- Memberikan Jawaban “Tidak” dan “Iya”
Permainan ini hampir mirip dengan tebak kata, hanya saja disini siswa yang menebak lah yang aktif mencari petunjuk dengan memberikan beberapa pertanyaan. Akan tetapi pertanyaan yang diajukan hanya bisa dijawab dengan “iya” atau “tidak”. Dari pertanyaan tersebut, siswa akan berusaha mencari tahu kata yang sedang ditebak.
Misalnya kata yang ditebak adalah “apel”, maka siswa bisa bertanya “apakah bisa dimakan?” apakah rasanya manis” dan sebagainya. Siswa diberikan waktu tertentu untuk menjawab kata tersebut sehingga mereka akan berusaha berpikir cepat menebak kata.
Ada banyak metode permainan di kelas yang bisa digunakan sebagai ice breaking di tengah kejenuhan siswa saat belajar. Guru bisa mencari banyak referensi dan ide untuk bisa selalu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Meskipun hanya sekedar aktivitas sederhana, namun bisa memberikan dampak yang luar biasa terhadap siswa.
Dengan hati yang senang, siswa akan lebih fokus saat belajar. Mereka juga akan lebih semangat dalam mengikuti pelajaran di kelas karena guru selalu memberikan permainan yang menarik. Oleh karena itu, luangkanlah waktu meskipun hanya beberapa menit untuk memberikan jeda serta menyegarkan pikiran dengan kegiatan ice breaking.
Daftarkan diri Anda sebagai peserta e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik link atau pada alamat ; http://online.e-guru.id/aff/40180/2066/checkout
Untuk update informasi terbaru mengenai guru dan pendidikan simak selengkapnya di Naikpangkat.com. Mari bergabung di Grup Telegram “NaikPangkat.Com – Portal Media Online”, cara klik link https://t.me/naikpangkatdotcom kemudian join.
(RAW)