Home / Advertorial / News

Sabtu, 4 Desember 2021 - 01:41 WIB

Cara Membuat Soal Online di Google Form Hanya dengan Ponsel

Membuat soal online – Di tengah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat, kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Salah satunya adalah ketika ingin membuat soal di Google Form secara online. Bahkan kita bisa melakukan hal tersebut hanya dengan modal ponsel. 

Dengan Google Form, Anda bisa membuat soal online dengan berbagai tipe soal dengan mudah. Dan menariknya, proses penggunaan dan pembuatannya tidak meski menggunakan perangkat laptop atau PC. Karena untuk mengaksesnya bisa menggunakan ponsel atau HP.

Google Form sendiri adalah layanan Google yang memungkinkan untuk digunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Misalnya untuk melakukan survei secara online dan tentu saja bisa digunakan untuk membuat soal online. 

Untuk saat ini, Google sudah menyediakan banyak sekali template yang menarik. Sehingga akan mempermudah dan memperindah hasilnya.

Nah, setelah mengetahui sekilas terkait manfaat Google Form ini, maka sekarang adalah waktunya tahu bagaimana cara menggunakannya. 

Baca Juga:  Diklat 35JP : Digitalisasi Tepat Sasaran Pada Pembelajaran Tatap Muka

Layanan Google Form ini menawarkan tampilan yang sederhana. Sehingga mudah diakses oleh siapapun. 

Untuk membuat soal  online di HP, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi perambanan atau pencarian. Bebas menggunakan yang mana. Baik itu aplikasi browser Safari, Chrome, atau yang lainnya.
  2. Kemudian, tinggal ketik saja alamat berikut ini:  forms.google.com.
  3. Dengan demikian, Anda akan berada di sebuah halaman. 
  4. Sekarang, tinggal ganti saja tulisan ‘untitled form’ sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Misal, dengan menuliskan ‘Ujian Akhir Semester’ atau yang lainya.
  5. Lalu, ketuk bagian baris untitled questions. Di bagian ini, Anda bisa memasukkan teks. Jika digunakan untuk membuat soal online, isi saja dengan pertanyaan yang akan diajukan kepada para siswa.
  6. Berikutnya, Anda dapat menambahkan video maupun foto. Caranya adalah dengan mengklik ikon yang gambarnya adalah sebuah foto. Letaknya ada di sebelah kanan Anda atau kanan layar.
  7. Jika sudah selesai memasukkan soal apa saja yang akan diujikan, maka sekarang tinggal pilih jenis atau model jawaban. Untuk yang pertanyaan ganda, maka pilih yang multiple choice, kemudian, untuk menjawab pertanyaan tapi singkat tinggal pilih aja yang short answer, da ketika sedang ada jawaban yang agak panjang nantinya, maka gunakan yang menu paragraph.
  8. Jika seluruh soal harus dijawab oleh peserta didik, maka Anda meski mengaktifkan ‘required’-nya terlebih dahulu.  Letaknya ada pada bagian bawah sebelah kanan. 
  9. Pada bagian tab responses, Anda dapat menyimpan responnya dari form.
  10. Sementara untuk yang  create a new  spreadsheet jika akan menambahkan spreadsheet baru untuk menyimpannya pada Google Drive. Atau, bisa juga dengan memilih select existing spreadsheet. Terakhir tinggal share saja linknya ke berbagai media agar bisa diakses oleh siswa.
Baca Juga:  Panduan dan Cara Membuat Makalah Best Practice

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Segera Catat! Inilah Tanggal Penting Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 2022

News

Penting Diketahui Guru! Teknik Penulisan Catatan Kaki Dengan Benar

News

Contoh Simposium di Bidang Pendidikan dan Langkah Pelaksanaannya

Advertorial

Download Materi  Pertemuan Ketiga Diklat Gratis 90JP “Menjadi Guru Kratif dengan Media Digital”

News

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring

News

Metode Pembelajaran yang Wajid Dipahami di Era Kurikulum Merdeka
http://bit.ly/Daftar-Member-Semester

News

Wajib Tahu, Begini Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Konstruktif!

News

Memahami Praktik Pembelajaran di Kurikulum Merdeka!