Kemenag Beserta Kominfo Merilis Platform Mandiri Belajar Sebagai Sarana Akses Pendidikan

- Editor

Selasa, 12 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah merilis sebuah aplikasi pembelajaran bagi siswa madrasah. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi Mandiri Belajar.

Rilisnya platform Mandiri Belajar tersebut bertujuan untuk melayani para siswa madrasah agar dapat mengakses pendidikan yang mudah dijangkau dan dapat menjawab kebutuhan belajar siswa dalam mengasah kompetensi dirinya melalui pembelajaran yang bermakna di setiap satuan pendidikan madrasah.

Sekolah Madrasah merupakan sasaran penting untuk dilayani dengan memberikan pendidikan berkualitas sebagai salah satu wujud pendidikan di Indonesia dengan selalu mengoptimalkan perwujudan transformasi layanan untuk semua siswa, baik dari Sabang sampai Merauke.

Selain itu platform Mandiri Belajar tersebut juga bertujuan agar dapat mendukung segala capaian nasional dalam menerapkan kurikulum di madrasah. Disamping itu roses kerja sama antara Kemenkominfo dan Kemenag dalam menciptakan aplikasi Mandiri Belajar juga bertujuan sebagai upaya konkret transformasi pendidikan digital di Indonesia untuk menunjang pendidikan madrasah.

Di sisi lain pendidikan merupakan suatu proses untuk meningkatkan, memperbaiki, mengubah pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang atau kelompok dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu pendidikan juga merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir (never ending proces) agar dapat menghasilkan kualitas SDM yang berkesinambungan, yang ditujukan pada kualitas manusia masa depan yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa serta Pancasila.

Sehingga pendidikan harus mampu menghasilkan sumber daya manusia agar dapat memiliki kompetensi yang utuh, yakni kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi.

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai filosofis dan budaya bangsa secara utuh dan menyuluruh. Sehingga dengan demikian perlu adanya kajian yang lebih mendalam terhadap pendidikan.

Dalam pelaksanaan pendidikan tentu saja tidak hanya mengedepankan penanaman semata melainkan penanaman karakter bangsa yang telah diatur didalam undang-undang. Hal  tersebut dilakukan guna memberikan arah pada pelaksanaan dan perkembangan pendidikan di Indonesia untuk masa yang akan datang. Dengan demikian pendidikan di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang jelas terhadap masyarakat dan negara Indonesia.

Fungsi pendidikan yakni untuk menghilangkan segala sumber penderitaan rakyat mulai dari kebodohan dan ketertinggalan. Fungsi pendidikan Indonesia yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dari fungsi yang diurakan tersebut maka pendidikan nasional Indonesia lebih mengedepankan pada pembangunan sikap, karakater dan transpormasi nilai-nilai  filosopis negara Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme agar mampu bersaing di kancah internasional.

Melalui pendidikan tersebut pemerintah akan lebih mudah dalam hal mananggulangi   kejahatan sosial, pengangguran, kemiskinan dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan pendidikan tidak hanya berpaku pada trasformasi sikap dan budaya saja tetapi juga menciptakan tenaga-tenaga ahli di bidang ekonomi.

Dengan rilisnya platform Mandiri Belajar tersebut maka Kemenkominfo berjanji akan terus memberikan dukungan, pendampingan, dan bimbingan teknis informasi dan teknologi yang diperlukan dalam penyelenggaraan penggunaan aplikasi dan perbaikan-perbaikan yang diperlukan berupa penyediaan fasilitas dan storage dari pusat data demi pelaksanaan pembelajaran pada madrasah.

Rilisnya platform Mandiri Belajar tersebut juga dikarenakan saat ini pemerintah sedang melaksanakan akselerasi transformasi digital nasional yang berfokus pada empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, masyarakat digital, pemerintah digital, dan ekonomi digital yang merupakan perwujudan nyata dalam upaya melahirkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta memiliki kemampuan dan kompetensi yang relevan dengan perkembangan zaman.

Agar Guru dapat menerapkan konsep merdeka belajar dalam kegiatan pembelajaran dengan baik dan benar, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar Bersama Platform Merdeka Mengajar” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru