Home / Opini

Rabu, 2 Juni 2021 - 15:05 WIB

Memotivasi Anak Menyukai Bahasa Inggris

Saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang paling banyak dan sering digunakan dalam berhubungan dengan orang lain dari bangsa yang berbeda-beda yang ada di dunia. Namun ada pertanyaan yang timbul di benak kita sebagai pendidik, apakah bahasa tersebut mudah untuk dipelajari dan bagaimana siswa agar dapat menguasai dengan baik dan benar? Pertanyaan ini tidak mudah untuk dijawab dan perlu mencari solusinya.

Sebagaimana disinggung  di awal tadi bahwa bahasa Inggris adalah bahasa pengantar atau bahasa internasional yang paling banyak dipakai dalam berkomunikasi di berbagai sektor. Bidang pendidikan, IPTEK, IT, ekonomi, pariwisata dan banyak  bidang lainnya yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris untuk menguasainya. 

Oleh karena itu pembelajar perlu dituntut agar dapat menguasai bahasa Inggris tersebut dengan baik dari semua aspek kebahasaannya. Mulai dari penguasaan listening, speaking, reading dan writing. Dan aspek-aspek lain yang tak kalah penting dalam belajar bahasa Inggris adalah penguasaan tata bahasa dan pengayaan kosa kata.

Baca Juga:  Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi

Salah satu cara agar bahasa Inggris cepat dan mudah dipelajari adalah disampaikan dengan cara yang menyenangkan (enjoyable). Misalnya, bagi pemula atau anak di usia dini dengan menggunakan media gambar. Kemudian untuk tingkat berikutnya pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menonton film.  

Belajar bahasa Inggris seharusnya tidak hanya sekedar bisa membaca dan mendengar apa yang disampaikan guru di kelas, tetapi harus ada pengembangan.  Misalnya, siswa mengerti dan dapat mengucapkan ungkapan bahasa Inggris dengan benar sesuai dengan kaidah bahasa Inggris. Untuk itu, siswa perlu mempraktikkannya secara langsung dengan orang asing atau dengan orang yang bisa diajak berkomunikasi dengan bahasa Inggris

Semua itu dapat dilakukan oleh seorang guru untuk memberikan motivasi peserta didiknya agar pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menyenangkan. Maka menjadi suatu kewajiban bagi seorang guru untuk menguasai berbagai macam model dan metode pembelajaran bahasa Inggris. 

Baca Juga:  Pandemi, Kompetensi Guru, dan Kenaikan Pangkat

Beruntungnya, metode-metode pembelajaran bahasa Inggris sudah banyak dikembangkan oleh para ahli di bidang pendidikan bahasa dan sudah terbukti berhasil dipraktikkan di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa.

Kesimpulannya, bahasa Inggris adalah bahasa dunia atau bahasa internasional yang paling banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia dalam rangka saling berbagi informasi. Misalnya di bidang IPTEK dan bidang lainnya.

Namun, tampaknya bahasa tersebut tidak semudah yang dibayangkan agar siswa dapat menguasainya dengan baik. Apalagi  bahasa Inggris adalah bahasa asing (second language) bagi bangsa seperti kita. Oleh karena itu harus diupayakan pembelajaran bahasa Inggris agar disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan tentunya dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang juga menyenangkan.  Sehingga siswa merasa terlibat di dalam pembelajaran dan menikmatinya. 

Ditulis oleh: Drs. Bustamin, Guru SMA Negeri 2 Pinrang

Share :

Baca Juga

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Arifah Pratikayani
pembelajaran tatap muka

Opini

Mendambakan Belajar Tatap Muka
pendidikan seks pada remaja

Opini

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seks pada Remaja

Opini

Berkah di balik Pandemi: Kini Aku Jadi Produktif Menulis
pendidikan

Opini

Guru sebagai Coach dalam Pendidikan

Opini

Digitalisasi Pendidikan Solusi Menghadapi Pandemi

Opini

Gerbong Perubahan Menuju Pendidikan Era Digital
pembelajaran jarak jauh

Opini

Kejenuhan dalam Pembelajaran Jarak Jauh