Home / Pelatihan Guru

Selasa, 25 Mei 2021 - 05:45 WIB

Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint

Membuat video animasi yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran dapat dilakukan hanya dengan PowerPoint. Jadi jika guru ingin membuat materi pembelajaran yang menarik, sebenarnya sangat mudah dilakukan. Guru tidak perlu menginstall aplikasi editing video yang berat seperti Adobe Premiere, After Effect dan lain sebagainya. Karena membuat video animasi pembelajaran bisa dilakukan melalui PowerPoint. 

Semua guru hampir pasti sudah mengenal apa itu PowerPoint. Ya, PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak yang termasuk dalam bagian Microsoft Office. Fungsi utama PowerPoint adalah untuk membuat slide presentasi. Sehingga aktivitas pemaparan materi akan lebih mudah jika dilakukan menggunakan aplikasi tersebut. 

Namun sebenarnya, fungsi utama PowerPoint bukan hanya sebatas untuk membuat slide presentasi saja. Karena faktanya, PowerPoint ini juga bisa untuk melakukan editing gambar dan membuat video animasi. Untuk melakukan hal tersebut tentu saja harus menguasai teknik-tekniknya. 

Baca Juga:  Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran Daring

Pentingnya Membuat Video Animasi untuk Pembelajaran

Pembelajaran di era digital seperti sekarang ini harus dapat menyesuaikan dengan zamannya. Oleh karena itu, kehadiran video animasi dalam pembelajaran sangat penting. 

Para peserta didik di masa sekarang jika hanya dihadapkan dengan buku pelajaran maka akan cepat bosan. Selain itu, saat ini sudah terdapat berbagai media di internet yang sangat menarik bagi anak-anak seperti Youtube, game online, dan lain sebagianya. 

Jika pembelajaran tidak mampu menghadirkan konten digital yang menarik maka peran guru dalam mendidik penerus generasi bangsa akan kalah dengan konten-konten yang menarik di internet tersebut. 

Nah, sebagai upaya untuk membuat aktivitas belajar bersama guru tetap relevan dengan zaman, maka seorang pendidik dituntut untuk memiliki keterampilan membuat materi pembelajaran yang menarik kepada siswa. Dan upaya untuk menghadirkan konten tersebut bisa dilakukan dengan cara membuat video animasi yang berkaitan dengan pelajaran. 

Baca Juga:  Pelatihan Gratis 32JP! MPI Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Misalnya seorang guru ingin menjelaskan terkait tata surya, guru bisa membuat video animasi yang menerangkan sistem tata surya. Dengan begitu maka kegiatan pembelajaran akan tetap menarik. 

Beruntungnya, membuat video animasi untuk menjelaskan tentang sistem tata surya seperti itu dapat dilakukan menggunakan PowerPoint. 

Pelatihan Membuat Video Animasi Pembelajaran 

Untuk membekali para guru Indonesia dengan keterampilan membuat video animasi, e-Guru.id menghadirkan kembali pelatihan membuat video animasi menggunakan PowerPoint berikut ini: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

Pelatihan Guru

Apakah Anda Sudah Mampu Mengoptimalkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh?

Advertorial

Download Materi Pertemuan Keempat Diklat Membuat Bahan Ajar

News

Segera Daftar Diklat Nasional Bersertifikat 64 JP: Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Projek

News

Daftar Sekarang! Diklat Bersertifikat 64JP : Pengembangan Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

News

Segera Daftar! Serangkaian Diklat 40JP Gratis : Penguatan Keterampilan Mengajar Pada Guru Untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru

Karya Inovatif

Unduh Materi Hari Pertama Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif
guru

Pelatihan Guru

Menyusun KTI Inobel Mudah Bersama Guru Juara

Pelatihan Guru

Materi Hari Pertama Workshop : Pemanfaaan Media Belajar Sebagai Inovasi Guru