Home / Pelatihan Guru

Sabtu, 27 Februari 2021 - 00:53 WIB

5 Aplikasi Android Gratis yang Memudahkan Guru Membuat Video Pembelajaran

Aplikasi membuat video – Terdapat sejumlah aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat video pembelajaran seperti KineMaster dan sejenisnya. Kebanyakan aplikasi tersebut gratis dan mudah digunakan.

Guru saat ini memang dituntut dapat membuat video pembelajaran berbasis video. Selain sebagai media yang interaktif, video juga bisa menjadi solusi pengajaran secara jarak jauh atau daring.

Sementara itu, kebanyakan kegiatan belajar anak-anak sekolah saat ini harus dilakukan secara online. Hal itu tidak terlepas karena adanya pandemi Covid-19, virus yang harus menghentikan aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ketika pandemi telah usai, kegiatan belajar secara online mungkin akan tetap berlangsung. Meskipun intensitasnya tidak sering seperti sekarang. Dengan cara belajar jarak jauh ini, memungkinkan siswa dapat belajar dari mana saja.

Selain untuk mengajar di sekolah, guru mungkin juga bisa memanfaatkan konten video untuk berbagi ilmu kepada siapa saja di Youtube dan media online lainnya. Itulah kenapa kemampuan membuat video pembelajaran sangat penting.

Berikut ini akan kami sajikan sejumlah aplikasi membuat video berbasis Android yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi:

KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi untuk editing video yang sudah sangat populer. Aplikasi ini mudah digunakan dan gratis.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal mencari aplikasi tersebut di Google Play untuk pengguna Android menggunakan kata kunci ‘KineMaster’. Maka aplikasi tersebut akan muncul paling atas.

Baca Juga:  Informasi Pembagian Sertifikat dan Fasilitas Webinar Google Workspace for Edu Anti Boring

Setelah itu, Anda tinggal memasang di gawai Anda dan langsung bisa menggunakannya.

Filmorago

Selain KineMaster, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Filmorago. Aplikasi ini juga gratis dan tidak menampilkan watermark yang kadang mengganggu.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tinggal memasukkan video yang sudah Anda rekam. Lalu Anda masukkan dalam aplikasi ini. Setelah itu, Anda bisa melakukan berbagai modifikasi sesuai keinginan Anda.

InShot

Aplikasi inShot tak kalah populer dengan dua aplikasi edit video yang telah disebutkan sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa Anda dapat di Google Play secara gratis.  

Viva Video

Aplikasi membuat video selanjutnya adalah Viva Video bisa menjadi alternatif ketika Anda sedang mencari aplikasi berbasis Android untuk keperluan editing video pembelajaran.

Dalam aplikasi ini Anda bisa menggunakan berbagai fitur seperti menambahkan efek warna pada video, menambahkan teks, memasukkan gambar, menambah audio dan lain sebagainya.

Flixpress

Yang terakhir adalah Flixpress. Aplikasi ini dapat digunakan langsung melalui website sehingga Anda tak perlu memasang aplikasi tambahan di handphone Anda.

Salah satu keunggulan Flixpress adalah memudahkan Anda dalam membuat intro agar video jadi lebih menarik. 

Itulah beberapa aplikasi untuk edit video yang bisa Anda gunakan untuk menghadirkan video pembelajaran yang atraktif. Jika Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan guru terkait cara pembuatan video intro menggunakan Flixpress, bisa menekan gambar di bawah ini:

membuat media pembelajaran video

Share :

Baca Juga

Pelatihan Guru

Unduh Materi Ketiga : Berbagi Praktik Baik dengan Menulis Buku
Bimbingan Teknologi (Bimtek)

Advertorial

Materi Pertemuan Ketiga Pelatihan Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian secara Mudah Gratis 32JP : Pengenalan Aplikasi ZIPGRADE

Pelatihan Guru

Seminar Gratis : Computer Maintenance Untuk Guru

Karya Ilmiah

Peluang Pembelajaran berbasis website Di Masa Pandemi Dan New Era
pelatihan menulis makalah best practice

Pelatihan Guru

Bimtek Membuat Publikasi Ilmiah Diktat
kuis daring di telegram

Pelatihan Guru

Membuat Kuis Pembelajaran Daring di Telegram

Karya Inovatif

Workshop Nasional Gratis 32JP: Editing Video Profesional Guru Youtuber

News

Download Sertifikat dan Fasilitas Pelatihan 32JP Gratis : Menyambut Tahun Pelajaran Baru Dengan Peningkatan Kompetensi Pendidik