Home / News

Minggu, 14 November 2021 - 00:50 WIB

Cara Membuat Soal AKM di Google Form

 

Membuat soal AKM – Setiap tahunnya, sekolah-sekolah akan mengikuti agenda AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum. Yang mana, AKM ini menuntut setiap guru untuk benar-benar melek teknologi, apalagi mengingat saat ini kita telah memasuki era digital. 

Karena bagaimanapun, penguasaan terhadap berbagai aplikasi memang cukup dibutuhkan dalam pembelajaran. Hal tersebut karena akan mendukung proses pembelajaran di kelas.  Khususnya ketika akan membuat soal dalam bentuk AKM. 

Dalam membuat soal AKM cukup beragam jenisnya. Mulai dari isian yang singkat, kemudian pilihan ganda yang kompleks, menjodohkan, uraian, hingga benar salah.  

Dengan demikian, guru-guru masa kini memang harus belajar bagaimana cara membuat soal AKM di sebuah program.  Untuk itu, pada artikel ini, kita akan mencoba membahas bagaimana cara membuat soal AKM. Adapun aplikasi yang akan kita gunakan adalah Google Form.

Membuat Soal AKM di Google Form

Untuk saat ini, siapa yang tidak kenal dengan Google Form? Tampaknya, sudah nyaris semua guru dan peserta didik kenal  dengan salah satu layanan Google tersebut. Karena memang Google Form menjadi salah satu media yang cukup ramai digunakan semenjak masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Cara Membuat Pesensi Online di Google Form dengan Mudah

Bahkan, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Google Form menjadi situs nomor satu yang paling sering digunakan oleh para tenaga pendidikan dalam membuat soal online. Dengan kepopuleran tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Google Form ketika akan membuat soal AKM. 

Proses pembuatan soal AKM menggunakan Google Form terbilang cukup mudah. Berikut adalah cara membuatnya yang bisa Anda coba. Anda bisa menyesuaikan model soal sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Soal Pilihan Ganda

Cara membuat soal AKM di Google Form yang pertama adalah untuk soal pilihan ganda. Sebagaimana kita tahu, bahwa pilihan ganda merupakan salah satu jenis atau model soal yang paling sering digunakan. Cara membuatnya juga tergolong paling mudah dibandingkan dengan model yang lain. Dalam membuatnya, pastikan dahulu bahwa Anda telah memilih model kuis. Nah, pada bagian jenis kuisnya, pilih pada pilihan ganda.

Membuat Soal Pilihan Ganda Kompleks

Selain ada soal pilihan ganda biasa, ada juga soal pilihan ganda kompleks dalam pembuatan soal AKM. Anda dapat memilih model kuis, kemudian pilih  saja ‘kotak centang’.

Baca Juga:  3 Film tentang Pendidikan Terbaik untuk Memotivasi Peserta Didik

Membuat Soal Benar- Salah

Model soal yang harus ada pada soal AKM adalah benar salah.  Cara membuat model satu ini memang terbilang lebih sulit. Dan masih jarang para guru menggunakannya. 

Ketika akan membuatnya, pastikan bahwa Anda sudah memilih model kuis, tujuannya supaya bisa membuat kunci jawaban. Kemudian, di bagian jenis kuis, pilih saja ‘peta kotak centang’. 

Membuat Soal Isian Paragraf

Untuk membuat yang paragraph bagaimana?  Seperti sebelumnya, pastikan dahulu Anda sudah menggunakan model kuis, kemudian pilih ‘paragraf’.  

Nah, demikian tadi cara membuat soal AKM di Google Form yang bisa Anda coba. 

Apakah Anda masih belum bisa memanfaatkan Google Form dalam membuat berbagai jenis soal dan untuk berbagai kebutuhan? Berikut ini adalah solusinya!

Ikuti Diklat “Membuat Pembelajaran dan Evaluasi Menarik dengan Google Form” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Manfaat Website Dalam Pembelajaran
whatsapp untuk pembelajaran

News

Optimasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran

News

Download Gratis Disini! Buku 5 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru

News

Guru Wajib Download !! Pedoman Buku 4 dan 5 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Angka Kredit Untuk Kenaikan Pangkat Guru
penggunaan excel untuk mengolah nilai siswa

News

Menumbuhkan Growth Mindset Siswa, Menghindari Learning Loss

News

Langkah Mudah Menyusun Bahan Ajar untuk Kenaikan Pangkat

News

4 Hal yang Berpotensi Menghambat Kenaikan Pangkat Guru PNS

News

Download Materi Seminar “Model-model Pembelajaran yang Mendukung Kurikulum Prototipe”