Implementasi metode gamifikasi pada platform kurikulum merdeka menjadi salah satu upaya guna meningkatkan semangat belajar peserta didik.
Implementasi metode gamifikasi mengarah pada pembelajaran yang dipadukan dengan game atau permainan.
Dengan implementasi metode gamifikasi ini harapannya peserta didik semakin tersulut semangat dan rasa ingin tahunya akan materi yang di ajarkan.
Ketika semangat dan rasa ingin tahu peserta didik sudah tersulut harapannya akan memicu meningkatnya tingkat ketuntasan peserta didik pada hasil akhir pembelajaran.
Implementasi metode gamifikasi bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa sesuai dengan jiwa anak pertualang.
Dalam metode ini ada aturan main dan ada tantangan yang harus dipenuhi agar bisa memperoleh poin dan bisa lanjut ke level berikutnya.
Tentu saja level berikutnya memberikan tantangan yang lebih tinggi. Inilah yang membuat siswa lebih bergairah dan tetap merasa senang mengikuti pembelajaran dengan metode ini.
Pengertian Gamifikasi pada Pembelajaran
Gamifikasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen di dalam game untuk memotivasi siswa supaya lebih bersemangat saat belajar dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Metode gamifikasi adalah metode pembelajaran yang mengadopsi peraturan permainan dalam video game yang pertama kali ditemukan oleh Ralp H. Baer pada tahun 1966 di Jerman.
Gamifikasi pembelajaran maksudnya adalah teknik mengajar menggunakan unsur mekanik dari game untuk memberikan solusi dalam membangun ketertarikan (engagement) siswa.
Dengan kata lain gamifikasi dapat memberikan motivasi tambahan untuk menjamin siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sekaligus meningkatkan student engagement yang meliputi keterlibatan perilaku, emosi dan kognitif siswa dalam belajar.
Gamifikasi bukan berarti guru harus membuat game atau aplikasi khusus, meskipun jika hal itu bisa dilakukan alangkah lebih baiknya.
Namun Jika kemampuan ICT guru tidak memungkinkan, maka guru dapat menggunakan tools sederhana untuk menerapkan proses gamifikasi dalam pembelajaran di kelas.
Yang harus guru ingat adalah konsep yang tepat, tujuan pembelajaran yang jelas, dan mampu membangun student engagement dalam belajar sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 Selanjutnya