Home / News

Jumat, 16 Juli 2021 - 03:15 WIB

Cara Mudah Membuat Aplikasi Profil Sekolah

Aplikasi Profil Sekolah – Di era digital seperti sekarang ini membuat profil sekolah jadi lebih mudah. Pertama, Anda bisa membuat profil sekolah pada sebuah halaman online atau website. Dan yang kedua, Anda bisa menggunakan sebuah program bernama SAC (Smart Apps Creator). Program tersebut sangat mudah digunakan dan profil sekolah dapat disajikan dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses pada ponsel pintar berbasis Android. 

Jika Anda menghendaki membuat profil sekolah pada website, Anda bisa menggunakan platform WordPress atau Blogger. Namun untuk membuat profil sekolah melalui platform tersebut, Anda perlu mengerti langkah-langkah dalam membangun website terlebih dahulu. 

Sehingga pilihan yang kedua lebih disarankan jika Anda ingin membuat profil sekolah yang lebih mudah. Nantinya profil sekolah yang selesai dibuat dapat diakses melalui ponsel Android. Dengan SAC, Anda tak perlu memahami coding untuk membuat aplikasi profil sekolah tersebut. Karena pada program SAC sudah tersedia sejumlah fitur yang dapat digunakan dengan mudah. 

Profil sekolah sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sekolah, yakni untuk mengenalkan lembaga pada masyarakat lebih luas. Sehingga ketika menjelang masa penerimaan siswa baru, misalnya, sekolah tidak perlu cetak brosur untuk mengenalkan keunggulan lembaga. Karena semua itu bisa digantikan oleh aplikasi profil sekolah. 

Baca Juga:  e-Modul Solusi Media Pembelajaran Jarak Jauh

Membuat aplikasi profil sekolah yang dapat diakses melalui ponsel tentu akan sangat menarik bagi calon siswa atau wali siswa yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sekolah terkait. Pasalnya, dengan sebuah aplikasi, penyajian profil sekolah akan terasa lebih interaktif, informati, serta relevan dengan perkembangan zaman saat ini. 

Sekolah yang mampu membuat profil sekolah dalam sebuah aplikasi juga akan membuktikan bahwa sekolah tersebut mampu membuat inovasi-inovasi kekinian. Sehingga hal tersebut akan lebih menarik bagi calon siswa. 

Langkah Membuat Aplikasi Profil Sekolah di SAC

Langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi profil sekolah cukup mudah. Pertama, Anda bisa mengunduh perangkat lunak SAC yang kemudian meng-install pada komputer Anda. 

Setelah mengunduh program tersebut dan memasangnya pada perangkat komputer, Anda tinggal menyiapkan materi yang perlu Anda masukkan dalam pembuatan profil sekolah tersebut. Misalnya, Anda akan mencantumkan visi dan misi sekolah, daftar pengajar, prestasi sekolah yang pernah dicapai, daftar siswa, dan lain sebagainya. 

Baca Juga:  Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Prototipe 2022

Jika data-data tersebut sudah siap, Anda tinggal melakukan desain tampilan aplikasi profil sekolah yang ingin Anda sajikan pada pengguna aplikasi tersebut. Anda bisa menggunakan latar belakang dengan gambar, memasukkan teks, video dan lain sebagainya melalui SAC ini. Sehingga ketika aplikasi dibuka akan memunculkan informasi yang menarik dan interaktif. 

Di SAC ini, Anda juga bisa menambahkan tombol-tombol sebagai navigasi dalam penggunaan aplikasi profil sekolah. Jadi hasilnya nanti akan menjadi layaknya aplikasi profesional yang mudah digunakan. 

Jika aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan harapan setelah melakukan pratinjau, dapat disimpan dalam format .apk. Kemudian aplikasi tersebut dapat dipasang pada ponsel Android dan mudah diakses oleh siswa atau calon siswa baru. 

Pada intinya membuat profil sekolah bukanlah perkara yang terlalu sulit. Anda bisa menggunakan SAC dan profil sekolah dapat dibuat dalam bentuk aplikasi Android. 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

News

Wah, Senangnya! 4 Guru dengan Kategori Ini Bakal Langsung Diangkat PPPK tanpa Tes

News

Pengertian Hybrid Learning: Kelebihan dan Kekurangannya
mengajar online

News

Materi pada Program Pendidikan Guru Penggerak

News

Membuat Siswa Senang Belajar di Kelas, Lakukan 5 Tips Ini !

News

Penting Diketahui Guru! Pengertian Pendidikan Karakter, Unsur, Tujuan Beserta Nilai-nilainya

News

Cara Mudah Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa
https://bit.ly/Diklat35JP_ModulAjar

News

Resmi Dari Kemendikbud! Sistem Penempatan PPPK Guru Tahun 2022 Untuk Peserta Prioritas

News

Menurut Badan Legislasi RUU Sisdiknas Harus Dikaji