Home / News

Jumat, 27 Mei 2022 - 00:18 WIB

Jenis Infografis Pembelajaran dan Cara Membuatnya

Infografis Pembelajaran – Infografis bisa diartikan sebagai sebuah visualisasi data berupa informasi yang bersifat kompleks agar lebih mudah dipahami oleh pembaca dengan cara yang lebih sederhana sehingga pesan yang ada dalam infografis jadi lebih cepat sampai.

Sedangkan, pada bidang pendidikan, infografis umumnya lebih dikenal sebagai edugrafis meskipun konsepnya sama, infograris pada pendidikan lebih mengedepankan pada pelaksanaan proses pembelajaran.

Sehingga informasi pembelajaran yang disampaikan melalui desain infografis jadi lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa jika dibandingkan metode penyampaian berupa teks atau ceramah.

Banyak keunggulan dan keuntungan dengan memanfaatkan infografis sebagai sarana pembelajaran, selain informasi yang bisa lebih cepat tersampaikan karena informasi yang bersifat visual umumnya akan langsung diproses oleh otak.

Baca Juga:  Buruan Daftar! Diklat Gratis 35 JP " Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat" Disini

Selain itu, melalui infografis pembelajaran pula, guru bisa lebih mengembangkan serta menyampaikan sebuah konsep dengan memanfaatkan simbol tertentu yang menarik dan atraktif untuk dibuat dalam sebuah data grafis agar efektif menjadi informasi secara visual.

Dalam perkembangannya, terdapat banyak infografis yang pemanfaatannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti yang dijelaskan berikut ini:

Infografis Statis

Infografis jenis ini merupakan desain berbentuk gambar yang tidak bisa bergerak, contohnya pada infografis yang ada di media online maupun media cetak. Infografis statis paling banyak digunakan, bahkan infografis statis menjadi konsep dasar pembuatan berbagai jenis infografis.

Infografis Animasi

Infografis animasi ini konsepnya berbentuk video namun diolah dalam bentuk infografis animasi baik yang berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis animasi banyak dimanfaatkan pada media televisi serta media sosial berbasis video.

Baca Juga:  Pelatihan Bersertifikat 32JP Pembelajaran Menarik dengan Powtoon

Infografis animasi akan terlihat lebih menarik karena ada pengaruh gerak serta suara yang menjadikan infografis jenis ini jadi terlihat lebih atraktif dan digemari siapapun yang melihatnya.

Infografis Interaktif

Selanjutnya, ada infografis interaktif yang banyak digunakan oleh website maupun aplikasi yang bertujuan untuk membangun interaksi antar penggunanya sehingga tujuan pembuat infografis interaktif lebih cepat sampai kepada audiens yang bisa melihat dan melakukan penilaian serta berpartisipasi dalam infografis jenis ini.

Halaman Selanjutnya

Aplikasi Membuat Infografis

Share :

Baca Juga

penggunaan excel untuk mengolah nilai siswa

News

Konsep Sekolah Unggulan

News

Strategi Penerapan Joyfull Learning dalam Proses Pembelajaran
https://naikpangkat.com/mengenal-kelebihan-aplikasi-zipgrade/(buka di tab baru)

Karya Inovatif

Langkah Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Powtoon

News

Langkah-Langkah Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif

News

Pendataan Non ASN Tidak Menjamin Honorer Jadi ASN, Begini Keterangan dari KemenPAN-RB

News

Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati Pada Tahun 2022

News

Periode Pengajuan Serta Dokumen untuk Mengisi DUPAK

News

Breaking News! Pengumuman Hasil Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap I Ditunda Berikut Jadwal Pengumuman Selanjutnya