Review Materi Hari Ke 2 Diklat Gratis 35JP “Menentukan Ide Menulis dan Cara Mendapat Angka Kredit”

- Editor

Minggu, 20 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Agar dapat menentukan ide menulis dan cara mendapat angka kredit maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk kenaikan pangkat. Maka dari itu untuk menulis sebuah artikel ilmiah populer penulis dalam hal ini guru harus mengetahui apa itu artikel.

Artikel merupakan sebuah tulisan faktual yang memiliki panjang kata yang sudah ditentukan sebalumnya. Artikel dipublikasikan melalui media online maupun cetak yang bertujuan untuk menyampaikan fakta, informasi serta gagasan yang dapat berguna sesuai dengan kebutuhan pembaca. Salah satu unsur yang harus ada dalam sebuah artikel adalah judul artikel. Melalui judul tersebut pembaca dapat mengetahui apakah isi artikel yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Oleh karena itu sebagai penulis judul artikel sangat berpengaruh besar terhadap daya tarik untuk meningkatkan minat baca pembaca apabila tidak dipikirkan dengan matang. Meskipun hanya beberapa kata judul artikel sangat menentukan keberhasilan untuk menarik pembaca.

Besarnya peran sebuah judul membuat seorang penulis harus meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana judul yang menarik dan sesuai dengan isi artikel yang dibuat. Berikut manfaat membuat judul yang menarik yaitu:

1. Meningkatkan jumlah orang yang membaca isi artikel

Pembaca tidak hanya mempedulikan seberapa bagus, informatif, atau bergunanya tulisan yang telah dibuat namun pembaca akan mulai membaca ketika judul yang dibuat menarik.

2. Menurunkan tingkat menunda baca

Judul artikel yang menarik akan membuat pembaca bersemangat untuk segera membaca isi artikel bahkan ketika mereka sibuk sehingga akan menurunkan penundaan pembaca untuk membaca artikel yang sudah dibuat.

3. Meningkatkan peringkat pada mesin pencari

Judul artikel yang menarik sangat penting untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari karena kata kunci, isi konten, dan lain sebagainya sangat mempengaruhi hasil pencarian di website agar artikel yang ditulis terletak pada peringkat pertama sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Berikut beberapa cara membuat judul yang menarik calon pembaca yaitu:

1. Memahami target audiens

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menarik calon pembaca yakni terlebih dahulu memahami target audience atau pembaca tulisan yang anda buat salah satunya terkait dengan gaya bahasa sehingga penulis harus dapat memahami situasi dan target pembaca.

2. Menggunakan Formula 4U

Formula 4U merupakan salah satu formula yang umum digunakan oleh seorang copywriter untuk membuat judul. Formula 4U merupakan singkatan dari useful, unique, urgent, dan ultra-specific. Sebagai seorang penulis anda dapat menggunakan salah satu dari empat unsur atau menggabungkan beberapa saat menyusun judul yang menarik.

A. Useful

Unsur useful sangat berguna untuk menarik pembaca karena dengan menggunakan unsur useful berarti judul artikel yang dibuat fokus untuk memberi tahu bahwa artikel akan membantu memecahkan masalah pembaca.

B. Unique

Unique berarti menggunakan kata-kata yang bombastis pada judul yang bertujuan untuk membuat pembaca tertarik. Saat membuat judul yang unik anda harus berpikir out of the box. Perhatikan tren yang sedang ada di masyarakat atau setidaknya sesuatu yang sedang booming pada kelompok target pembaca. Namun penulis juga harus tetap menggunakan empati.

C. Urgent (Mendesak)

Saat membuat konten dengan tujuan pemasaran, biasanya unsur mendesak. Judul yang mendesak dan menarik dapat membuat pembaca segera ingin membaca artikel yang telah dibuat.

D. Ultra-Specific

Selanjutnya yaitu unsur “ultra-specific” yang menekankan pembuatan judul yang spesifik, biasanya melibatkan penggunaan angka karena dengan menggunakan angka penulis memberikan sekaligus membatasi ekspektasi pembaca.

3. Menggunakan Power Words

Salah satu cara membuat judul artikel yang dapat menarik perhatian pembaca adalah dengan menggunakan power words.

4. Menggunakan Pertanyaan

Menggunakan kalimat pertanyaan dalam sebuah penulisan artikel dapat mengundang pembaca untuk berpartisipasi aktif. Karena penulis akan menempatkan pembaca tidak hanya sebagai objek melainkan subjek yang seolah dapat diajak diskusi.

Khusus penulisan artikel pada media daring yang mengandalkan mesin pencari dapat menggunakan pertanyaan sebagai sebuah judul dapat menguntungkan. Sebab tidak sedikit pengguna mesin pencari yang mencari sesuatu dengan menuliskan kalimat pertanyaan.

Saat kamu menulis pertanyaan untuk judul artikel artinya penulis berkomitmen untuk menjawab pertanyaan tersebut. Oleh karena itu pastikan anda memang membuat pertanyaan yang sesuai dengan jawaban dari artikel yang dibuat.

Baik pertanyaan terbuka maupun pertanyaan tertutup anda bisa mempertimbangkan keduanya. Namun pastikan anda tidak membuat pertanyaan umum yang mudah bagi pembaca untuk menjawabnya.

Memberikan pertanyaan mudah berarti anda tidak memenuhi syarat unik pada formula 4U selain pertanyaan yang mudah, hindari juga pertanyaan yang tidak masuk akal.

Artikel ilmiah populer adalah sebuah tulisan yang dipublikasikan di media massa  baik dalam bentuk media cetak seperti koran dan majalah atau media onlne resmi bukan blog yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi guru dan lebih banyak mengandung ide atau gagasan pengalaman guru yang menyangkut bidang pendidikan.

Untuk mendapatkan suatu ide dalam menulis artikel populer bisa didapatkan dimana saja, kapan saja dan dari siapa saja. Ide dari sebuah penulisan sebuah artikel bisa di dapatkan melalui siaran agama, tayangan, buku, peristiwa yang sedang dialami, perjalanan, kesulitan, lagu, curhat, status serta observasi lapangan.

Bukti fisik sebuah artikel yang dimuat dalam media cetak dan online yang digunakan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat guru yaitu apabila media cetak maka pertama penulis harus memiliki guntingan kliping asli yang memuat karya penulis, nama media massa serta tanggal terbit, kedua pengesahan kepala sekolah, ketiga jika berupa fotokopi maka harus ada surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah. Selain itu apabila artikel dimuat pada media online maka penulis harus memiliki print out dari website yang memuat karya penulis, nama media massa, tanggal terbit dan pengesahan dari kepala sekolah.

Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan yang dimuat pada media massa memiliki angka kredit sebagai berikut:

  1. Media cetak tingkat nasional memiliki kode 37 sehingga memiliki angka kredit 2
  2. Media cetak tingkat provinsi memiliki kode 38 sehingga memiliki angka kredit 1,5
  3. Media online yang memiliki alamat website resmi bukan blog memiliki kode 38 sehingga memiliki angka kredit 1,5.

Sebuah artikel ilmiah populer akan ditolak pada penilaian jika pertama tidak asli, tidak perlu, tidak ilmiah dan tidak konsisten, kedua tidak ada pengesahan dan pernyataan keaslian dari kepala sekolah, ketiga tidak disertai guntingan kliping, fotokopi, atau print out yang berisi karya, nama media, dan tanggal terbit, keempat lingkup penyebaran artikel pada media massa tidak memenuhi syarat.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat Surat Keterangan Terbit
  2. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  3. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  4. Berpotensi mendapatkan angka kredit 1,5 poin untuk naik pangkat
  5. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Artikel minimal 400 kata, maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat menghubungi nomor telepon 08156559789.

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana301

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 36 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB