Home / News

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:57 WIB

Rekomendasi 6 Aplikasi untuk Membuat Bahan Ajar Interaktif

Membuat Bahan Ajar Interaktif – Bahan ajar interaktif adalah bahan ajar yang mengkombinasikan beberapa media pembelajaran seperti audio, video, teks, dan grafik yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah dari presentasi dan dapat terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan peserta didik.

Bahan ajar pada umumnya merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dengan berupa bahan ajar tertulis ataupun tidak tertulis.

Terdapat beberapa platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan ajar interaktif yaitu sebagai berikut :

  1. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang sudah populer digunakan saat ini. Canva menjadi aplikasi pengolah grafis berbasis cloud sehingga apabila akan menggunakan harus terhubung dengan internet.

Canva dapat dimanfaatkan untuk keperluan desain visual pada media pembelajaran, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi dan lain sebagainya.

Canva memudahkan pengguna dengan menyediakan katergori desain dengan kurang lebih tujuh kategori yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan.

Kelebihan dari aplikasi canva adalah tampilan antarmuka yang sederhana, memiliki ribuan template, tidak perlu diinstal di computer, menghemat pemakaian ruang penyimpanan, dan dapat digunakan melalui smartphone.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat diakses tanpa jaringan internet, tidak dapat eksport file sumber, tidak dapat eksport file dengan latar belakang transparan, dan tidak dapat eksport file GIF dan Video.

2. Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif dan dapat digunakan dalam kebutuhan media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya.

Powtoon memiliki beragam fitur dan template yang akan membantu memudahkan proses pembuatan media pembelajran dan dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuat pembelajaran lebih menari dan interaktif, penggunaan yang praktis, memiliki karakter dan animasi yang menarik, menstimulus berbagai indera penglihatan dan pendengaran, dapat digunakan dalam kelompok besar dan kolaboratif dan dapat memberikan feedback.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah durasi yang terlalu singkat, proses pembuatan harus terhubung dengan internet, tidak dapat diberik music latarbelakang, dan membutuhkan kreativitas lebih agar hasil lebih menarik.

Baca Juga:  Bagaimana Nasib Guru BK dalam Pembelajaran Jarak Jauh?

3. Prezi

Prezi merupakan aplikasi untuk membuat dan mengelola presentasi secara online dan aplikasi ini memiliki kemiripan dengan aplikasi powerpoint ataupun google slide.

Prezi sendiri memiliki fitur utama yaitu menggunakan zooming user interface (ZIU) yang memungkinkan pengguna untuk dapat memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Pengguna juga memiliki pilihan untuk dapat membuat presentasi dengan mode linear yang memiliki karakter slide berurutan.

Fitur utama prezi diantaranya adalah Prezi Present, Prezi Video, dan Prezi Design.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan tema dan  template yang lebih variative dibandingan power point, lebih menarik dan interaktif, lebih mudah dalam membuat animasi, dan kualitas pembelajaran lebih baik serta sistematis.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah terlihat monoton karena hanya menggunakan teknologi ZUI, instalasi dan penggunaan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, dan sulit memasukan symbol matematika.

4. Lectora

Lectora merupakan software dan tool pengembangan e-learning yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pembelajaran khususnya dalam pembuatan presentasi, kuis, dan game pembelajaran berbasis flash. Selain itu juga pengguna dapat menyisipkan video, gambar, game, soal-soal evaluasi, lembar tes, dan lain sebagainya dengan lebih mudah.

Kelebihan dari software ini adalah mudah dipakai oleh siapapun, multifungsi yang dapat digunakan untuk membuat website, konten e-learningm kuis, dan lainya, menyediakan banyak template, clipart dan efek, dapat dipublikasikan dalam berbagai format gambar, audio, dan video, serta memiliki fitur khusus membuat game berbasis flash yang disertai fitur evaluasi.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang lumayan bagus, media pendukung cukup mahal, dan efektivitas penggunaan media tergantung pada materi dan penyaji.

5. Sigil

Sigil merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola buku digital atau e-book secara gratis dan memiliki fitur yang lengkap.

Pengguna dapat memasukan materi, kuis, video, audio, dan latihan soal serta konten lainnya dalam buku digital agar lebih menarik. Aplikasi ini dapat digunakan melalui desktop, browser, dan perangkat mobile.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mendukung berbagai macam format, output dapat dibaca pada banyak platform, open source, mudah digunakan dan dapat mengubah tampilan layar kerja, memiliki fasilitas terjemahan, serta publikasi yang mudah dan murah serta bersifat portable.

Baca Juga:  Kebijakan Baru, Dalam Kepmendikbud Ristek Nomor 56/M/2022. Bagaimana Nasib Tunjangan Sertifikasi Dan Tamsil Guru? Cek Sekarang!

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah masih sering terjadi bug dan masalah pada aplikasi, mudah disebarluaskan sehingga rentan terjadi penyalahgunaan hak cipta, serta butuh dukungan perangkat gadget yang memadai.

6. Wondershare Filmora

Aplikasi ini merupakan aplikasi editing video yang mudah digunakan bagi pemula dengan fitur yang lengkap. Pengguna dapat menggunaka aplikasi ini untuk mengedit media video pembelajaran agar lebih menarik.

Filmora memiliki beragam template, efek animsi serta transisi yang keren dan menarik yang dapat digunakan secara gratis, dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan, ringan dan tidak mudah crash, banyak fitur dan template serta plugin gratis, mendukung banyak format output video, tersedia tutorial video lengkap, dan tersedia versi mobile dengan nama filmora Go.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi ini adalah berbayar apabila ingin mendapatkan fitur yang penuh, kurang fleksibel dan kustomisasi dibandingan dengan premier pro, membutuhkan spesifikasi laptop atau komuter yang bagus, serta template, efek, plugin, transisi, dan lainnya yang perlu diunduh lagi.

Demikian beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar interaktif.

Daftarkan diri Anda pada Bimtek yang diselenggarakan oleh Guru Juara dan bersertifikat 35JP dengan judul “Membuat Laporan Karya Inovatif Video Pembelajaran untuk Kenaikan Pangkat”.

Bimtek tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Mei 2022 dengan menghadirkan narasumber Ibu Harna Yulistiyarini, S.Pd., M.Pd.

Peserta bimtek akan medapatkan fasilitas berupa e-sertifikat 35JP, presensi dan undnagan diklat, laporan pengembangan diri, akses zoom meeting, dan materi bimtek.

Selain itu juga peserta akan mendapatkan BONUS menarik berupa Template Laporan Karya Inovatif dan Aset & Template Video Pembelajaran.

Anda dapat mendaftar dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 74.500 dan mengisi formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

Dapatkan informasi lainnya melalui kontak admin di bawah ini :

085641018173 (Susi)

Demikian penjelasan terkait dengan rekomdesai aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar interaktif, selain itu juga Anda dapat mengikuti kegiatan diklat atau pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id untuk dapat membuat bahan ajar interaktif lebih mudah.

(esy/esy)

Share :

Baca Juga

News

3 Kiat Praktis Menyusun Bahan Ajar yang Menarik
https://naikpangkat.com/tutorial-membuat-nearpod-mudah-bagi-pemula/

News

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Animaker

News

Segera Cair! PNS Akan Segera Menerima Gaji Ke-13, Cek Jadwalnya

News

Hasil Audiensi Forum Guru Dengan Kemendikbud! 19 Ribu Guru Belum Bisa Diangkat PPPK Tahun Ini?

News

Breaking News! Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Mulai Diberlakukan Pada Tahun Ajaran 2022/2023
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pelatihan-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-menggunakan-canva-dan-power-point%e2%80%bc/

News

Tips Menulis Artikel Populer Beserta Contohnya

News

Pembelajaran Berdiferensiasi: Manfaat dan Tantangannya

News

Peran Guru PAUD di Era Modern