Home / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri

Minggu, 3 Oktober 2021 - 11:49 WIB

Belajar Microsoft Excel untuk Pengelolaan Nilai Siswa secara Praktis

Penilaian harian, tugas, ujian, praktik, atau yang lainnya merupakan salah satu hal yang cukup rumit bagi seorang guru. Pasalnya, ada banyak hal yang meski dilakukan dan diperhatikan, apalagi jika proses penilaian yang Anda lakukan masih menggunakan cara yang manual. 

Tidak bisa dipungkiri, masih lumayan banyak para guru yang menjumlahkan nilai, kemudian membuat pembagian, perkalian, persentase secara manual, atau bahkan ada juga yang masih menentukan rangking secara manual. Selain itu, pembuatan predikat juga masih dilakukan degan manual, sehingga kadang-kadang mengalami kesalahan teknis karena kekeliruan. Misal, seharusnya predikatnya A malah menjadi B. 

Adapun kesalahan lain, misalnya print nilai atau print apapun yang suka terpotong. Di mana, hal-hal tersebut memang tergolong cukup sederhana, namun tetap saja menjengkelkan jika hal tersebut terjadi. Bahkan, akan membuat proses penilaian memakan waktu yang sangat lama. 

Sehingga hal tersebut tak  jarang membuat beberapa guru membuat nilai hanya sekedar nilai; tidak ada proses pengolahan nilai sebagaimana seharusnya, yang sesuai dengan kurikulum. Dan jalan pintas yang kerap dilakukan adalah dengan main tembak nilai. Padahal sebenarnya, salah satu tugas seorang guru adalah melakukan penilaian secara objektif, serius, penuh pertimbangan, dan sungguh-sungguh, bukan hanya sekedar tembak nilai.

Baca Juga:  Unduh Materi Hari ketiga Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif

Nah, jika Anda mengalami permasalahan tersebut merasa bahwa proses penilaian tergolong rumit karena masih menggunakan cara manual, banyak waktu yang terbuang hanya untuk mengolah nilai, maka ada baiknya jika anda mempelajari bagaimana caranya mengolah nilai secara praktis. 

Dan untuk saat ini, sudah banyak sekali tutorial-tutorial yang bisa Anda ikuti. Selain itu, Anda bisa juga mencari informasi seputar ebook ataupun modul yang menawarkan materi pembuatan nilai secara otomatis. 

Adapun salah satu ebook pengolahan nilai yang bisa anda gunakan adalah produk dari GuruJuara.com Yang mana, produk dari GuruJuara.com tersebut menawarkan berbagai macam keuntungan ataupun keunggulan. Seperti proses pengolahan nilai menjadi lebih praktis, mudah, dan cepat. 

Baca Juga:  Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Excel

Selain itu, produk ini juga memungkinkan Anda untuk sekali membuat penilaian tapi bisa digunakan secara terus-menerus ke depan. Keunggulan lainnya ialah mampu membuat formulir pengolahan nilai siswa, bisa print header secara otomatis, mampu menjumlahkan pengurangan perkalian pembagian otomatis, membuat predikat otomatis, membuat ranking otomatis, membuat hyperlink nilai seperti aplikasi, dan masih banyak yang lainnya. 

Meskipun hadir dengan berbagai keunggulan, produk satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga sangat pas untuk para guru. 

Produk ini menggunakan aplikasi Ms. Excel. Jadi, dijamin mudah digunakan. Karena Anda tentu sudah tidak asing dengan aplikasi tersebut, bukan? Jika Anda mengalami kesulitan Anda akan mendapatkan arahan, mengenai penggunaannya, pembuatan, dan lain sebagainya. 

Dapatkan e-course “Mengolah nilai Siswa secara Otomatis menggunakan Microsoft Excel” melalui LINK INI atau klik pada poster di bawah ini: 

Share :

Baca Juga

News

Makna dan Implikasi Merdeka Belajar yang Wajib Guru Tahu!
https://naikpangkat.com/100-gratis-dikla…urikulum-merdeka/

Pelatihan Guru

Diklat Gratis Bersertifikat 40JP “Menyongsong Kebijakan Kurikulum Baru”

Pelatihan Guru

Workshop: Trik Penulisan Karya Ilmiah Anti Plagiat

Pelatihan Guru

Pelatihan Gratis 40 JP untuk Guru: “Peningkatan Kompetensi dan Personal Branding Guru”
akm

Pelatihan Guru

4 Hal yang Sering Ditanyakan terkait AKM 2021

Pelatihan Guru

Download Materi Seminar Nasional Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Cerdas Mengatasi Learning Loss

Advertorial

Dikat Bersertifikat 35 JP : Penyusunan Modul Project Kurikulum Merdeka
https://naikpangkat.com/mengenal-fitur-fitur-aplikasi-canva/

Pelatihan Guru

Jangan Lewatkan! Diklat 64JP “Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022”