Home / Advertorial / Pelatihan Guru

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:24 WIB

Download Materi Pertemuan Keempat Diklat Membuat Bahan Ajar

Membuat Bahan AjarGuru Juara melaksanakan pertemuan keempat diklat gratis membuat bahan ajar pada tanggal 17 Mei 2022.

Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini adalah “Membuat Bahan Ajar Interaktif untuk Kenaikan Pangkat”.

Bahan ajar merupakan kumpulan materi yang dipakai oleh guru atau pendidik untuk dapat membantu dalam melakukan aktivitas pembelajaran di dalam kelas.

Sedangkan bahan ajar interaktif adalah bahan ajar yang mengkombinasikan beberapa media pembelajaran seperti audio, video, teks, dan grafik yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah dari presentasi dan dapat terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan peserta didik.

Materi lain dapat Anda download dan pelajari ulang dengan cara di bawah ini :

DOWNLOAD DISINI

DOWNLOAD DISINI

DOWNLOAD DISINI

Terdapat beberapa platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan ajar interaktif yaitu sebagai berikut :

  1. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang sudah populer digunakan saat ini. Canva menjadi aplikasi pengolah grafis berbasis cloud sehingga apabila akan menggunakan harus terhubung dengan internet.

Canva dapat dimanfaatkan untuk keperluan desain visual pada media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi dan lain sebagainya.

Canva memudahkan pengguna dengan menyediakan katergori desain dengan kurang lebih tujuh kategori yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan.

Kelebihan dari aplikasi canva adalah tampilan antarmuka yang sederhana, memiliki ribuan template, tidak perlu diinstal di computer, menghemat pemakaian ruang penyimpanan, dan dapat digunakan melalui smartphone.

Baca Juga:  Download Materi Pertemuan Pertama Diklat Gratis Canva Pendidikan

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat diakses tanpa jaringan internet, tidak dapat eksport file sumber, tidak dapat eksport file dengan latar belakang transparan, dan tidak dapat eksport file GIF dan Video.

2. Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif dan dapat digunakan dalam kebutuhan media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya.

Powtoon memiliki beragam fitur dan template yang akan membantu memudahkan proses pembuatan media pembelajran dan dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuat pembelajaran lebih menari dan interaktif, penggunaan yang praktis, memiliki karakter dan animasi yang menarik, menstimulus berbagai indera penglihatan dan pendengaran, dapat digunakan dalam kelompok besar dan kolaboratif dan dapat memberikan feedback.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah durasi yang terlalu singkat, proses pembuatan harus terhubung dengan internet, tidak dapat diberik music latarbelakang, dan membutuhkan kreativitas lebih agar hasil lebih menarik.

3. Prezi

Prezi merupakan aplikasi untuk membuat dan mengelola presentasi secara online dan aplikasi ini memiliki kemiripan dengan aplikasi powerpoint ataupun google slide.

Prezi sendiri memiliki fitur utama yaitu menggunakan zooming user interface (ZIU) yang memungkinkan pengguna untuk dapat memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Pengguna juga memiliki pilihan untuk dapat membuat presentasi dengan mode linear yang memiliki karakter slide berurutan.

Baca Juga:  Pelatihan 84JP : Menciptakan Kelas Merdeka Belajar Dengan MPI

Fitur utama prezi diantaranya adalah Prezi Present, Prezi Video, dan Prezi Design.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan tema dan  template yang lebih variative dibandingan power point, lebih menarik dan interaktif, lebih mudah dalam membuat animasi, dan kualitas pembelajaran lebih baik serta sistematis.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah terlihat monoton karena hanya menggunakan teknologi ZUI, instalasi dan penggunaan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, dan sulit memasukan symbol matematika.

Daftarkan diri Anda pada Bimtek yang diselenggarakan oleh Guru Juara dan bersertifikat 35JP dengan judul “Membuat Laporan Karya Inovatif Video Pembelajaran untuk Kenaikan Pangkat”.

Bimtek tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Mei 2022 dengan menghadirkan narasumber Ibu Harna Yulistiyarini, S.Pd., M.Pd.

Peserta bimtek akan medapatkan fasilitas berupa e-sertifikat 35JP, presensi dan undnagan diklat, laporan pengembangan diri, akses zoom meeting, dan materi bimtek.

Selain itu juga peserta akan mendapatkan BONUS menarik berupa Template Laporan Karya Inovatif dan Aset & Template Video Pembelajaran.

Anda dapat mendaftar dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 74.500 dan mengisi formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

Dapatkan informasi lainnya melalui kontak admin di bawah ini :

085641018173 (Susi)

(esy/esy)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Advertorial

Diklat Bersertifikat 35 JP : Tiktok For Edu Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Teknologi 4.0

Advertorial

Webinar GRATIS : Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Advertorial

Pelatihan Khusus Bersertifikat 90JP Trik Mudah Membuat PTK dan PTS

Advertorial

Download Materi Hari Kedua Bimtek 40JP : Kiat Sukses Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

Pelatihan Guru

Informasi Diklat Membuat Laporan Karya Inovatif Media Video Pembelajaran
akm

Pelatihan Guru

4 Hal yang Sering Ditanyakan terkait AKM 2021
metode belajar membaca anak sekolah dasar

Pelatihan Guru

Pelatihan Gratis 40 JP: “Cara Revolusioner Belajar Bahasa Inggris”