Home / Pelatihan Guru

Senin, 24 Mei 2021 - 10:53 WIB

Membuat Pembelajaran dan Evaluasi Menarik dengan Google Form

Google Form adalah salah satu produk dari Google yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan. Seorang guru dapat menyajikan materi pembelajaran sekaligus evaluasinya melalui aplikasi tersebut. Tapi tampaknya belum banyak guru yang sudah mampu menggunakan layanan yang dapat diakses secara gratis tersebut. 

Google Form ini sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Selain gratis, halaman yang dapat diakses secara online tersebut bebas iklan. Sehingga materi pembelajaran yang disajikan menggunakan Google Form tersebut akan sangat bersih, bebas dari tayangan iklan. 

Berbeda ketika Anda menggunakan media online seperti Youtube dan lain sebagainya. Ketika pembelajaran dilakukan melalui media online lainnya, konsentrasi siswa dapat terganggu karena munculnya iklan atau konten-konten yang lain. Beda dengan Google Form di mana guru dapat menyusun materi yang menarik, interaktif, dan bebas dari hal-hal yang mengganggu konsentrasi siswa. 

Untuk menggunakan Google Form ini sebenarnya sangat mudah. Syarat pertama yang harus dipenuhi agar dapat menggunakan layanan tersebut adalah memiliki akun di Google. Artinya, Anda harus memiliki email di Google atau Gmail untuk dapat menggunakan Google Form. 

Baca Juga:  Pelatihan Menyusun Makalah Best Practice

Nah, setelah memiliki akun di Google, Anda bisa menggunakan Google Form sesuka hati sebagai media pembelajaran. Materi yang dapat disajikan melalui Google Form sangat bermacam-macam. Anda bisa memaparkan sebuah ilmu pengetahuan di Google Form sekaligus membuat media evaluasinya dalam bentuk teks atau visual. 

Misalnya setelah menyajikan materi melalui Google Form, Anda dapat langsung membuat materi evaluasi seperti kuis, soal ujian, dan lain sebagainya. Tipe-tipe soal yang dapat dibuat di Google Form pun beragam. Anda bisa membuat soal dengan jawaban ganda, jawaban dengan uraian, menjodohkan, dan lain sebagainya. 

Menariknya lagi, jawaban peserta didik yang diisikan melalui Google Form dapat langsung terekam. Sehingga guru tidak perlu melakukan perekapan secara manual untuk memeriksa jawaban siswa. 

Baca Juga:  Mengajar Menjadi Lebih Mudah dengan Aplikasi Classera

Google Form untuk Pembelajaran di Masa Pandemi

Mengetahui cara penggunaan Google Form dalam pengajaran di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting. Sebab, Google Form sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam sistem jarak jauh (PJJ). 

Langkah pertama yang perlu dilakukan guru dalam menggunakan Google Form adalah mengisikan materi pembelajaran pada halaman tersebut. Kemudian, guru bisa mendistribusikan materi yang sudah dibuat secara online. 

Dengan begitu, pembelajaran secara jarak jauh akan lebih mudah dan menarik. 

Pelatihan Penggunaan Google Form untuk Pembelajaran

Untuk menguasai bagaimana cara menggunakan Google Form sebagai media pembelajaran, Anda dapat mengikuti pelatihan berikut ini: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

News

Diklat Bersertifikat 35JP : Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

Advertorial

Pelatihan 32JP Membuat Publikasi Ilmiah Diktat untuk Kenaikan Pangkat

Karya Inovatif

Daftar! Webinar Gratis : Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Advertorial

Webinar GRATIS : Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Pelatihan Guru

SEMNAS GRATIS : Tips Asik Jago Menulis Buku Inspiratif

Advertorial

Pelatihan Khusus Bersertifikat 90 JP : Mengelola Kelas Online dengan Moodle

News

Ikutilah Workshop 35JP ” Model Pebelajaran SUPER Berbasis Ponsel Untuk Mendukung Kurikulum Prototipe”

Pelatihan Guru

Segera Daftar Seminar Nasional Gratis dan Bersertifikat: Memaknai Capaian dan Alur Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka!