Home / News

Minggu, 9 Januari 2022 - 19:54 WIB

Cara Merancang Pembelajaran Sesuai Kebijakan Kurikulum Prototipe

Kurikulum Prototipe ditawarkan sebagai alternatif pilihan pembelajaran bagi satuan pendidikan untuk memperbaiki pembelajaran selama pandemi.

Terdapat tujuh hal baru dalam kurikulum prototipe yang harus diketahui oleh guru diantaranya adalah :

  1. Struktur Kurikulum, dengan Profil Pelajar Pancasila yang akan menjadi acuan dalam pengembangan standar isi, standar proses, dan standar penilaian atau struktur kurikulum berupa capaian pembelajaran dan asesmen pembelajaran.
  2. Capaian Pembelajaran (CP), istilah KI dan KD pada kurikulum ini diganti menjadi capaian pembelajaran yang merupakan rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menjadi satu kesatuan dalam proses untuk mengembnagkan kompetensi yang utuh bagi siswa.
  3. Pembelajaran Tematik, dimana pada kurikulum sebelumnya pembelajaran tematik hanya terbatas bagi kelas 4, 5, dan 6 SD saja. Namun, pada kurikulum ini pembelajaran tematik dapat diterapkan pada jenjang SMP dan SMA, dan pada jenjang SD dapat dilakukan pembelajaran berbasis mata pelajaran.
  4. Jumlah Jam Pelajaran, pada kurikulum ini jumlah jam pembelajaran ditetapkan per tahun sehingga sekolah memiliki fleksibilitas dalam mengatur pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
  5. Pembelajaran Kolaboratif, penerapan pembelajaran kolaboratif bertujuan untuk mengembangkan profil Pelajar Pancasila dengan melalui pengalaman pembelajaran dan mengintegrasikan kompetensi esensial yang dipelajari oleh siswa dari berbagai disiplin ilmu pembelajaran berbasis project yang dinilai akan membantu guru dalam mengembangkan soft skill siswa.
  6. Mata Pelajaran TIK, pada kurikulum ini mata pelajaran TIK akan diajarkan kembali dengan nama yang diganti menjadi informatika. Mata pelajaran ini akan diajarkan dimulai dari jenjang SMP, dimana sekolah yang belum memiliki sumber daya guru informatika dapat diajarkan oleh guru umum. Disamping itu, Kemendikbudristek telah menyiapkan buku atau modul sebagai pedoman guru dalam pembelajaran informatika yang sangat mudah dipahami dan digunakan oleh guru dan siswa.
  7. Mata Pelajaran IPAS, dimana pada jenjang SD kelas 4, 5, dan 6 yang selama ini terdapat mata pelajaran IPA dan IPS yang berdiri sendiri, pada kurikulum ini akan diajarkan secara bersamaan melalui IPAS. Sedangkan di SMA yang sebelumnya terdapat penjurusan seperti IPA, IPS, dan Bahasa, pada kurikulum ini akan ada sidikit perubahan dimana pada kelas 10 siswa hanya menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Kemudian di kelas 11 dan 12 siswa mengikuti mata pelajaran dari kelompok mata pelajaran wajib dan memilih mata pelajaran dari kelompok IPA, IPS, Bahasa dan Keterampilan vokasi sesuai minat dan bakat siswa.
Baca Juga:  Kabar Gembira! 7 Jenis Tunjangan Guru 2023 yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

Kenali lebih dalam lagi mengenai kurikulum learning recovery akibat pandemi, serta tips dan trik merancang pembelajaran yang relevan dengan mengikuti pelatihan atau diklat dibawah ini.

Diklat yang dapat Anda ikuti dengan judul “Memahami Kebijakan Kurikulum Prototipe dan Latihan Merancang Pembelajarannya” yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 8 Februari 2022.

Diklat ini akan dibawakan oleh instruktur spesial yang pastinya sudah berpengalaman yaitu Fitria Martanti, M.Pd. sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum & Sertifikasi Universitas Wahid Hasyim Semarang, serta sebagai Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Apabila Anda mengikuti diklat ini, maka Anda akan mendapat berbagai macam fasilitas berupa e-sertifikat bernama 35JP; undangan dan daftar hadir; materi diklat berupa PPT, e-book, dan video; contoh laporan kegiatan, contoh laporan pengembangan diri; akses zoom meeting, dan pendampingan via grup telegram.

Selain itu juga Anda akan mendapatkan FREE BONUS berupa kumpulan file PTK, kumpulan best practice, dan file tentang Kurikulum 2022.

Untuk dapat mengikuti diklat ini maka Anda perlu melakukan registrasi pendaftaran sebesar Rp 109.000 bagi peserta umum dan Rp 79.000 bagi Member e-Guru.id. Untuk dapat mengikuti pelatihan ini maka Anda dapat melakukan pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

Apabila masih kesulitan dalam mendaftar dan membutuhkan informasi yang lain, maka Anda dapat menghubungi kontak Admin dibawah ini :

Eka (088225471197)

Daftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id untuk Mendapatkan Seminar atau Diklat Gratis!

Penulis : Eka Susiyanti

Share :

Baca Juga

News

Kategori Guru yang Dapat Tunjangan Insentif dari Kemdikbudristek, Cek Apakah Anda Termasuk?
Pengangkatan Guru Honorer 2023

News

Tenaga Honorer Bisa Diangkat Jadi ASN Semua, Jika Negara Sanggup Lakukan Hal Ini!
pembelajaran di masa pandemi covid 19

News

Wajib Paham! Strategi Pembelajaran dan Organisasi Kurikulum Operasional

News

Informasi Pendaftaran Calon Fasilitator Program PGP Angkatan 13

News

Pemda Yogyakarta Minta KemenpanRB Agar Honorer Jadi PPPK
menjadi pribadi menyenangkan di tempat kerja

News

6 Cara Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Berdasarkan Perbedaan Kepribadiannya

News

Berikut Peraturan Tunjangan Profesi Guru Terbaru
program sekolah penggerak

News

Cara Download Template Presentasi SlidesGo