Cara Implementasi Platform Merdeka Mengajar yang Mudah sebagai Pendukung Pembelajaran

- Editor

Jumat, 27 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Implementasi Platform Merdeka Mengajar – Platform Merdeka Mengajar merupakan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendukung satuan pendidikan dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru dan tenaga pendidikan.

Platform ini dapat digunakan oleh guru di seluruh satuan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang memiliki Akun Pembelajaran yang sudah aktif.

Merdeka Mengajar sebagai suatu platform, dirancang untuk membantu guru meningkatkan kompetensi dan melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka.

Namun, materi yang tersedia dalam platform tetap relevan untuk digunakan oleh guru yang menggunakan kurikulum lainnya.

Platfom Merdeka Mengajar ini adalah platform untuk guru yang akan berkembang menjadi suatu platform yang bukan hanya materi dan konten kementerian, tapi benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru.

Dalam hal ini Mendikbudristek menyatakan bahwa platform Merdeka Mengajar akan menjadi teman guru dalam mengajar. Platform ini juga akan membantu guru dalam berinovasi menciptakan pembelajaran sesuai dengan tantangan zaman yang ada.

Peluncuran platform merdeka mengajar ini selain untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan, tetapi juga dapat digunakan oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang belum menjadi sekolah penggerak.

Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu:

  1. Mengakses menggunakan browser dengan masuk ke laman https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Mengakses menggunakan android dapat dengan menginstal aplikasi Merdeka Mengajar pada playstore

Untuk mengakses seluruh layanan pada platform merdeka mengajar, maka kita akan diarahkan untuk login menggunakan akun belajar.

Bagi Anda yang akan memanfaatkan seluruh layanan pada platform merdeka mengajar maka dapatkan akun belajar dengan mengakses belajar.id atau menghubungi operator dapodik di sekolah masing-masing dan lakukan aktivasi terhadap akun yang diberikan.

Platform merdeka belajar juga bisa digunakan login dengan madrasah.kemenag.go.id untuk akun madrasah dibawah Kemenag.

Layanan Platform Merdeka Belajar

Untuk melakukan implementasi Platform Merdeka Mengajar, perlu diketahui bahwa terdiri dari 4 (empat) layanan dengan tujuan dan manfaat penggunaannya  adalah sebagai berikut:

1. Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, Guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan domain dan fase dimana Guru mengajar.

Selanjutnya, guru dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk:

  • mengunduh perangkat ajar ke ponsel atau gawai lainnya masing-masing;
  • membagikan tautan Perangkat Ajar melalui WhatsApp, surat elektronik (email), atau kanal lainnya;
  • memberikan umpan balik jika Guru merasa terbantu dengan suatu perangkat ajar;
  • mengetahui tingkat rekomendasi suatu Perangkat Ajar, dengan melihat berapa kali suatu Perangkat Ajar disukai dan diunduh oleh guru lain; dan
  • menandai modul ajar/Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP+) pilihan, agar bisa mengaksesnya kembali dengan mudah di platform Merdeka Mengajar.

Pengguna yang akan membuka layanan perangkat ajar tinggal klik lihat pilihan perangkat dan login menggunakan akun belajar. Kemudian silahkan Anda memfilter mata pelajaran dan fase sesuai dengan kelas yang diampu.

Dengan klik “Terapkan” pada mata pelajaran dan fase yang dipilih maka akan muncul pilihan bahan ajar yang bisa digunakan.

Anda bisa menggunakannya dengan mendownload terlebih dahulu semua bahan ajar yang tersedia untuk digunakan dalam pembelajaran.

Layanan ini pastinya akan bermanfaat bagi Anda untuk menambah koleksi bahan ajar untuk peningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Asesmen Murid dan Laman Kelas

Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Laman Kelas berisi daftar murid berdasarkan kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen murid.

Melalui produk Asesmen Murid, Guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan. Dengan demikian diharapkan tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid.

Asesmen murid yang tersedia saat ini adalah literasi dan numerasi. Guru dapat mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline).

Untuk asesmen murid, setelah klik lihat pilihan asesmen maka kita diarahkan untuk login dan Kamudian Anda login menggunakan akun belajar.

Setelah login, dengan akun belajar maka akan terbuka layanan untuk asesmen murid ada pilihan fase (ada informasi rentang kelasnya) serta ada pilihan asesmen literasi dan numerasi.

Kemudian untuk laman kelas, Anda tinggal pilih Fase (Fase A sampai Fase F) sesuai kelas yang diampu, dan dipilih akan asesmen numerasi dan literasi lalu pilih terapkan.

Maka akan tampil pilihan materi yang tersedia. Soal yang tersedia bisa langsung dimanfaatkan untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi yang dipilih.

Jika pengguna klik “Gunakan Asesmen Ini” maka akan tampil pilihan cara menggunakan jika mau digunakan secara online, maka klik online.

Akan tampil halaman untuk membuat kelas lalu buat nama kelas dan simpan, maka akan tampil tautan soal yang bisa diberikan kepada siswa. Jika pengguna klik offline, maka selanjutnya akan tampil halaman untuk download soal dan silahkan dicetak.

Setelah siswa mendapat link soal dan mengerjakan secara online maka hasilnya akan muncul secara otomatis pada assesmen pengguna. Guru bisa langsung memeriksa dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia.

3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pembelajaran untuk digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik.

Untuk layanan Pelatihan Mandiri, Anda akan mendapatkan pilihan berbagai tawaran modul yang bisa dipelajari untuk pengembangan diri secara mandiri.

Misalnya saat pengguna memilih modul Merdeka Mengajar. Ada pilihan 5 Modul pada modul pelatihan merdeka belajar.

Anda bisa mempelajari modul-modul tersebut, dengan tampilan materi berbentuk video dan tersedia soal untuk mengetahui pemahaman pengguna setelah belajar mandiri.

Materi pembelajaran dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan, untuk mempermudah guru melakukan pelatihan mandiri di manapun dan kapanpun.

Melalui Video Inspirasi, Guru dapat menonton berbagai video singkat yang dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kompetensi Guru baik dalam aspek profesional maupun personal.

4. Bukti Karya Saya

Bukti Karya Saya merupakan wadah dokumentasi karya bagi Guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk:

Menyimpan dan mengelola rekam jejak dalam melaksanakan tugas utama, sebagai penunjang dalam pengembangan diri dan karier; dan

Berbagi karya dengan rekan sejawat untuk mendapat umpan balik, agar dapat saling belajar praktik baik, serta bertukar ide atau pikiran.

Pada layanan bukti karya saya pengguna bisa berkontribusi untuk berkontribusi dengan memberikan karya terbaiknya. Karya yang dimaksud bisa dalam bentuk proses pembelajaran, pengembangan profesi maupun prestasi yang dicapai.

Silahkan Anda klik pada bagian “Tambah Karya”, maka ada pilihan. Silahkan Anda ikuti tahapan berikutnya untuk mengirim video.

Dengan berbagai layanan yang diberikan pada Platform Merdeka Mengajar, kemudian guru memanfaatkannya, maka guru dapat meningkatkan kapasitas saat praktek mengajar dengan menggunakan berbagai perangkat bahan ajar serta asesmen untuk mengukur kemampuan siswa.

Dengan mengakses pelatihan mandiri, maka guru memiliki kesempatan untuk belajar meningkatkan kompetensi diri dengan mempelajari berbagai materi pelatihan yang tersedia.

Begitu juga dengan mengakses bukti karya saya, maka guru diberi kesempatan yang luas untuk berkontribusi membagi karyanya untuk bisa diakses pengguna yang lain dan bisa menjadi inspirasi bagi yang lain.

Implementasi Platform Merdeka Mengajar ini diharapkan mampu memberikan kemajuan bagi pengembangan profesi dan karir guru. Selain itu, adanya Platform ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbagai layanan yang telah disediakan. (mfs)

Dapatkan promo PAKET PELATIHAN MERDEKA BELAJAR!!

Bundling 2 Judul Pelatihan 32JP bulan Juni hanya dengan Rp. 104.000 dengan menggunakan kode kupon “MERDEKA”. Semua peserta mendapat sertifikat 32 JP. Promo ini hanya berlaku pada tanggal 28, 29, 30 & 31 Mei 2022. Ayo daftar sekarang juga!

Klik di sini untuk mendaftar

Gabung grup Telegram Guru Cerdas Era Digital untuk mendapatkan informasi terkait dengan Diklat, Webinar/Seminar, Pelatihan, Workshop, Bimtek, Lokakarya, dan informasi terbaru di bidang pendidikan.
Bergabung Sekarang!

 

Berita Terkait

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Berita ini 249 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 10:01 WIB

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Berita Terbaru