Pembentukan Karakter Pada Siswa Milenial

- Editor

Selasa, 29 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Setiap orang memiliki masa untuk mengembangkan diri menjadi lebih berkualitas dalam segala hal khususnya pada pendidikan begitu juga siswa milenial. Di era maju seperti sekarang ini setiap orang mampu mengembangkan diri dengan segala cara. Karena ketersediaan nya berbagai sumber dan informasi penunjang yang dapat memudahkan individu dalam mengembangkan diri yang lebih berkualitas.

Dalam hal ini terbagi menjadi dua individu yang pertama adalah individu yang tidak begitu mudah dalam mengembangkan diri dengan memanfaatkan berbagai sumber dan informasi penunjang di era modern seperti saat ini. Individu yang kedua adalah individu yang mampu memanfaatkan ketersediaan sumber dan informasi penunjang di era modern seperti saat ini. Dalam artikel ini akan membahas mengenai individu yang kedua khususnya dalam proses pendidikan.

Dalam proses pendidikan individu yang dianggap sebagai aspek penting adalah siswa. Pada pelaksanaannya, siswa milenial di era seperti sekarang ini mampu memanfaatkan ketersediaan sumber dan informasi penunjang untuk mendukung aktivitas mereka dalam hal pendidikan seperti menggunakan digital modern. Sehingga siswa pada saat ini disebut juga dengan siswa milenial.

Siswa milenial merupakan siswa yang up-to-date dan cepat dalam beradaptasi menggunakan teknologi modern. Mereka cenderung memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan proses pendidikan. Tidak heran bahwa siswa terkadang lebih unggul dalam hal penggunaan digital modern. Hal terpenting lainnya mengenai proses pendidikan adalah tentang karakter siswa milenial itu sendiri.

Namun pada pelaksanaannya siswa milenial tersebut terkadang memiliki keunggulan dan kekurangan dalam hal karakter. Kemudahan siswa milenial yang di dapat dalam hal penggunaan pemanfaatan teknologi tersebut berpengaruh pada karakter siswa itu sendiri. Sehingga penting untuk dilakukan pembentukan karakter pada siswa milenial di era digital modern seperti saat ini.

Berikut merupakan pembentukan karakter pada siswa milenial, seperti:

1. Berorientasi pada etika dan moral siswa milenial

Yang paling utama dalam pembentukan karakter siswa di era sekarang adalah pembentukan etika dan moral yang berorientasi pada pribadi siswa itu sendiri. Dengan kemajuan teknologi siswa saat ini dapat mengakses segala informasi seperti budaya. Siswa dapat dengan mudah menerima budaya luar yang dapat berpengaruh pada diri mereka.

Selain itu juga terdapat banyak kasus mengenai krisis moral yang ada pada siswa di era seperti ini. Hal itu berpengaruh pada kesantunan yang memprihatinkan seiring dengan masuknya nilai budaya luar. Sehingga diperlukannya pembentukan karakter siswa seperti melakukan aktivitas positif dengan mengikuti kajian rohani maupun ilmiah yang dapat menekankan siswa agar menjadi siswa yang lebih beretika dan bermoral secara lisan, tulisan maupun perilaku. Sehingga melalui pembentukan karakter pada siswa milenial ini diharapkan siswa menjadi lebih bermoral dan beretika dan memajukan bangsa dengan memiliki etika yang baik pada setiap individu nya.

2. Berorientasi pada lingkungan sosial yang menganut nilai Pancasila

Hal ini berkaitan dengan proses pendidikan secara formal maupun nonformal. Dengan adanya lingkungan sosial yang positif dapat membuat siswa memiliki nilai positif seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan dan lingkungan yang lainnya. Siswa dituntut untuk menerapkan nilai Pancasila yang berkaitan dengan norma pada masyarakat. Sehingga diharapkan siswa dapat menghormati nilai Pancasila maupun norma yang ada pada masyarakat.

3. Berorientasi pada rasa percaya diri dan berani

Dalam hal ini siswa diharapkan untuk memiliki rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas yang dapat mengembangkan kualitas diri serta berani dalam membuat keputusan yang lebih matang. Hal ini bertujuan agar siswa tidak takut untuk mengambil resiko dalam segala situasi dan memiliki rasa teguh pendirian. Hal itu dilakukan dengan cara mengamalkan nilai pribadi yang telah disebutkan tersebut.
Hal-hal yang telah disebutkan tersebut diharapkan dapat menjadi tolak ukur mengenai karakter siswa sekarang ini.

Sehingga bangsa ini dapat memiliki individu-individu yang berkualitas secara nilai, moral, etika, integrasi dan sebagainya. Butuh kerjasama agar mewujudkan bangsa yang bermartabat dengan adanya pembentukan karakter siswa milenial ini. Dengan adanya hal ini sangat penting untuk diterapkan agar mendapatkan generasi milenial yang berkualitas dan berintegrasi. Pembentukan karakter ini juga didukung oleh lingkungan yang mendukung seperti masyarakat, orang tua, guru dan sekolah agar terwujudnya tujuan dari pembentukan karakter siswa milenial ini.

Mari bergabung bersama kami menjadi member e-guru.id, dan segera dapatkan manfaatnya. DAFTAR SEKARANG!

-Lan-

Berita Terkait

Ini Nominal Gaji Ke 13 Yang Akan Diterima guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tahun 2024
Kabar Gembira, Pemerintah Siap Gelar Pendataan Honorer yang Belum Masuk Database BKN, Jangan Sampai Terlewat!
Resmi Surat Edaran Pemda, Kabar Pahit Bagi Guru Honorer Belum Masuk Dapodik dan Database BKN
4 Kriteria Guru 100% Dipanggil PPG Dalam Jabatan  2024, Apakah Anda Termasuk?
PPPK Mendapatkan Kabar Gembira Terkait Masa Kontrak, Cek Syarat dan Mekanismenya!
2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024
Ketetapan Presiden Untuk Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi di Juni 2024
Perbedaan PPG Daljab Tahun 2024 dengan 2023, Guru Wajib Tahu!
Berita ini 22 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 29 April 2024 - 11:43 WIB

Ini Nominal Gaji Ke 13 Yang Akan Diterima guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tahun 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:02 WIB

Kabar Gembira, Pemerintah Siap Gelar Pendataan Honorer yang Belum Masuk Database BKN, Jangan Sampai Terlewat!

Sabtu, 27 April 2024 - 11:00 WIB

Resmi Surat Edaran Pemda, Kabar Pahit Bagi Guru Honorer Belum Masuk Dapodik dan Database BKN

Sabtu, 27 April 2024 - 10:13 WIB

4 Kriteria Guru 100% Dipanggil PPG Dalam Jabatan  2024, Apakah Anda Termasuk?

Jumat, 26 April 2024 - 11:35 WIB

PPPK Mendapatkan Kabar Gembira Terkait Masa Kontrak, Cek Syarat dan Mekanismenya!

Jumat, 26 April 2024 - 10:01 WIB

Ketetapan Presiden Untuk Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi di Juni 2024

Kamis, 25 April 2024 - 11:07 WIB

Perbedaan PPG Daljab Tahun 2024 dengan 2023, Guru Wajib Tahu!

Kamis, 25 April 2024 - 10:25 WIB

Menteri Keuangan Bocorkan Jadwal Pencairan Gaji ke 13 untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Berita Terbaru