Home / News

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:04 WIB

Download Aplikasi Dapodik Versi 2022 Terbaru dan Cara Instalasinya

Bagi satuan pendidikan atau sebuah lembaga pendidikan formal penting sekali memiliki sebuah aplikasi Dapodik. Karena dengan aplikasi tersebut sebuah lembaga sekolah bisa melaporkan terkait data pendidikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara langsung dan online. Saat ini sudah tersedia aplikasi Dapodik terbaru yaitu versi 2022 yang harus dipasang untuk menggantikan versi sebelumnya. 

Dapodik sendiri adalah sebuah sistem dalam bentuk aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Fungsi utama dari Dapodik ini adalah untuk pendataan pendidikan secara nasional. Data yang dapat masuk dalam sistem Dapodik di antaranya adalah data siswa, guru, profil sekolah, dan lain sebagainya. 

Jadi jika sekolah ingin mendapatkan bantuan atau mencairkan dana BOS, misalnya, harus sudah terdaftar pada Dapodik. Jika tidak, maka berbagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dan juga tunjangan-tunjangan lainnya tidak akan bisa cair. Itulah masalah-masalah yang dapat muncul ketika lembaga sekolah tidak mengisikan data pada Dapodik. 

Baca Juga:  4 Komponen Penting dalam Dapodik Online dan Fungsinya

Untuk jangka waktu tertentu, Kemendikbud dan tim yang menangani Dapodik ini terus melakukan pembaruan pada aplikasi Dapodik. Pembaruan ini ini dibutuhkan untuk update data dan juga memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan pada aplikasi versi sebelumnya. 

Di tahun 2021 ini, Kemendikbud telah merilis aplikasi Dapodik versi 2022. Sehingga satuan pendidikan hingga dinas pendidikan daerah wajib untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Dapodik terbaru tersebut. 

Beberapa pembaharuan yang dilakukan pada aplikasi Dapodik 2022 ini di antaranya adalah penambahan alamat jalan, RT, RW, dusun, keluruhan, kode pos, lintang, bujur yang dapat digunakan untuk memperjelas alamat sekolah. 

Kemudian juga ada penambahan validasi pengisian KIP, sanitasi, info survei PTM, validasi batas minimal usia peserta didik, dan lain sebagainya. 

Selain pembaruan juga terdapat perbaikan pada aplikasi Dapodik tahun 2022. Perbaikan yang dilakukan di antaranya adalah perubahan paksa untuk mengubah password saat pertama kali login. 

Baca Juga:  Prioritas Rekrutmen Guru PPPK 2022

Segera unduh aplikasi Dapodik 2022 melalui link berikut ini: 

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK 2022 (PAUDDIKDASMEN)

DOWNLOAD APLIKASI DAPODIK 2022 (VOKASI SMK)

Cara Install Aplikasi Dapodik 2022

1. Setelah melakukan pengunduhan, aplikasi Dapodik 2022 dapat di-install pada komputer. Caranya, hapus dulu aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Karena pada aplikasi Dapodik 2022 ini sudah menggunakan database terbaru berupa installer, bukan updater. 

2. Setelah aplikasi Dapodik 2022 terinstall lakukan refresh dengan cara menekan tombol  (Ctrl + F5) secara bersamaan pada keyboard komputer Anda. 

3. Kemudian lakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2022. 

4. Ubah password yang lama ke password baru di mana password tersebut minimal harus terdiri dari 8 karakter dan mengandung karakter A-Z, a-z, 0-9, dan mengandung tanda baca. 

Nah, itulah cara download aplikasi Dapodik 2022 terbaru dan cara instalasinya. 

Share :

Baca Juga

News

Sekolah Bersama Anak-Anak Spesial

News

Filosofi Kurikulum Paradigma Baru Pada Semua Jenjang Pendidikan
penggunaan google form untuk pembelajaran

News

Penyederhanaan RPP dalam Kurikulum Merdeka

News

Indikator, Fungsi serta Prinsip Penetapan KKM

News

3 Model Pembelajaran Menyenangkan

News

Tips Meningkatkan Motivasi Siswa Hadapi Penilaian Akhir Semester
https://naikpangkat.com/kelebihan-micros…olah-nilai-siswa/

News

Langkah Praktis Menyusun LKPD Online Menggunakan Liveworksheets
http://bit.ly/Daftar-Member-Semester

News

Download Materi Pertemuan Kedua: Implementasi Platform Merdeka Mengajar untuk Mewujudkan Merdeka Belajar