Begini Cara Menjadi Guru PAUD Profesional!

- Editor

Jumat, 31 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru adalah seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengembang kurikulum yang dapat menciptakan kondisi dan suasana belajar yang kondusif. Tidak terkecuali bagi guru PAUD dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Dalam hal ini yaitu suasana belajar menyenangkan, menarik, memberi rasa aman, memberikan ruang pada siswa untuk berpikir aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengeksplorasi dan mengelaborasi kemampuannya. 

Guru Profesional

Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas. Untuk dapat menjadi guru profesional, mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru yang profesional.

Jika melihat kondisi pendidikan saat ini, tentunya merupakan indikasi perlunya keberadaan guru yang profesional. Untuk itu guru diharapkan tidak hanya sebatas menjalankan profesinya, tetapi guru harus memiliki interest yang kuat untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan kaidah-kaidah profesionalisme guru yang dipersyaratkan.

Guru PAUD di Era Modern

Guru dalam era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini bukan hanya sekadar mengajar (transfer of knowledge) melainkan harus menjadi manajer belajar. Hal tersebut mengandung arti, setiap guru diharpkan mampu menciptakan kondisi belajar yang menantang kreativitas dan aktivitas siswa, memotivasi siswa, menggunakan multimedia, multimetode, dan multisumber agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Terlebih untuk guru PAUD yang menjadi guru pertama ketika anak belajar di pendidikan formal. Karena berbeda ketika anak belajar di sekolah dengan di rumah. Walaupun sudah diatur sedemikian rupa keadaan kelas untuk dapat sama seperti rumah.

Ketika guru memiliki kemampuan profesional, maka untuk mengajarkan anak-anak akan lebih mudah. Karena sudah memiliki kemampuan yang dapat digunakan untuk menganalisis kemampuan anak-anak sesuai dengan standar.

Selain untuk menganalisis, maka untuk memperlakukan anak akan sesuai dengan standar yang telah diajarkan. Baik dalam pelatihan maupun saat masih pendidikan. Ketika guru sudah memiliki kemapuan-kemampuan dasar untuk memberikan pelayanan kepada anak, maka anak akan nyaman dan mudah diatur untuk dibentuk karakter yang baik.

Kompetensi Profesional Guru PAUD

Untuk menjadi guru PAUD profesional, maka harus menguasai kompetensi-kompetensi sebagai guru. Apa saja komptensi yang harus dimiliki oleh guru PAUD? Simak ulasan berikut.

Kompetensi profesional guru kelas PAUD 

  1. Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini
  2. Merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini
  3. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan Tindakan reflektif

Kompetensi Professional guru pendamping PAUD

  1. Memahami tahapan perkembangan anak
  2. Mampemahami pertumbuhan dan perkembangan anak
  3. Memahami pemberian rangsangan Pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
  4. Membangun kerja sama dengan orang tua dalam Pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak
  5. Berkomunikasi secara efektif

            Capaian-capaian yang harus dipunyai oleh pendidik PAUD dalam kompetensi profesional yang telah disebutkan diatas harus dapat dilaksanakan secara baik. Hal-hal yang sudah disebutkan diatas adalah yang diperlukan oleh pendidik dalam memberikan pengajaran dan pendidikan di sekolah untuk anak. Mengingat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan yang anak usia dini perlukan.

Namun, itu semua hanya standar umum yang pemerintah berikan. Sehingga ketika ada keterbutuhan khusus di suatu lembaga dan mengkhususkan pendidik untuk memiliki kompetensi profesional, maka sebaiknya harus diterapkan juga bersamaan dengan indikator kompetensi yang secara umum tersebut.

Cara Mencapai Kompetensi Guru PAUD

Untuk mencapai kompetensi seorang guru PAUD, dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Upaya-upaya tersebut diantaranya adalah:

1. Menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi

Sesuai dengan kualifikasi akademik berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen. Didalamnya agar guru mendapatkan kompetensi profesional harus melalui pendidikan profesi dan guru juga dituntut untuk meiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-4.

Dengan melihat saat ini sudah mempersiapka era 5.0 yang lebih lagi dari era digital, yaitu era society. Maka dari itu guru harus mempersiapkan dari latar belakang pendidikannya. Agar dalam mengajar dapat menyesuaikan persiapan untuk anak-anak.

Guru juga dapat diikutsertakan atau mengikuti secara mandiri pelatihan atau seminar yang diadakan oleh dinas atau non dinas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik guru. Terutama dibidang peningkatan kemampuan teknologi di bidang pendidikan anak usia dini.

2. Mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru)

Melalui wadah ini guru akan diarahkan untuk mencari berbagai pengalaman mengenai metodologi pembelajaran dan bahan ajar yang dapat diterapkan di dalam kelas.

Karena pada wadah tersebut ada berbagai kumpulan guru-guru yang bisa berbagai pengalaman di sekolah masing-masing. Sehingga guru-guru yang terhimpun dapat memperkaya informasi-informasi.

3. Gerakan Guru Membaca (G2M)

Guru hendaknya mempunyai kesadaran akan pentingnya membaca untuk menambah dan mengembangkan wawasan dan pengetahuannya. Jangan sampai guru meminta murid-murid untuk membaca namun gurunya sendiri tidak rajin membaca.

Sebagai guru sebaiknya harus lebih banyak tahu dibandaningkan murid-muridnya. Guru dapat memanfaatkan buku-buku atau media masa yang tersedia di perpustakaan, sekolah ataupun toko buku, bisa juga dengan mengakses internet dengan membaca buku elektronik. Diharapkan guru-guru bisa bertambah wawasannya.

4. Menghasilkan karya-karya di bidang pendidikan

Dengan produktif menghasilkan karya, maka secara tidak langsung guru belajar untuk mencari informasi-informasi yang dapat mendukung karya-karyanya.

Seperti menulis artikel pendidikan, media belajar, alat permainan edukatif, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan karya-karya tersebut guru harus mencari informasi agar karyanya valid dan dapat diterapkan.

Perlu Diperhatikan

Guru PAUD profesional dalam konteks pendidikan dan pembelajaran tentunya tidak mudah. Sehingga diperlukan usaha yang maksimal yang harus diupayakan.

Artinya menjadi Guru PAUD yang profesional perlu memahami kompetensi pedagogik yang baik. Mendesain pembelajaran dengan metode, model, strategi yang variatif yang memperhatikan kondisi dan kebutuhan di kelas.

Tingkatkan kualitas dan kompetensi guru dengan bergabung bersama e Guru Id dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!
Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!
Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024
Progres Nasib Pencairan Tambahan 100% 1 Bulan Tunjangan Sertifikasi Guru dalam THR, Update Per 15 April
Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Berita ini 652 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 11:15 WIB

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 10:33 WIB

Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024

Selasa, 16 April 2024 - 11:22 WIB

Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!

Selasa, 16 April 2024 - 10:49 WIB

Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!

Senin, 15 April 2024 - 10:31 WIB

Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024

Minggu, 14 April 2024 - 22:55 WIB

Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 13 April 2024 - 17:33 WIB

Guru Sertifikasi Kemendikbud dan Kemenag Perlu Tahu Terkait Adanya Keharusan Mengembalikan TPG 2024 untuk Guru – Guru Ini!

Berita Terbaru