Ketahui! Tips Bagi Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

- Editor

Sabtu, 30 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Motivasi Belajar Siswa – Motivasi belajar adalah hal yang sangat penting terhadap kinerja atau prestasi belajar siswa. Pada konteks ini, telah menjadi tugas dan kewajiban dari guru untuk dapat memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswanya.   

Belajar tidak hanya terbatas pada pembelajaran di sekolah saja. Belajar dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Dalam belajar, motivasi mempunyai peran penting. Hal ini karena pada saat siswa mempunyai motivasi untuk melakukan sesuatu, maka siswa akan melakukan dengan sungguh-sungguh.

Begitu juga dengan belajar, apabila siswa mempunyai motivasi yang kuat untuk belajar, maka siswa akan mempunyai semangat belajar yang kuat. Oleh karenanya, guru harus bisa mengembangkan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Apa itu Motivasi?

Motivasi merupakan proses yang memulai, membimbing dan mempertahankan perilaku seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Adanya motivasi akan memicu kita untuk bertindak.

Adanya motivasi dipengaruhi oleh dua hal yakni kebutuhan dan keinginan. Jika merasa butuh untuk melakukan sesuatu hal, pasti akan muncul motivasi dalam diri untuk bertindak. Begitu juga saat kita menginginkan sesuatu.

Motivasi Penting dalam Meningkatkan Semangat Belajar

Dalam belajar, motivasi mempunyai peran penting dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Hal ini karena apabila siswa termotivasi, siswa akan belajar lebih bersungguh-sungguh. Sehingga siswa akan memahami dan mengingat lebih banyak dari apa yang dipelajari.

Terutama ketika motivasi belajar berasal dari keinginan diri sendiri. Semangat belajar yang muncul akan menggebu-gebu. Sehingga, siswa akan belajar dengan tekun dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa

Motivasi belajar sangat penting dalam proses perbaikan prestasi belajar. Terdapat beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar di sekolah, antara lain:

1. Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Untuk membangun motivasi belajar siswa, Bapak/Ibu guru harus dapat memaksimalkan fasilitas pembelajaran yang tersedia. Para guru dianjurkan untuk menggunakan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar yang dapat memotivasi siswa.

2. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Tepat

Seorang guru harus pandai dalam memilih metode pembelajaran yang tepat. Pemilihan metode pembalajar yang tepat dapat menjadi tolak ukur apakah siswa merasa jenuh atau antusias dalam proses belajarn mengajar. Para guru dapat menerapkan metode belajar diskusi secara langsung atau membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk memudahkan siswa dalam memahami materi.

3. Memanfaatkan Media Belajar

Media belajar yang menarik dan kreatif dapat menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan demikian, fokus siswa dalam belajar dapat ditingkatkan. Terdapat media belajar yang dapat digunakan menjadi alternatif untuk memnunjang kegiatan belajar siswa berupa video belajar animasi, dan video lain yang terdapat di internet.

4. Memberi Angka

Dalam hal ini angka sebagai simbol dari nilai kegiatan belajar. Para siswa justru berlomba-lomba untuk mencapai angkat/nilai yang baik. Angka-angka yang baik tersebut bagi siswa adalah motivasi belajar yang kuat. Pencapaian angka-angka tersebut belum merupakan hasil belajar yang sejati dan bermakna. Oleh karena itu, harapannya angka-angka tersebut dikaitkan dengan nilai afeksi bukan sekedar kognitif saja.

5. Pemberian Hadiah

Hadiah dapat menjadi motivasi belajar yang kuat, hal ini agar siswa tertarik pada bidang tertentu yang akan diberikan hadiah. Dengan demikian, motivasi belajar siswa akan meningkat.

6. Kompetisi

Persaingan, baik secara individu maupun kelompok dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini karena apabila ada persaingan, maka siswa akan menjadi lebih bersemangat untuk mencapai hasil yang terbaik.

7. Memberikan Pujian

Jika terdapat siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka perlu untuk diberikan pujian. Pujian merupakan bentuk reinforcement yang positif dan dapar meningkatkan motivasi yang baik bagi siswa. Pemberian pujian juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi belajar.

Demikian beberapa tips yang penting diketahui oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Setiap guru di sekolah tentu mempunyai caranya masing-masing dalam meningkatkan motivasi belajar. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi Bapak/Ibu guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

e-Guru menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Penulis : (AA)

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru