Mengenal Fitur-Fitur Portal Rumah Belajar Kemendikbud

- Editor

Kamis, 20 Mei 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rumah Belajar Kemdikbud – Ketika aktivitas belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 harus dilakukan melalui sistem jarak jauh, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menawarkan solusi dengan cara menghadirkan Portal Rumah Belajar. Pada portal tersebut menyediakan beberapa fitur menarik dan bermanfaat yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis. 

Pandemi Covid-19 sendiri sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 lalu dan masih berlangsung hingga saat ini. Kegiatan pembelajaran tatap muka masih belum bisa dilakukan seperti biasanya. Sehingga pembelajaran secara online masih menjadi solusi terbaik untuk menghindari penularan virus yang masih berlangsung sampai saat ini. 

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, tak dapat dipungkiri bahwa banyak guru yang sering menghadapi kendala. Misalnya, guru masih kesulitan menghadirkan pembelajaran yang menarik dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pasalnya, guru dan siswa tidak bisa langsung bertemu sehingga sulit untuk melakukan pengontrolan terhadap aktivitas belajar peserta didik. 

Selain itu, masih banyak lagi kendala yang dialami termasuk bagaimana cara menyajikan ujian, melakukan praktikum dan lain sebagainya. 

Nah, untuk menjawab masalah tersebut, Kemendikbud kemudian hadir dengan Portal Rumah Belajar Kemdikbud dengan sejumlah fitur menarik yang dapat disimak berikut ini: 

Kelas Maya

Kelas Maya merupakan fitur yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk menggelar pertemuan pembelajaran secara online. Guru diberikan akses menggunakan Learning Management System (LMS) di mana seluruh materi pembelajaran dapat didistribusikan dengan cara yang efektif melalui sistem tersebut. 

Dengan begitu, para siswa dapat belajar di mana saja karena dapat diakses secara online. Kemudian materi yang diberikan oleh guru juga dapat dipelajari kapan saja. 

Sumber Belajar

Di Portal Rumah Belajar juga disediakan sejumlah materi yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Sehingga guru tak perlu repot menyusun materi ketika menggunakan portal tersebut. 

Jenis-jenis materi yang tersedia pun sangat variatif. Ada yang dalam bentuk video atau audio. Dengan materi tersebut, kegiatan belajar diharapkan akan lebih menarik.

Bank Soal

Bank Soal merupakan kumpulan materi yang bisa digunakan ketika guru ingin melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan bersama siswa. Tentu saja materi soal yang disediakan pada bank soal tersebut akan memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. 

Laboratorium Maya

Ketika guru ingin mengajak siswa melakukan praktikum, pun dapat dilakukan secara daring di Portal Rumah Belajar. Adalah Laboratorium Maya yang ada dalam portal tersebut  dikemas dalam bentuk lembar kerja siswa atau teori praktikum yang pastinya disajikan dengan cara yang menarik dan interaktif. 

Itulah fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar Kemendikbud. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara penggunaan Portal Rumah Belajar secara lengkap, Anda dapat mengikuti pelatihan berikut ini: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut:

DAFTAR

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini:

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan:

Whatsapp

Telegram

Berita Terkait

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD
Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!
Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis
10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah
Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0
Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!
Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?
Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 19 Juni 2023 - 08:11 WIB

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD

Senin, 5 Juni 2023 - 20:16 WIB

Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!

Rabu, 22 Februari 2023 - 11:29 WIB

Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis

Minggu, 29 Januari 2023 - 14:48 WIB

10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:47 WIB

Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0

Senin, 19 Desember 2022 - 06:25 WIB

Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!

Selasa, 13 Desember 2022 - 10:48 WIB

Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?

Minggu, 16 Oktober 2022 - 19:59 WIB

Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB