Home / News

Sabtu, 18 Desember 2021 - 12:01 WIB

Menyusun Best Practice untuk Lomba dan Kenaikan Pangkat

Best practice merupakan karya tulis ilmiah yang berisi pengalaman praktik terbaik dari keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Suatu kehormatan bagi guru yang dapat menjadi guru berprestasi atas pengakuan kinerja dan kompetensinya, selain itu best practice dapat dinilai angka kreditnya untuk kenaikan pangkat guru.

Seperti yang diketahui best practice merupakan tulisan pengalaman guru terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta melatih, membimbing, dan melaksanakan tugas tambahan.

Sebelum menyusun, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti membaca sistematika yang diberikan panitia lomba melalui buku panduan terlebih dahulu. Lalu melengkapi setiap bagian pada sistimatika yang terdapat empat bagian yaitu :

  1. Bagian pertama berupa halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Pada halaman judul, tuliskan judul best practice, nama peserta lomba, nama peruntukkan lomba, dan asal sekolaj peserta lomba. Dalam menulis menggunakan tipe huruf Times New Roman dengan ukuran kertas A4 dan spasi 1,5.

Halaman selanjutnya berupa kata pengantar dengan ditulis untuk mengikuti lomba guru berprestasi. Atau dengan tujuan untuk naik pangkat, lomba inovasi pembelajaran, lomba karya ilmiah.

Baca Juga:  Angka Kredit Publikasi Buku dan Artikel Best Practice bagi Guru PNS

Halaman daftar isi berisi tentang daftar isi yang sesuai dengan isi hasil tulisan. Untuk daftar tabel diisi berupa tabel dan gamber apabila ada, jika tidak maka tidak perlu ditulis, dan untuk lampiran ditulis pada bagian pertama.

2. Bagian kedua berisi Bab I Pendahuluan, Bab II Pelaksanaan, Bab III Simpulan dan Saran, dan terakhir Daftar Pustaka.

a. Bab I Pendahuluan

Pada bab ini ditulis dengan 1 sampai 3 halaman.Latar belakang ditulis dengan jelas latar belakang kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan dasar diterapkannya best practice. Selanjutnya fokus kegiatan yang dituliskan.

Kemudian menulis tujuan pelaksanaan sesuai dengan fokus, dan menulis manfaat yang diperoleh untuk guru, siswa, sekolah dan masyarakat.

b. Bab II Pelaksanaan

Bab ini ditulis paling sedikit dengan 6 halaman dan paling banyak 9 halaman. Pada bab ini berisi deskripsi dan ruang lingkup berupa nama , bahan dan alat yang diperlukan, dan batasan-batasan best practice.

Baca Juga:  Tipe Guru yang Disukai Siswa, Anda Tipe yang Mana?

Selain itu ditulis juga langkah-langkah pelaksanaan secara rinci dan berurutan yang ditulis berdasarkan pengalaman mengajar. Kemudian menulis hasil yang dicapai dengan ditulis secara datail berupa ketercapaian tujuan. Gunakan tabel dan gambar untuk membantu menjelaskan hasil.

Gunakan nilai penting dan kebaruan dari best practice yang dilaksanakan, dan jelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat.

3. Bab III Simpulan dan Saran

Pada bab ini berisi simpulan dan saran dari penulisan karya best practice yang telah ditulis dengan halaman sebanyak 1 sampai 3 halaman.

4. Daftar Pustaka

Penilisan karya tulis ini paling banyak adalah 15 halaman dan paling sedikit 8 halaman.

Untuk memahami lebih jelas memahami penyusunan makalah best practice, Anda dapat meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang dapat Anda ikuti yaitu “Menyusun Makalah Best Practice” yang dilaksanakan oleh e-Guru.id yang akan diadakan pada bulan Januari 2022.

Daftarkan diri Anda dengan melakukan pendaftaran, caranya cukup mudah dengan KLIK DISINI.

Penulis : Eka Susiyanti

Share :

Baca Juga

News

Karakteristik Utama Kurikulum Prototipe dalam Menunjang Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi

Kenaikan Pangkat

Pelatihan Gratis Membuat Artikel Populer untuk Kenaikan Pangkat

News

Ratusan CPNS Undurkan Diri, Bisa Kena Denda Dari puluhan hingga ratusan juta!

News

Terbaru! Seluruh Guru Semua Jenjang Wajib Tahu Telah Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2023
pemilihan materi esensial

News

Catat! 2 Kategori Pelamar PPPK Guru 2022, Prioritas Dan Umum
https://naikpangkat.com/daftar-segera-seminar-gratis-persiapan-guru-dalam-pengimplementasian-kurikulum-merdeka-di-sekolah/

News

SEMNAS GRATIS: Pembelajaran Berbasis Projek Karakteristik Kurikulum Prototipe

News

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup bagi Guru yang Lolos PPPK Tahap 1

News

Kebijakan Merdeka Belajar Untuk Mendukung PTM Terbatas