662338 (Rahma)

Berita Terkait

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!
Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!
Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024
Progres Nasib Pencairan Tambahan 100% 1 Bulan Tunjangan Sertifikasi Guru dalam THR, Update Per 15 April
Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Berita ini 750 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 11:15 WIB

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 10:33 WIB

Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024

Selasa, 16 April 2024 - 11:22 WIB

Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!

Selasa, 16 April 2024 - 10:49 WIB

Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!

Senin, 15 April 2024 - 10:31 WIB

Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024

Minggu, 14 April 2024 - 22:55 WIB

Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 13 April 2024 - 17:33 WIB

Guru Sertifikasi Kemendikbud dan Kemenag Perlu Tahu Terkait Adanya Keharusan Mengembalikan TPG 2024 untuk Guru – Guru Ini!

Berita Terbaru