Home / News

Jumat, 14 Mei 2021 - 01:52 WIB

Kisah Sukses Para Guru Berbisnis di Era Digital

Bisnis di era digital – Era ditigal memberikan peluang bagi para guru yang ingin sukses dalam menjalani sebuah bisnis. Produk yang dijual bisa dalam bentuk apa saja, termasuk keahlian yang dimiliki oleh seorang guru. 

Sudah terdapat beberapa guru yang membuktikan mudahnya membangun sebuah bisnis yang profitable di era digital seperti sekarang ini. Ada yang menjual keahlian dalam membuat makalah best practice, menjual keahlian membuat materi pembelajaran yang interaktif, dan keahlian yang lainnya yang melekat pada profesi guru. 

Bagi para guru yang ingin memulai bisnis langkah pertama adalah memiliki sebuah produk. Hal ini yang seringkali menjadi hambatan bagi guru untuk memulai sebuah bisnis. Padahal sebenarnya banyak potensi yang dapat dijual oleh para guru sehingga menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan omzet hingga puluhan juta atau menjadi passive income. 

Jika Anda termasuk orang yang masih bimbang dengan potensi Anda dalam membangun bisnis dan tidak tahu bagaimana harus memulai sebuah bisnis yang cocok bagi guru, dapat mengikuti program bimbingan yang ditawarkan oleh pakar Digital Edupreneur dan CEO e-Guru.id, Heri Triluqman M.Kom, M.Pd. melalui laman berikut ini: 

www.heritriluqman.com

Atas bimbingannya, sudah banyak guru yang merasakan manfaatnya. Sehingga para guru yang mendapatkan bimbingan tersebut kini telah memiliki sebuah produk bisnis era digital dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan. 

Baca Juga:  Begini Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka yang Wajib Guru Ketahui!

Simak beberapa kisah para guru berikut ini yang telah sukses dalam bisnis di era digital

Supiani, S.Pd

Ibu Supiani, S.Pd adalah seorang kepala sekolah di SMPN Sinabol Satu Atap Rokan Hilir, Riau. Selain menjalani profesi guru dan kepala sekolah, beliau saat ini juga seorang mentor penulisan makalah best practice di GuruJuara.com. 

“Menjadi instruktur dan punya e-book, dulu mungkin hanya mimpi bagi saya. Sebelumnya saya berjumpa sosok yang tak pernah bosan membimbing dan memberikan motivasi sehingga sekarang saya menjadi instruktur di e-Guru.id. Berkat beliau juga, saat ini saya sudah memiliki e-course yang pangsa pasarnya adalah guru-guru di Indonesia. Selain dapat ilmu, saya juga mendapatkan penghasilan tambahan. Terima kasih banyak Pak Hery.” 

Harna Yulistiyarini, S.Pdl, M.Pd.

Perempuan yang akrab disapa dengan Bu Harna tersebut merupakan guru di SMPN 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah. Saat ini beliau dapat membuat produk digital berupa panduan menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat dan dipasarkan secara online. 

“Sebelumnya saya tidak pernah menyangka buku saya yang berjudul “Kiat Menggapai 15 Angka Kredit dari 1 PTK” bisa menjadi produk digital yang bermanfaat bagi ratusan orang. Saya pun tidak pernah berpikir akan mendapatkan kesempatan sebagai narasumber dari diklat online yang diikuti lebih dari 40.000 guru.” 

Baca Juga:  Cara Mengajarkan Life Skill Pada Anak Melalui Media Boneka Tali

Hendra Dwi Permana, S.Pd. Gr

Pak Hendra adalah guru di SMKN 8 Semarang dan saat ini aktif menjadi trainer di e-Guru.id. Sebelumnya, beliau kurang percaya diri dengan keahlian yang dimiliki. Dan sekarang, pelatihan online yang digelar selalu ramai diikuti oleh peserta sehingga membuatnya menjadi salah satu trainer favorit. 

“Saya dulu selalu kesulitan untuk menularkan kompetensi kepada teman-teman guru yang lain. Kurang PD, hal itu yang sering saya alami. Namun berkat arahan dari Pak Heri, Saya diberikan trik-trik untuk mengelola banyak orang, manajemen yang baik seperti apa. Serta platform-platform apa yang tepat yang dapat digunakan untuk menunjang saya sebagai instruktur pelatihan. Sekarang saya bisa berbagi dengan guru-guru di seluruh Indonesia sebagai instruktur di e-Guru.id. Selain itu saya juga aktif di beberapa webinar UKSW, dan sekarang saya sedang menuju untuk menjadi instruktur topkarir.” 

Itulah para guru yang telah sukses dalam bisnis di era digital seperti sekarang ini. Sekarang giliran Anda untuk memulainya!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/5-komponan-yang-harus-ada-dalam-spanduk/

News

Manfaat Hibrid Learning Dalam Mendukung Pelaksanaan PTM Terbatas

News

Download Materi Ke 4 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat”

News

Persiapan Guru dan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

News

Ragam Fitur dan Cara Membuat Lembar Kerja Siswa dengan Wizer

Kenaikan Pangkat

40.000 Kuota PPG Prajabatan 2022 Bagi Lulusan D4-S1 Resmi Dibuka Kemendikbud!

News

Pahami Syarat dan Media Pembelajaran Interaktif

News

12 Kriteria Guru Madrasah Penerima Tunjangan Insentif Dari Kemenag Juni Ini
ramadan

News

Kegiatan Asyik Belajar bersama Siswa di Bulan Ramadan