Home / Advertorial / Pelatihan Guru

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:55 WIB

Informasi Pembagian Sertifikat Diklat Gratis 40JP Membuat Bahan Ajar untuk Kenaikan Pangkat

Dalam diklat gratis yang diselenggarakan oleh Guru Juara pada tanggal 14 – 17 Mei 2022 dengan judul “Membuat Bahan Ajar untuk Kenaikan Pangkat” peserta akan mendapatkan beberapa fasilitas dan sertifikat 40JP.

Fasilitas yang akan didapatkan peserta pada diklat gratis ini adalah berupa e-sertifikat 40JP, Presensi dan Undangan Diklat, Laporan Pengembangan Diri, dan Materi Diklat.

Selain itu juga ada Bonus Tambahan berupa e-book Teknik Penyusunan Best Practice untuk Kenaikan Pangkat, e-book Solusi Cerdas Membuat PTK Kenaikan Pangkat, dan Kumpulan Artikel Bahan Ajar Kenaikan Pangkat.

Fasilitas dan sertifikat diklat gratis ini akan dibagikan kepada peserta 3 hari setelah pelaksanaan diklat yaitu pada tanggal 20 Mei 2022.

Bahan ajar merupakan kumpuan dari semua materi yang dipaku oleh guru atau pendidik untuk melakukan aktivitas pembelajaran di dalam kelas.

Dalam menyajikan bahan ajar harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan kurikulum, selain itu juga harus menyesuaikan dengan sifat dan lingkungan peserta didik.

Bahan ajar yang diberikan oleh guru dapat mempermudah peserta didik agar dapat memperoleh bahan ajar alternatif selain dari sumber  di sekolah seperti buku dan teks yang sulit di dapat. Kemudian dapat meringankan beban guru dalam menjalankan aktivitas pembelajaran.

Berikut terdapat beberapa langkah dalam membuat atau menyusun bahan ajar yaitu :

Baca Juga:  Diklat Gratis Bersertifikat 32 JP Kiat Sukses Implementasi Kurikulum Merdeka

Langkah Pertama

  1. Menganalisis Kurikulum

Tahap pertama ini dilakukan untuk menentukan kompetensi-kompetensi yang memerlukan bahan ajar, sehingga bahan ajar yang dibuat benar-benar dapat menjadikan peserta didik menguasai segala kompetensi yang ditentukan.

2. Analisis Sumber Belajar

Cara analisis sumber belajar adalah dengan menginventarisasi ketersediaan sumber belajar yang dikaitkan dengan kebutuhan. Berikut penjelasan kriteria dalam menganalisis  sumber belajar :

  • Kriteria Ketersediaan, dalam hal ini berkenaan denga nada tidaknya sumber belajar di lingkungan sekitar. Jadi kriteria pertema ini mengacu pada pengadaan sumber belajar.
  • Kriteria Kesesuaian, dalam hal ini dimaksud apakah sumber itu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sehingga hal utama yang dilakukan dalam kriteria ini adalah memahami kesesuaian sumber belajar yang dipilih dengan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
  • Kriteria Kemudahan, hal ini dimaksud dengan mudah atau tidaknya sumber belajar itu disediakan maupun digunakan. Apabila sumber belajar membutuhkan persiapan, keahlian khusus, serta perangkat lain yang rumit maka sebaiknya jangan digunakan. Sebaiknya memilih sumber belajar yang mudah pengadaan maupun pengoperasiannya, dengan ini bahan ajar itu dapat benar-benar efektif membuat peserta didik menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Memilih dan Menentukan Bahan Ajar

Analisis kebutuhan bahan ajar adalah memilih dan menentukan bahan ajar, hal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu kriteria bahwa bahan ajar harus menarik dan dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Video Bisa Menjadi Media Belajar yang Efektif?

Langkah Kedua

Menyusun Peta Bahan Ajar, selanjutnya adalah menyusun peta kebutuhan bahan ajar, hal tersebut penting untuk dilakukan, mengingat pera bahan ajar memiliki banyak kegunaan. Dalam menyusun peta kebutuhanbahan ajar terdapat tiga kegunaan yaitu sebagai berikut :

  • Dapat mengetahui jumlah bahan ajar yang harus ditulis
  • Dapat mengetahui sekuensi atau urutan bahan ajar yang snagat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan
  • Dapat menentukan sifat bahan ajar

Langkah Ketiga

Membuat Struktur Bahan Ajar, bahan ajar terdiri atas susunan bagian-bagian yang kemudian dipadukan sehingga menjadi sebuah bangunan yang utuh dan layak disebut sebagai bahan ajar. Masing-masing bentuk bahan ajar memiliki struktur yang berbeda, maka dari itu perlu memahami dan mengetahui masing-masing bentuk bahan ajar agar bisa membuat berbagai bahan ajar yang baik. Secara umum dalam membuat bahan ajar terdapat tujuh komponen yaitu judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota atau member e-Guru.id dan dapatkan berbagai manfaatnya dengan cara KLIK DISINI. (esy/esy)

Share :

Baca Juga

Karya Ilmiah

Materi Keempat Diklat Gratis 32JP Guru Bisa Menulis

Pelatihan Guru

Unduh Sertifikat Pelatihan 32JP Media Pembelajaran Interaktif

Pelatihan Guru

Bimtek Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Naik Pangkat 85 JP

Advertorial

Download Sertifikat Workshop Nasional 32 JP Pemanfaatan Ragam Media Belajar untuk Ciptakan Guru Inovatif

News

Segera Daftar! Pelatihan Bersertifikat 64JP : Akademi Powerpoint Batch 5 Memanfaatkan Powerpoint Untuk Pembelajaran
guru

Pelatihan Guru

Menyusun KTI Inobel Mudah Bersama Guru Juara

Advertorial

Daftar Sekarang! Pelatihan Bersertifikat 32 JP “Memahami Gaya Belajar Siswa dan Implementasi dalam Pembelajaran”
https://naikpangkat.com/free-pelatihan-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-segera-mudah/

Advertorial

Free Pelatihan 32JP Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian Segera Mudah