Kenapa Video Jadi Media Pembelajaran Paling Efektif di Kelas Online?

- Editor

Sabtu, 27 Februari 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media pembelajaran video – Video merupakan salah satu format yang dapat digunakan untuk mengajar kelas online. Selain video, jenis media mengajar kelas online yang sering digunakan adalah dalam bentuk e-book atau teks. Namun video dapat dikatakan sebagai media paling efektif untuk menyampaikan materi di kelas online.

Format video memungkinkan guru memasukkan berbagai media pendukung di dalamnya, termasuk teks, audio, gambar dan lain sebagainya. Semua komponen tersebut bisa tergabung dalam satu file video. Itulah salah satu kenapa video menjadi media paling efektif untuk mengajar kelas online.

Adapun membuat video bagi seorang pendidik terkadang masih menjadi kendala. Pasalnya, urusan multimedia seperti ini mungkin merupakan hal baru bagi seorang guru.

Sebelum masa pandemi Covid-19, guru dapat mengajar secara tatap muka. Sehingga media yang dibutuhkan untuk mengajar tidak terlalu banyak. Sebab guru dapat menjelaskan materi secara langsung kepada siswa di dalam kelas tatap muka.

Namun saat ini banyak pembelajaran yang harus dilakukan secara online. Hal itu menuntut guru dapat membuat media pembelajaran yang efektif. Dan video adalah media yang dinilai sebagai media paling baik. Kenapa?

Video Dapat Menghadirkan Visual yang Bagus

Dengan media pembelajaran video, guru dapat menghadirkan visual yang menarik kepada siswa saat mengajar secara online. Karena alasan tersebut, materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Menurut sebuah penelitian, manusia memiliki kemampuan menyerap informasi 60 ribu kali lebih cepat jika disajikan dalam bentuk visual daripada sekedar teks. Itulah kenapa video menjadi media paling efektif untuk mengajar kelas online.

Lebih Menarik Perhatian Siswa

Pengajaran yang dibuat dalam bentuk video akan lebih menarik perhatian siswa. Namun syaratnya konten yang dibuat juga harus menarik.

Guru dapat membuat video yang menarik dalam menyampaikan pelajar dengan cara membuat animasi, menyajikan infografis, menampilkan film, dan lain sebagainya. Semua itu menarik perhatian bagi murid karena sangat dekat dengan dunia mereka. 

Adapun membuat animasi bagi guru bukan perkara sulit. Terdapat beberapa aplikasi berbasis Android yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru sekolah. 

Dapat Diakses dengan Mudah

Media pengajaran berbasis video akan mudah diakses oleh siswa seperti melalui Youtube dan media lainnya. Guru juga bisa mengirimkan media tersebut secara langsung melalui media online seperti WhatsApp, Telegram, dan seterusnya.

Di masa yang akan datang, ketika pandemi Covid-19 telah berakhir, bisa jadi kelas online yang marak seperti sekarang ini akan ikut berakhir. Namun pembelajaran yang interaktif menggunakan video sepertinya akan terus diperlukan. Oleh sebab itu, guru masa kini pun harus punya kemampuan dalam membuat video pembelajaran yang baik

Itulah beberapa keunggulan mengajar kelas online menggunakan media berbasis video. Apakah Anda juga tertarik melakukannya?

membuat media pembelajaran video

Berita Terkait

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD
Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!
Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis
10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah
Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0
Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!
Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?
Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah
Berita ini 85 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 19 Juni 2023 - 08:11 WIB

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD

Senin, 5 Juni 2023 - 20:16 WIB

Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!

Rabu, 22 Februari 2023 - 11:29 WIB

Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis

Minggu, 29 Januari 2023 - 14:48 WIB

10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:47 WIB

Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0

Senin, 19 Desember 2022 - 06:25 WIB

Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!

Selasa, 13 Desember 2022 - 10:48 WIB

Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?

Minggu, 16 Oktober 2022 - 19:59 WIB

Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah

Berita Terbaru