Cara Screen Capture Menggunakan FastSone

- Editor

Kamis, 6 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aplikasi screen capture faststone sangat dibutuhkan dalam kondisi pandemi covid-19 pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu opsi yang bisa di pilih. Dalam komponen pembelajaran jarak jauh salah satunya adalah materi pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk membuat pembelajarannya dalam bentuk video. Salah satu metode membuat video pembelajaran secara mudah adalah dengan power point yang direkam menjadi sebuah video yang nantinya dapat di upload melalui youtube atau dibagikan melalui media sosial. Aplikasi ini digunakan dalam perekam layar yang dipakai untuk membuat tutorial.

Mengambil gambar tangkapan layar dari komputer, laptop maupun pc atau kita kenal sebagai screenshot sangatlah mudah dilakukan dengan menggunakan sistem operasi windows maka dari itu pengguna tak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot.

Hal tersebut karena windows sendiri sudah memberikan fitur screenshot dengan menggunakan tombol PrtSc SysRq (Print Screen) pada keyboard anda .Dan anda tinggal membuka aplikasi editor photo seperti photoshop atau paint bawaan windows , setelah jendela editor muncul tinggal Paste menggunakan CTRL + V .

Cara Screenshot di Komputer

Walau Windows sudah menyediakan fitur tangkapan gambar layar (screenshot) hanya saja fitur tersebut hanya bisa mengambil full screen. Maka dari itu banyak pengguna yang menggunakan aplikasi pihak ketiga . Aplikasi software pihak ketiga yang cemiti.id rekomendasikan buat kalian iyalah FastStone Capture.

Banyak aplikasi untuk merekam layar antara lain bandicam, faststone, OBS Studio, icecream Screen Recorder WM Capture dan lainnya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dengn mudah, praktis dan fungsional adalah faststone.

Fastone merupakan alat tangkapan layar yang kuat, ringan dan memiliki fitur lengkap yang memungkinkan anda menangkap dan membuat anotasi apapun pada layar termasuk jendela, objek, menu, layar penuh, daerah persegi panjang / tangan bebas dan bahkan menggeser jendela / halaman web dengan mudah sehingga anda dapat merekam aktivitas layar dan suara ke dalam file video.

Program ini menyimpan berbagai file video pada output hanya dalam format WMV Pengambilan FastStone tidak menyediakan format video lainnya. Tetapi semakin banyaknya konverter video gratis di pasar perangkat lunak, momen ini hampir tidak dapat dikaitkan dengan kelemahan program.

Aplikasi FastStone pada umumnya digunakan untuk merekam video tampilan layar dekstop Laptop/PC atau disebut juga “Video Capture”.

Fungsi tombol faststone yakni pada menu membuat, import dari clipboard dan membuka file gambar di faststone editor digunakan sebagai capture gambar (screenshot) secara keseluruhan pada layar desktop.

Berfungsi sebagai mengambil gambar pada lembar kerja yang aktif pada bagian ini digunakan untuk mengambil gambar sebagian yang sesuai dengan yang kita inginkan, mengambil gambar dengan menyeleksi bagian mana yang akan di capture, mengambil gambar / capture secara keseluruhan, memilih gambar pada sebagian lembar kerja komputer, berfungsi sebagai pengambil gambar dengan cara memilih objek pada layar komputer dengan menggeser mouse dan menyeleksi nya dengan mengklik kiri pada pada mouse, mengambil Rekaman video layar monitor.

Dalam merekam layar ada 5 pilihan metode perekaman yakni:

  1. Windows/Object, hanya merekam pada windows yang dipilih atau yang sedang aktif
  2. Rectangular Region, hanya merekam pada area yang sudah dipilih
  3. Fixed-Size Region, hanya merekam laya pada ukuran yang sudah ditetapkan
  4. Full Screen Without Taskbar, merekam layar full tanpa tampilan Taskbar
  5. Full Screen, merekam layar full termasuk tampilan Taskbar

Seltelah memilih salah satu metode perekaman tersebut langkah selanjutnya yakni untuk pertama silahkan klik pada full Screen sedangkan Record audio bisa di aktifkan jika ingin merekam suara juga, pilihannya kemudian klik tombol record.

Kedua klik tombol Start untuk memulai rekaman, untuk pause atau menyelesaikan rekaman tekan tombol ctrl + f10.

Ketiga klik save untuk menyimpan hasil rekaman, Resume untuk kembali merekam atau discard untuk membuang rekaman yang sudah di buat.

Keempat simpan dalam folder dan nama yang diinginkan kemudian klik tombol Save, video rekaman layar sudah tersimpan.

Speaker digunakan untuk mengaktifkan suara yang keluar dari sistem windows misalnya suara notifikasi atau video. Microphone dan Speaker dapat merekam semua suara dari windows dan suara dari microphone.

FastStone sudah dilengkapi dengan fitur Screen Capture yang lengkap. Ada 7 fitur Screen Captute yakni:

1. Capture Active Window

Fitur pertama Capture Active Window yakni sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil seluruh tampilan layar di laptop. Misalnya dihalaman desktop tampil beberapa aplikasi. Saat di klik icon Capture Active Window maka seluruh tampilan yang ada dilayar akan di capture.

Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Alt+PrtSc.

2. Capture Window / Object

Capture Window / Objek merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil gambar pada aplikasi tertentu. Misalnya di layar desktop ada dua aplikasi yang aktif saat di klik icon Capture Window. Kemudian mouse pointer diarakan ke salah satu aplikasi maka aplikasi tersebut saja yang akan tampil untuk diambil gambarnya. Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Shift+PrtSc.

3. Capture Rectangular Region

Capture Rectangular Region merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil gambar dengan area kotak sesuai pengaturan yang dikehendaki. Saat di klik icon Capture Rectangular Region maka anda akan melihat area kotak merah yang akan dijadikan area untuk mengambil gambar. Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Ctrl+PrtSc.

4. Capture Freehand Region

Capture Freehand Region merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk melakukan capture yang mana bentuknya bisa dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Caranya klik icon Capture Freehand Region kemudian gerakkan mouse pointer di layar laptop. Maka hasilnya akan sama dengan bentuk yang di buat saat menggerakkan mouse pointer di layar laptop. Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Ctrl+Shift+PrtSc.

5. Capture Full Screen

Futur Capture Full Screen merupakan fitur yang digunakan untuk mengambil gambar seluruh tampilan layar laptop.Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad PrtSc.

6. Capture Scrolling Window

Cature Scrolling Window merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil gambar layar yang panjang. Dengan menggunakan fitur Capture Scrolling Window maka cukup satu klik aja, tampilan layar yang panjang akan otomatis di capture. Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Ctrl+Alt+PrtSc.

7. Capture Fixed Size Region

Kalau Capture Fixed Size Region merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil gambar dengan area kotak sesuai pengaturan yang telah ditentukan. Fitur ini dapat diakses cepat dengan menekan tombol keyborad Ctrl+Shift+Alt+PrtSc.

Ikutilah DIKLAT GRATISSSSS 40 JP SPESIAL AWAL TAHUN “Membuat PTK Untuk Kenaikan Pangkat” yang diselenggarakan oleh gurujuara.com

PTK

Penulis : Erlin Yuliana

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 136 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru