Informasi untuk Guru, Seleksi Guru PPPK Kemenag Tahun 2023 Butuhkan 49.549 Kuota

- Editor

Minggu, 25 Desember 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru PPPK Kemenag – Seleksi PPPK Kemenag – Rabu, 21 Desember 2022 Kementrian Agama Republik Indonesia telah resmi membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun ini. Pendaftaran seleksi PPPK Kemenag tahun 2022 ini dibuka hingga 6 Januari 2023.

Melansir dari artikel di laman resmi Kementrian Agama “Kementrian Agama telah resmi membuka seleksi PPPK 2022. Untuk masyarakat yang berminat untuk mengikuti dan memenuhi kriteria dihimbau untuk seger mendaftar.” demikian penjelasan Sekjen Kementrian Agama selaku Ketua Panitia Seleksi, Nizar Ali pada Rabu (21/12/2022) kemarin.

Tahun ini Kemenag melakukan seleksi guna menyelesaikan persoalan terkait statu pegawai Non-ASN yang sudah lama mengabdi untuk Kementrian Agama.

Kementrian agama menentukan juga kriteria pelamar dalam seleksi PPPK 2022 ini. Kriteria pertama adalah pelamar yang terdaftar di pangkalan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) mereka masuk kategori pelamar Eks THK II atau mantan pelamar Tenaga Honorer Kategori II.

Kategori yang kedua adalah mereka yang merupakan pegawai non-ASN pada Kementrian Agama. Pegawai tersebut dihitung berdasarkan masa aktif atau lama pengabdiannya kepada kementrian agama.

Perhitungan lama mengabdi dihitung dari mulai bekerja hingga masa periode pendaftaran PPPK Kementrian Agama tahun 2022 ini. Mereka yang masuk sebagai pelamar kategori dua harus memiliki kompetensi yang relevan dengan posisi atau formasi jabatan fungsional yang dilamar. Hal ini merupakan amanat dari peraturan perundangan yang berlaku.

Pelamar yang masuk katgori ketiga adalah mereka yang mendaftar namun tidak terkategorikan baik pelamar satu maupun dua. Pelamar kategori tiga wajib mempunyai kompetensi yang relvan dengan posisi formasi yang dilamar.

Keseluruhan pelamar baik kategori satu hingga tiga haru merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 20 tahun dengan usia maksimal pendaftar adalah batas usia pensiun pada jabatan.

Mereka yang melamar sebagai pegawai pemerintah kategori PPPK Kemenag ini harus tidak pernah melakukan tindak pidana yang ditetapkan oleh putusan pengadilan. Secara spesifik pelamar tidak boleh mempunyai pengalaman dipenjara selama 2 tahun atau lebih.

Nizar juga mengungkapkan mereka yang ingin menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Kementrian Agama tidak boleh memiliki pengalaman diberhentikan dengan tidak hormat saat menjadi PNS, PPPK atau prajurit TNI maupun anggota Polri.

Bahkan mereka yang pegawai swasta ingin mendaftar juga tidak boleh pernah diberhentikan dengan tidak hormat oleh perusahaannya. Syarat yang selanjutnya pelamar tidak boleh terlibat menjadi politisi atau aktivis partai.

Nurudin berpesan para pelamar untuk melakukan pendaftaran secara online. Persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar PPPK Kemenag dapat diunggah secara online. Untuk mengakses link pendaftaran beserta unggha dokumen, pelamar dapat mengkasesnya deng mengklik tautan ini.

Dalam mengikuti rangkaian seleksi PPPK Kemenag 2022, pelamar hanya diuperbolehkan memilih satu formasi saja.

Masih pada momen yang sama Nurudin juga menyampaikan terkait tahapan-tahapan yang mesti dilalui oleh para pelamar. Pertama nantinya pelamar akan melalui proses seleksi administrasi. Kedua, peserta seleksi akan melalui proses seleksi kompetensi.

Seleksi kedua atau seleksi kompetensi baru akan dilalui oleh peserta saat mereka sudah dipastikan lolos seleksi administrasi.  Adapun jadwal agenda seleksi administrasi akan dilaksankan pada 21 Desember 2022 hingga 11 Januari 2023. Hasil seleksi tahap satu baru diumumkan pada tanggal 12-15 Januari 2023 atau tahun depan.

Seleksi kompetensi bidang yang akan ditempuh oleh para peserta terdiri dari Seleksi Kompetensi CAT BKN. Seleksi ini berbobot sekitar 60%. Kemudian khusu untuk Kemenag terdapat Tes Moderasi Beragama Berbasis CAT Kemenag. Bobot tes Moderasi Beragama sekitar 40%.

Adapun jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi ini akan berlangsung pada bulan maret 2023. Tepatnya pada tanggal 10 Maret hingga 3 April 2023. Pengumuman kelulusan dari hasil seleksi tahap ini yakni pada tanggal 9 hingga 11 April 2023.

Dalam pelaksanaan seleksi Calon PPPK Kementrian Agama, Nurudin mengungkapkan acara tidak dipungut biaya sepeser pun. Kelulusan pelamar ditentukan berdasarkan hasil kemampuan dan seleksi kompetensinya.

Nurudin selaku perwakilan dari Kementrian Agama menghimbau para pelamar seleksi PPPK 2023 untuk tidak percaya jikalau ada yang menawarkan jasa calo.

Memang tak jarang dan marak sekali calo-calo yang menjanjikan kelulusan instan pada seleksi masuk ke instansi pemerintah. Harga yang diminta untuk meloloskan seleksi pun terbilang sangat fantastis. Mak dari itu dihimbau untuk para peserta atau pejuang PPPK tahun ini agar jangan mempercayai jasa calo.

Halaman Selanjutnya

Cara dan Syarat Daftar Guru PPPK

Berita Terkait

Jangan Salah Upload! Ini Persyaratan Administrasi untuk 4 Kategori Pelamar PPPK Guru Tahun 2024
Seleksi PPPK Akan Dibuka Mulai 27 September 2024? Simak Keterangan Selengkapnya!
Menjelang Pencairan TPG Tw 3, Tampilan Info GTK Anda ada Yang Berubah? Ini Penjelasannya
10 Kode Proses Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan  Tahun 2024, Cek Info GTK Anda!
Wajib Simak, Ini Ketentuan dan Tautan Lapor Diri PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3
Resmi Telah Dibuka PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3, Cek Akun SIMPKB Anda Sekarang!
Telah Berlaku Aturan Baru Seragam Dinas ASN bagi PNS Maupun PPPK Tahun 2024
Ini Pelamar Prioritas PPPK Guru 2024 yang Diangkat Tanpa Tes! Cek Nama Anda
Berita ini 75 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 3 Oktober 2024 - 10:38 WIB

Jangan Salah Upload! Ini Persyaratan Administrasi untuk 4 Kategori Pelamar PPPK Guru Tahun 2024

Senin, 23 September 2024 - 11:47 WIB

Seleksi PPPK Akan Dibuka Mulai 27 September 2024? Simak Keterangan Selengkapnya!

Jumat, 20 September 2024 - 11:25 WIB

Menjelang Pencairan TPG Tw 3, Tampilan Info GTK Anda ada Yang Berubah? Ini Penjelasannya

Jumat, 20 September 2024 - 10:37 WIB

10 Kode Proses Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan  Tahun 2024, Cek Info GTK Anda!

Kamis, 19 September 2024 - 11:58 WIB

Wajib Simak, Ini Ketentuan dan Tautan Lapor Diri PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis