Begini Cara Mudah Menghasilkan Pembelajaran Daring Efektif dengan Google Meet

- Editor

Kamis, 9 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Google Meet merupakan aplikasi atau layanan komunikasi video (teleconference) yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi atau pebisnis sebagai media komunikasi berbantuan video.

Namun, siapa sangka bahwa aplikasi ini juga dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di sekolah. Pada masa transisi seperti ini, tentunya guru dapat memaksimalkan aplikasi ini sebagai media blended learning di sekolah. Google Meet dapat menciptakan pengalaman belajar yang unik untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti membangun pengetahuan dan hasil belajar siswa.

Google Meet melibatkan audio dan aspek visual dimana dosen menyampaikan materi langsung melalui media. Hal ini juga ditunjukkan selama proses belajar dimana siswa dan guru dapat berkomunikasi satu sama lain tentang materi dan bertanya pertanyaan tentang apa yang belum dipahami dan dapat didengar langsung oleh siswa lain sehingga proses membangun pengetahuan siswa lebih tinggi.

Guru harus mempersiapkan dan menganalisis potensi dan kebutuhan pembelajaran jarak jauh. Pendidik harus memetakan ketersediaan komponen pendukung dalam pembelajaran online. Komponen pendukung berupa internet perangkat komunikasi jaringan, seluler, dan komputer untuk mendukung pembelajaran.

Banyak keunggulan dan manfaat yang dimilki oleh aplikasi Google Meet, antara lain adalah sebagai berikut.

Membantu guru menyampaikan materi

Fitur yang digunakan yaitu share screen untuk membagikan materi di layar, white board yang dapat digunakan untuk memperjelas saat guru memberikan penjelasan berupa tulisan, dan kolom chat yang dapat digunakan siswa untuk menuliskan pertanyaan maupun gagasan yang belum dipahami terkait materi yang disampaikan.

Membantu proses evaluasi sikap siswa

Seperti pada saat siswa menyampaikan gagasan, pikiran, pendapat maupun pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian antusias siswa dapat terlihat. Guru juga dapat dengan mudah untuk menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran online berlangsung.

Meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara

Pembelajaran online menggunakan Google Meet dapat dilaksanakan dengan efektif jika dilakukan menggunakan metode yang tepat. Salah satu menfaat dari aplikasi ini adalah dapat mendorong siswa untuk melatih kefokusan dalam menyimak materi yang disajikan.

Penigkatan katerampilan lainnya yang dapat timbul pada siswa adalah siswa dapat berbicara secara langsung dalam menyampaikan pendapat. Siswa juga bisa menggunakan fitur raise hand untuk berbicara. Dalam hal ini, guru dapat melihat dan menilai sejauh mana keterampilan public speaking siswa ketika pembelajaran berlangsung.

Pembelajaran daring lebih interaktif

Selain dapat meingkatkan keterampilan berbicara bagi siswa, guru juga dapat melatih dan mengelola pembelajaran agar lebih efektif. Dalam hal ini, guru dapat memberikan kesempatan berbicara kepada siswa atau menampilkan video atau gambar melalui fitur share screen kemudian siswa diminta untuk berkomentar.

Kemudahan melakukan controlling bagi guru

Selain bertanggung jawab dalam menyampaikan materi, guru juga bisa berperan sebagai moderator pada setiap sesi belajar daring. Selama pembelajaran berlangsung, guru sebagai moderator bisa melakukan mute, pin atau mengeluarkan peserta.

Untuk meminimalisir adanya distraksi, guru juga dapat menonaktifkan fitur chatt serta melakukan block terhadap peserta yang muncul di kelas tanpa memiliki hak. Tidak hanya itu, guru juga memiliki kontrol dalam menentukan peserta mana yang harus melakukan knock terlebih dahulu untuk bergabung di kelas online.

Kapasitas pada ukuran aplikasi yang minim

Dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran, tentunya tidak semua peserta atau siswa memiliki gadget yang mumpuni. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah minim kapasitas ram yang diperlukan, yaitu hanya berkisar 22 MB.

Jadi, guru tidak perlu khawatir terjadi minim peserta yang dapat bergabung pada pembelajaran online melalui Google Meet. Guru terlebih dahulu bisa memberikan informasi terkait hal-hal yang penting pada aplikasi ini sebelum menggunakannya untuk kegiatan belajar online.

Penelitan yang dilakukan oleh Setyawan (et. al. 2020) menunjukan bahwa pembelajaran online menggunakan bantuan media google bertemu grup lebih efektif dari pada grup Whatsapp dan Kelompok schoology dalam hal membangun pengetahuan.

Peningkatan hasil belajar yang lebih efektif menggunakan media bantuan Google Meet daripada Whatsapp grup karena dalam proses pembelajaran penyampaian informasi dapat dilakukan lebih optimal.

Penyampaian audio dan visual bersama-sama dapat diamati dan didengarkan oleh siswa sehingga agar mereka dapat bekerja secara optimal. Komunikasi melalui Google Meet memudahkan pendidik untuk mengamati dan mengontrol berbagai kegiatan siswa dalam proses membangun pengetahuan dan hasil belajar.

Ingin lebih memperdalam media pembelajaran apa saja yang cocok untuk Anak didik saat ini dengan berbagai aplikasi yang disediakan oleh Google?

Yuk bergabung di “Seminar Nasioal Implementasi Model Pembelajaran dengan Aplikasi Google Terintegrasi”. Seminar ini GRATIS khusus untuk Anda. Tunggu apa lagi? Yuk segera mendaftar sebelum kuota penuh!

Klik disini untuk mendaftar

Klik disini untuk mengunduh undangan seminar

Untuk informasi lebih lanjut terkait seminar, silakan Klik disini

Berita Terkait

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024
2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru
Pertama Kali Terjadi, Cek Info GTK Ada Kabar Bahagia Untuk Guru Sertifikasi
Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:18 WIB

2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB