Penting Diketahui Guru! Pendidikan Indonesia Telah Mendapat Bantuan Senilai 2,7 Miliyar Dari China

- Editor

Selasa, 12 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indonesia telah mendapatkan bantuan inovasi teknologi berupa Smart Classroom senilai 1,2 juta yuan atau sekitar Rp2,7 miliar dari Kementerian Pendidikan China yang mana bantuan tersebut hanya diberikan kepada pemerintah Indonesia.

Pemberian bantuan sarana pendidikan kepada Indonesia tersebut ditujukan atas pertimbangan hubungan yang baik dengan China, terutama di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Smart classroom merupakan inovasi teknologi informasi yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar jarak jauh atau virtual. Inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar bahasa Mandarin dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara virtual bagi guru bahasa Mandarin di semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Bantuan yang nantinya diterima oleh pemerintah Indonesia berupa layanan mahadata (big data), komputasi awan, internet of things (IOT), dan kecerdasan artifisial (AI) yang akan didistribusikan ke 24 lembaga pendidikan mulai tingkat SMA/SMK, politeknik, hingga universitas di Indonesia.

Di sisi lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era modernisasi seperti sekarang ini telah mengubah sistem dan budaya pembelajaran di sekolah menjadi lebih fleksibel, terbuka dan variatif.

Saat ini banyak sekali model serta konsep belajar modern yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman belajar, salah satunya yakni Smart Classroom. Smart Classroom atau ruang kelas pintar menjadi salah satu hal baru yang mulai banyak diadopsi serta berpengaruh pada transformasi pembelajaran di Sekolah.

Smart Classroom merupakan sebuah konsep pembelajaran yang memadukan antara penggunaan berbagai perangkat teknologi dan sistem informasi yang saling terintegrasi secara digital untuk meningkatkan proses dan interaksi pembelajaran antara guru dan siswa.

Smart Classroom penting sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran untuk mendukung perubahan yang dinamis saat ini yang menuntut guru dan siswa untuk terus adaptif dan belajar keterampilan baru dengan berbagai bahan ajar, metode dan sumber ajar digital.

Sehingga dengan demikian, kehadiran Smart Classroom di Sekolah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menyongsong pelaksanaan pendidikan di era digital seperti saat ini dan kedepannya. Pemanfaatan Smart Classroom dalam pembelajaran saat ini diharapkan bisa mendukung dan memudahkan guru juga siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Berikut merupakan beberapa manfaat Smart Classroom dalam kegiatan pembelajaran yaitu pengelolaan administrasi dan kelas lebih mudah dan praktis, memantau performa siswa sampai pengolahan nilai bisa dilakukan menggunakan berbagai aplikasi dan LMS seperti Microsoft Teams for Education yang mana data dan berbagai sumber ajar yang sudah diunggah bisa dikelola, disimpan dan diakses kapanpun dengan mudah.

Selain itu Smart Classroom juga dapat membantu sekolah dalam membangun media komunikasi sekolah, yang memuat Informasi dan sosialisasi program Sekolah yang disalurkan melalui website dan sosial media sekolah. Selain itu juga bisa membangun ekosistem dan budaya belajar digital yang bisa dijadikan contoh dan rujukan bagi Sekolah lain.

Selain membantu program sekolah manfaat Smart Classroom juga dapat dirasakan oleh siswa yakni siswa bisa belajar dengan lebih mudah dan fleksibel. Akses materi dan sumber ajar seperti Silabus, E-book, E-modul, video pembelajaran dan lainnya semakin mudah dan bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun selama terhubung dengan server dan jaringan internet.

Disamping itu siswa juga bisa menggunakan device laptop maupun smartphone untuk membaca, mengerjakan-mengirim tugas, dan bisa berkomunikasi dengan guru juga temantemannya secara cepat. Disisi lain penggunaan teknologi Smart Classroom seperti E-learning juga bertujuan untuk menghemat pemakaian kertas (paperless), dan bisa megembangkan berbagai keterampilan dan inovasi baru dalam bidang Pendidikan.

Sehingga dengan demikian secara umum manfaat Smart Classroom bagi pembelajaran yakni  memberikan pengalaman mengajar yang lebih fleksibel dan variatif, pembelajaran bisa dirancang lebih personal sesuai kebutuhan siswa, lebih mudah dan praktis dalam merancang, mengembangkan dan mendisribusikan konten dan sumber ajar, membiasakan pembelajaran mandiri dan kreatif, lebih efisien dan ramah lingkungan, mudah menganalisis dan memantau performa siswa, database yang terpusat dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun.

Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Guru Agar Menjadi Pendidik Yang Hebat Maka Segera Daftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB