Download Materi Hari Ke-2 Diklat Gratis 35JP “Menemukan Ide Menulis dan Cara Mendapat Angka Kredit

- Editor

Minggu, 20 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menemukan ide menulis tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan hanya saja untuk menemukan ide menulis membutuhkan berbagai strategi dan teknik khusus apalagi untuk menulis sebuah karya yang digunakan untuk kenaikan pangkat. Bagi penulis baru atau penulis yang sudah berpengalaman sekalipun mencari ide menulis merupakan salah satu permasalahan yang tak bisa dihindari.

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan ide dalam menulis:

1. Membaca Buku atau Artikel

Tips pertama ketika ingin mencari sebuah ide untuk menulis adalah dengan memperbanyak bacaan setiap harinya yakni dengan membaca buku fiksi, nonfiksi, jurnal, maupun artikel yang baik cetak maupun online.

2. Menonton Film

Tips kedua yaitu menemukan sebuah ide dalam menulis dapat dilakukan dengan menonton film. Menonton film cukup efektif untuk menemukan sebuah ide karena pada dasarnya hampir semua acara TV dan film memiliki scriptwriter untuk menuliskan naskah. Pada saat menonton sebuah film atau acara apa pun cobalah untuk memposisikan diri sebagai penulis serta perhatikan konten film tersebut mulai dari tema besarnya, bagaimana plotnya, pengembangan karakter serta detail lainnya.

3. Bertemu dengan Orang

Tips ketiga yakni untuk menemukan ide dalam menulis bisa didapatkan melalui pertemuan dengan teman atau orang baru. Penulis dapat mengamati karakteristik dari teman atau orang baru tersebut mulai dari kepribadian, hobi, perilaku dan sebagainya yang dapat digunakan sebagai inspirasi dalam mengembangkan sebuah tulisan.

4. Berkaca ke Kehidupan Pribadi

Tips keempat yakni dengan mencari inspriasi pada pengalaman kehidupan pribadi misalnya hobi, cerita menarik dalam kehidupan pribadi anda, pengalaman dan sebagainya yang mana dapat dituangkan dalam sebuah tulisan. Melalui tulisan tersebut maka orang lain yang sedang berada pada posisi yang sama seperti yang ada dalam tulisan yang dibuat maka akan merasa lebih dekat pada tulisan yang telah anda buat.  

5. Buat Playlist untuk Menulis

Tips kelima yakni membuat playlist untuk menulis karena lagu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis sebuah artikel dari cerita lagu tersebut.

6. Mencari Kutipan Inspiratif

Tips keenam yaitu mencari quotes atau kutipan inspiratif dari tokoh ternama juga bisa membantu penulis mendapatkan inspirasi dan ide menulis. Rangkaian quotes tersebut membuat orang yang membaca jadi lebih termotivasi dan bisa menulis dengan lancar.

7. Traveling

Tips ketujuh yaitu dengan melakukan traveling atau bertanya ke penulis lain merupakan hal yang sangat penting. Dengan melakukan traveling, jalan-jalan atau berinteraksi dengan orang lain maka penulis dapat melihat bgaimana aktivitas diluar ruangan serta melihat keadaan setempat. Hal tersebut merupakan sebuah cara untuk mendapatkan ide menulis.

Untuk mendapatkan angka kredit maka sebagaimana dijelaskan dalam buku 4 pedoman PKB guna mendukung pengembangan profesi guru pembelajar (PPGP) bahwa setiap guru yang ingin naik pangkat harus memenuhi kecukupan angka kreditnya. Hal yang menjadi tantangan bagi guru selain publikasi ilmiah adalah pembuatan karya inovatif.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi guru pembelajar (PPGP) merupakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian dilakukan secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Oleh karena itu, seharusnya seorang guru dapat meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya. Hal tersebut bertujuan agar guru lebih profesional dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelasnya. Tentu saja pembelajaran yang berkualitas yang dilaksanakan oleh guru diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa.

PKB bagi guru pembelajar menjadi bagian penting dari proses pengembangan keprofesian guru yang merupakan tanggungjawab guru secara individu sebagai masyarakat pembelajar. Oleh karena itu, kegiatan PKB guru untuk mendukung PPGP juga seharusnya mendukung kebutuhan guru secara individu dalam meningkatkan praktik keprofesian guru. Selain itu juga mendukung karir guru yang berimbas pada kesejahteraan guru.

Kegiatan PKB Guru yang mendukung guna mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP) meliputi: pengembangan diri guru secara individu, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Tujuan dari PKB adalah sebagai berikut.

1. Untuk mencapai kompetensi dasar yang disyaratkan bagi profesi guru dalam program pengembangan diri guru.

2. Untuk memperdalam dan memutakhirkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kompetensinya sebagai guru.

3. Untuk meningkatkan keterampilan dan kecakapan guru untuk menghasilkan publikasi ilmiah dan atau karya inovatif sebagai indikator guru profesional.

4. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan

5. Tugas-tugas tambahan guru yang menunjang pengembangan karirnya.

6. Untuk memenuhi kegiatan lain yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru saat ini dan di masa mendatang.

Berdasarkan Ketentuan Pasal 17 dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/ jabatan seorang guru melalui pemenuhan unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan, sebagaimana tabel di bawah ini.

Khusus bagi guru yang mau naik pangkat golongan ke IVd maka harus melakukan kegiatan presentasi ilmiah. Adapun ketentuannya sebagai berikut.

1. Dipastikan telah memiliki 5 angka kredit dari subunsur pengembangan diri. Kemudian memiliki 14 angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif.

2. Kegiatan presentasi karya ilmiah dilakukan secara terbuka di hadapan Tim

3. Penilai Tingkat Pusat. Juga dilakukan terbuka di hadapan akademisi, dan pejabat terkait setempat. Sedangkan waktu dan pelaksanaannya diatur oleh Dirjen GTK, yang dapat dilaksanakan di instansi Pusat, Provinsi, LPMP atau tempat lain yang memenuhi syarat.

4. Wajib menyusun ringkasan dari masing-masing publikasi ilmiah/karya inovatif unggulan. Kemudian guru tersebut harus menjelaskan secara ringkas yang terkait dengan perolehan persyaratan 5 angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif.

6. Uraian kegiatan yang telah dilakukan, meliputi macam dan ringkasan penjelasan hasil publikasi dan/atau karya inovatif.

7. Tim penilai menetapkan kelayakan guru tersebut untuk naik jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c menjadi Guru Utama golongan/ ruang IV/d.

Untuk materi lengkap diklat gratis 35JP yang bertema “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” yaitu Menemukan Ide Menulis dan Cara Mendapat Angka Kredit yang disampaikan oleh Harna Yulistiyarini silahkan untuk mendownload melalui link dibawah ini:

MATERI HARI KE- 2 FREE DIKLAT 35JP MENEMUKAN IDE MENULIS DAN CARA MENDAPAT ANGKA KREDIT

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat Surat Keterangan Terbit
  2. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  3. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  4. Berpotensi mendapatkan angka kredit 1,5 poin untuk naik pangkat
  5. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Artikel minimal 400 kata, maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat menghubungi nomor telepon 08156559789.

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana301

Berita Terkait

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru