Cara Mudah dalam Menyusun Makalah Best Practice

- Editor

Rabu, 23 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Best practice merupakan karya tulis ilmiah yang berisi pengalaman praktik terbaik dari keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Makalah best practice merupakan karya tulis ilmiah yang berisi tentang pengalaman praktik terbaik dan keberhasilan guru dalam proses pembelajaran. Penyususnan makalah best practice digunakan sebagai angka kredit dalam kenaikan pangkat.

Menjadi suatu kehormatan bagi guru yang dapat menjadi guru berprestasi atas pengakuan kinerja dan kompetensinya, selain itu best practice dapat dinilai angka kreditnya untuk kenaikan pangkat guru.

Seperti yang diketahui best practice merupakan tulisan pengalaman guru terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta melatih, membimbing, dan melaksanakan tugas tambahan.

Dalam menyusun best practice yang digunakan untuk syarat pemenuhan angka kredit fungsional guru, maka harus memperhatikan bahwa struktur, mekanisme, bukti fisik, dan proses penyusunan best practice sesuai dengan buku 4 Pedoman Kegiatan PKB Guru Pembelajar Kemendikbud RI.

Best practice tidak sama dengan penelitian tindakan kelas (PTK) karena best practice tidak mempersyaratkan adanya siklus dan best practice dapat ditulis dalam bentuk karya ilmiah.

Beberapa prinsip juga harus diperhatikan dalam menulis best practice, prinsip tersebut yaitu asli, perlu, ilmiah, konsisten, kreatif, inovatif, kebaruan, perbaikan mutu berkelanjutan, dan integritas.

Tujuan dalam menyusun best practice adalah untuk menyelesaikan masalah pendidikan, membangun kepekaan dan kemampuan berpikir kritis, menciptakan inovasi dan mutu layanan 8 standar pendidikan, membangun kemampuan PTK dalam menyusun penyelesaian masalah dengan sistematis dan logis.

Terdapat ciri-ciri best practice yang dapat diketahui sebagai berikut :

  1. Original, ide penyelesaian suatu masalah harus benar-benar berasal dari pihak penulis.
  2. Inovatif, penulis mampu memperkenalkan praktik atau proses baru dalam menyelesaikan suatu masalah dimana praktik tersebut belum pernah ada sebelumnya.
  3. Kreatif, ide praktik dalam menyelesaikan masalah berbeda dari yang lain dan menghubungkan hal-hal lain yang tadinya tidak berhubungan.
  4. Efektif, praktik yang disampaikan benar-benar bias menyelesaikan masalah yang dihadapi atau on point dalam mengatasi masalah.
  5. Efisien, penulis menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang mampu memaksimalkan sumber daya yang ada.
  6. Menginspirasi, ide penyelesaian masalah dapat menginspirasi rekan-rekan seprofesinya atau para pemangku kebijakan.
  7. Cara terbaik, cara yang ditulis merupakan yang terbaik dari cara yang ada atau cara alternative lainnya.
  8. Berkelanjutan, praktik baik yang ditulis dapat memberikan dampak dan manfaat yang berkelanjutan atau tidak hanya sesaat.

Sebelum menyusun best practice, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti membaca sistematika yang diberikan panitia lomba melalui buku panduan terlebih dahulu. Lalu melengkapi setiap bagian pada sistimatika yang terdapat empat bagian yaitu :

  1. Bagian pertama berupa halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Pada halaman judul, tuliskan judul best practice, nama peserta lomba, nama peruntukkan lomba, dan asal sekolaj peserta lomba. Dalam menulis menggunakan tipe huruf Times New Roman dengan ukuran kertas A4 dan spasi 1,5.

Halaman selanjutnya berupa kata pengantar dengan menulis best practice ditulis untuk mengikuti lomba guru berprestasi. Atau dengan tujuan untuk naik pangkat, lomba inovasi pembelajaran, lomba karya ilmiah.

Halaman daftar isi berisi tentang daftar isi yang sesuai dengan isi best practice. Untuk daftar tabel diisi berupa tabel dan gamber apabila ada, jika tidak maka tidak perlu ditulis, dan untuk lampiran ditulis pada bagian pertama.

2. Bagian kedua berisi Bab I Pendahuluan, Bab II Pelaksanaan, Bab III Simpulan dan Saran, dan terakhir Daftar Pustaka.

  • Bab I Pendahuluan

Pada bab ini ditulis dengan 1 sampai 3 halaman.Latar belakang ditulis dengan jelas latar belakang kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan dasar diterapkannya best practice. Selanjutnya fokus kegiatan best practice dituliskan.

Kemudian menulis tujuan best practice sesuai dengan fokus, dan menulis manfaat yang diperoleh untuk guru, siswa, sekolah dan masyarakat.

  • Bab II Pelaksanaan

Bab ini ditulis paling sedikit dengan 6 halaman dan paling banyak 9 halaman. Pada bab ini berisi deskripsi dan ruang lingkup best practice berupa nama best practice, bahan dan alat yang diperlukan, dan batasan-batasan best practice.

Selain itu ditulis juga langkah-langkah pelaksanaan best practice secara rinci dan berurutan yang ditulis berdasarkan pengalaman mengajar. Kemudian menulis hasil yang dicapai dengan ditulis secara datail berupa ketercapaian tujuan. Gunakan tabel dan gambar untuk membantu menjelaskan hasil.

Gunakan nilai penting dan kebaruan dari best practice yang dilaksanakan, dan jelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat.

  • Bab III Simpulan dan Saran

Pada bab ini berisi simpulan dan saran dari penulisan karya best practice yang telah ditulis dengan halaman sebanyak 1 sampai 3 halaman.

  • Daftar Pustaka

Penilisan best practice paling banyak adalah 15 halaman dan paling sedikit 8 halaman.

Menyusun makalah best practice tidak semuanya menganggap mudah, namun dengan tips ini akan membantu anda menjadi lebih mudah dalam menyusun makalah.

Tips yang dapat Anda lakukan agar makalah dapat diterima dan dapat memperoleh angka kredit adalah sebagai berikut:

  1. Makalah yang diserahkan adalah asli, apabila fotokopi maka harus menyerahkan surat pernyataan keaslian yang diberikan oleh kepa sekolah yang disertai dengan tanda tangan kepala sekolah dan cap dari sekolah yang bersangkutan.
  2. Menyerahkan surat keterangan dari pengelola perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari makalah telah disimpan di perpustakaan sekolah.

Apabila makalah best practice diterima, maka skor yang akan didapatkan dalam angka kredit adalah 2, dan apabila ditolak maka terdapat alasan dalam penolakan. Alasan-alasan dalam penolakan makalah best practice dapat berupa :

  1. Sistematika makalah dalam penulisan yang belum sesuai dengan pedoman. Maka perlu diperbaiki berdasarkan dengan sistematika penulisan.
  2. Kurang atau tidak adanya data pendukung makalah yang kuat.

Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai penyusunan makalah best practice maka Anda dapat mengikuti pelatihan dibawah ini :

Pelatihan yang dapat Anda ikuti adalah pelatihan dengan judul “Membuat Makalah Best Practice” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id secara online.

Pelatihan ini akan menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa san tentunya berpengalaman di bidangnya, narasumber tersebut adalah Ibu Supiani, M.Pd sebagai instruktur e-Guru.id.

Pelatihan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2022 sampai dengan 19 Maret 2022 secara online melalui Zoom Meeting dan Grup Telegram dan dimulai pukul 19.30.

Pada pelatihan ini tentu peserta akan mendapatkan fasilitas pelatihan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Materi Pelatihan
  2. E-Sertifikat 32JP
  3. Full Support dari Tim Instruktur
  4. Laporan Pengembangan Diri

Berikut terdapat beberapa materi pelatihan yang akan disampaikan oleh narasumber yang  tentunya menarik dan akan membantu Anda dalam menyusun makalah best practice, yaitu sebagai berikut :

  1. Identifikasi Masalah dan Membuat Judul Makalah
  2. Mencari Referensi yang Sesuai dengan Rancangan Pelatihan
  3. Pelaksanaan Program
  4. Hasil Penelitian
  5. Menyusun Laporan Penelitian
  6. Evaluasi

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini, maka Anda dapat melakukan pendaftaran dan membayar biaya registrasi pendaftaran sebesar Rp 97.000 saja.

Anda dapat melakukan pendaftaran dengan cara :

KLIK DISINI

KLIK DISINI

Penulis : Eka Susiyanti

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 285 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB