- Menghitung Kelipatan 4
Pada permainan ini, siswa kembali berkumpul menjadi satu membentuk sebuah lingkaran kemudian mereka berhitung berurutan mulai dari nomor satu dan seterusnya. Bedanya, jika mereka sampai pada angka 4 dan kelipatannya, mereka tidak boleh mengucapkan angka tersebut melainkan menggantinya dengan kata “boom”.
Dalam hal ini, siswa yang mendapatkan angka 4, 8, 12, 16, 20, dan kelipatan empat lainnya harus mengucapkan “boom”. Jika mereka salah mengucapkan angka maka mereka akan mendapatkan hukuman ringan. Jadi siswa harus benar-benar konsentrasi untuk menghitung kelipatan angka 4 dan meperkirakan apakah mereka yang akan mendapatkan giliran pada angka tersebut. Permainan ini dapat melatih konsentrasi dan berpikir cepat pada anak. Kelipatan 4 pun bisa diganti dengan kelipatan 3, 5 dan lainnya.
- Menceritakan Pagi, Siang dan Malam
Selain membantu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, permainan ini juga dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Dalam permainan ini, guru akan bercerita dimana di dalamnya terdapat kata pagi, siang dan malam. Setiap guru mengucapkan kata malam, siswa akan memejamkan mata. Jika mengucapkan kata pagi, maka siswas akan bertepuk tangan tiga kali dan apabila mengucapkan kata siang maka siswa harus bertepuk tangan satu kali.
Oleh karena itu, siswa harus benar-benar fokus mendengarkan apa yang guru ucapkan agar mereka tidak salah dalam melakukan gerakan. Konsentrasi tinggi serta daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan dalam permainan ini.
- Menyambung Cerita
Dalam permainan sambung cerita, pikiram imajinatif siswa akan terlatih. Dalam permainan ini, siswa akan saling menyambungkan cerita membentuk sebuah cerita yang logis. Kolaborasi yang kompak sangat dibutuhkan dalam permainan ini karena siswa akan bekerjasama dalam satu kelompok untuk membangun sebuah cerita.
Cerita dimulai dari siwa pertama yang diberikan sebuah gambar oleh guru kemudian membuat kalimat pertama berdasarkan gambar tersebut. Siswa selanjutnya akan menyambung cerita pertama dengan membuat kalimat yang logis. Setiap siswa harus membuat satu kalimat dan saling menyambung cerita sesuai giliran.
- Menebak Kata
Salah satu metode permainan di kelas yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah tebak kata. Dalam permainan ini, siswa akan menebak kata berdasarkan dengan penejelasan atau petunjuk dari temannya. Siswa yang bertugas memberikan petunjuk harus mampu menjelaskan ciri-ciri atau karakter benda tanpa menyebut namanya. Benda yang akan ditebak bisa berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari atau guru bisa membuat tema sendiri misalnya nama buah, nama binatang dan sebagainya.
Halaman Selanjutnya
Membarikan jawaban “Tidak” dan “Iya”
Halaman : 1 2 3 Selanjutnya