Download Materi Ke-3 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat”

- Editor

Senin, 21 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Materi hari ketiga untuk diklat gratis 35JP yang bertema “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” yaitu karya tulis dan kenaikan pangkat yang disampaikan oleh Ibu Supiani M.Pd.

Publikasi ilmiah merupakan sebuah bentuk aktualisasi untuk mempublikasikan karya berupa dokumen, poster, manuskrip, abstrak yang bersifat ilmiah atau medis. Publikasi ilmiah digunakan untuk memvalidasi data, hasil uji klinis atau informasi lain apa pun mengenai produk berlisensi.

Publikasi ilmiah dapat berbentuk paper ilmiah, artikel review, buku, dan sebagainya. Publikasi terhadap karya-karya ilmiah dilakukan dengan beberapa tujuan yaitu untuk memperoleh saran untuk lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah, mempunyai jaringan yang lebih luas, dan ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan.

Macam-macam dalam bentuk publikasi ilmiah antara lain:

1.Paper/makalah penelitian

Paper merupakan sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal internasional dan jurnal nasional dengan bercirikan ilmiah, berkisar dari beberapa halaman hingga beberapa lusin halaman.

Struktur kepenulisan paper terdiri dari:

1.Abstrak

Ringkasan singkat dari semua informasi relevan yang terkandung di dalam paper. Strukur penulisan abstrak berasal dari era pra-digital ketika orang harus mencari materi dalam volume besar dan membutuhkan ringkasan yang sangat singkat tentang data apa yang tersedia untuk membuat proses ini efisien.

2. Pengantar/pendahuluan

Pendahuluan menguraikan keadaan penelitian saat ini dan konteks penelitian yang disajikan dan mencakup pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh peneliti yang sama dan bagaimana hasil baru berhubungan dengan materi latar belakang dan sedikit atau bahkan tidak ada penelitian asli, biasanya berisi sebagian besar kutipan.

3. Eksperimental

Bagian eksperimen mencakup bahan, metode penelitian serta menjelaskan prosedur yang digunakan dalam makalah. Ini sering kali penuh dengan detail teknis, frekuensi spektrometer yang tepat, spesifikasi peralatan, bahan yang diguankan, atau sumber data penelitian.

4. Hasil

Hasil adalah uraian dengan cara yang cukup jelas, menyatakan hasil eksperimen atau penelitian yang dilakukan. Bergantung pada ketentuan yang ditetapkan, hasil dapat tercampur dengan diskusi.

5. Diskusi

Bagian diskusi merupakan bagian dari paper yang menempatkan hasil penelitian ke dalam konteks yang lebih luas, menganalisis signifikansinya serta menyarankan penelitian tambahan. Terkadang ada bagian “kesimpulan” terpisah menjelang akhir paper yang merangkum lebih lanjut hasil dan implikasi penting.

6. Ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih merupakan bagian akhir dalam menulis paper yang terdiri dari penulis utama dan staf teknis atau akademisi lain yang telah membahas atau menyarankan perbaikan tetapi tidak secara langsung mengambil bagian dalam penelitian.

7. Referensi

Referensi merupakan sebuah catatan yang digunakan sebagai literatur tambahan yang muncul sebagai catatan kaki di bagian bawah halaman sehingga dapat dibaca tanpa membenturkan ke halaman belakang kertas setiap kali.

2. Artikel review

Artikel review merupakan sebuah artikel yang merangkum status pengetahuan dalam bidang penelitian tertentu dengan mengutip semua studi terbaru yang relevan tanpa menyajikan data baru sendiri.

3. Buku pelajaran

Buku pelajaran menyajikan status pengetahuan dalam bidang sains tertentu dalam format yang mudah diakses yang ditujukan untuk audiens yang sangat berbeda mulai dari siswa sekolah hingga ilmuwan profesional lainnya yang mungkin ingin menggunakannya sebagai referensi untuk program universitas mereka sendiri.

4. Prosiding konferensi

Prosiding konferensi merupakan kumpulan abstrak bisa juga dipublikakan yaitu berupa ringkasan singkat pembicaraan atau poster yang dipresentasikan pada konferensi ilmiah, dalam bentuk buku. Apabila mengikuti proseding ini juga memiliki tingkat penilaian yang tinggi dalam acuan artikel yang terpublikakan.

5. Monografi

Monografi merupakan sebuah buku yang cakupannya bergantung pada bidang penelitian. Monografi bertujuan untuk menyajikan semua yang diketahui tentang subjek tertentu.

Untuk materi lengkap diklat gratis 35JP yang bertema “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” yaitu karya tulis dan kenaikan pangkat yang disampaikan oleh Ibu Supiani M.Pd silahkan untuk mendownload melalui link dibawah ini:

MATERI HARI KE-3 FREE DIKLAT 35JP KARYA TULIS DAN KENAIKAN PANGKAT

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 22 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru