7 Objek Wisata di Sekitar Danau Laut Tawar yang Wajib Dikunjungi

- Editor

Selasa, 29 Juni 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di dataran tinggi Tanah Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Di sisi barat danau ini terdapat sebuah daerah yaitu kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Laut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).

Panorama hamparan danau yang biru dan pemandangan indah lereng-lereng pegunungan yang mengelilingi Danau Laut Tawar dijamin dapat memanjakan mata apabila Anda  berkunjung kemari. Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata di dataran tinggi Gayo kian menjamur untuk memanjakan para wisatawan.

Perlu diketahui di sekeliling danau Laut Tawar terdapat beberapa objek wisata yang sangat indah dan  menarik untuk dikunjungi baik oleh wisatawan dari daerah setempat maupun wisatawan dari daerah lain. Simak ulasannya berikut ini.

Dermaga Pantai Menye

Pantai Menye merupakan tempat wisata yang terletak di sebelah timur kota Takengon berada di kecamatan Bintang, kabupaten Aceh Tengah. Berbeda dengan pantai lainnya, sebenarnya lokasi wisata ini merupakan pemandangan danau yang sangat luas tepatnya di sebelah danau Laut Tawar.

Kampung Lot Kala

Lot Kala merupakan salah satu kampung yang ada di kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Di lokasi tersebut terdapat bangunan rumah-rumah yang unik dan sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu menjadi objek wisata yang sedang hits di kota Takengon saat ini. Dermaga ini terdapat  di kampung Dedalu, kecamatan Lut Tawar. Tempat tersebut menyajikan pemandangan keindahan hamparan air danau yang biru dan pemandangan indah lereng-lereng pegunungan yang mengelilingi danau Laut Tawar.

Pengunjung bisa berfoto di jembatan hitam yang membentang ke arah danau Laut Tawar ataupun berselfie di bawah payung warna-warni.

Pantan Terong

Pantang Terong merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di kota Takengon yang terletak di kecamatan Kuta Panang, Kabupaten Aceh Tengah.  Dari atas Pantan Terong, Anda bisa melihat pemandangan kota Takengon dan danau Laut Tawar secara keseluruhan dari ketinggian yang dikelilingi hamparan bukit yang indah. Hembusan angin sepoi-sepoi pun bisa dirasakan menambah dinginnya suasana puncak.

Pantan Terong juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti fasilitas ibadah, rumah panggung dan juga beberapa fasilitas tempat duduk untuk sekedar istirahat maupun meminum secangkir kopi.

Tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 15 menit atau sejauh  kurang lebih 8 Km dari Kota Takengon. Selama menuju lokasi, Anda mesti berhati-hati karena banyak terdapat tanjakan yang cukup terjal.

Bur Lancuk Leweng

Indahnya pemandangan Kota Takengon juga dapat dinikmati dari Bur Lancuk Leweng. Lokasinya berada di desa Asir-Asir, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah dengan ketinggian 1.600 Mdpl. Dari atas Bur Lancuk Leweng, Anda dapat menikmati birunya hamparan danau dan juga jejeran bangunan di Kota Takengon.

Pantai Mendale

Indahnya pemandangan danau Laut Tawar  juga dapat dinikmati dari seputaran pantai Mendale. Lokasinya berada di Desa Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah dengan panorama pemandangan indah yang bertuliskan “Danau Lut Tawar”. Dari sepanjang jalan, Anda dapat menikmati birunya hamparan air danau di Kota Takengon.

Bur Telege

Bur Telege yang terletak  di kampung Hakim Bale Bujang kecamatan Lut Tawar adalah salah satu destinasi wisata paling diminati wisatawan di Kabupaten Aceh Tengah. Udara sejuk di sini membuat sejumlah wisatawan pasti akan menikmati objek wisata tersebut.

Untuk menuju ke lokasi tersebut tidak sulit. Setiba di Kota Takengon, lihatlah papan penunjuk arah. Ikuti papan itu dan Anda akan melalui jalanan yang sedikit menanjak. Maklum, Bur Telege berada di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut. Sesampai di objek wisata itu, setiap pengunjung wajib membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Menariknya, pengelola menyediakan sejumlah spot untuk berswafoto. Dari atas ketinggian ini, Kota Takengon, terlihat jelas. Begitu pun seluruh danau Laut Tawar yang tersohor itu. Bagi pengunjung yang membawa anak tak perlu khawatir, pengelola telah menyediakan wahana mainan anak, mulai jembatan kecil, ayunan, dan sejumlah mainan lainnya. Ada juga mushola di sekitar kawasan itu sehingga tak perlu khawatir akan tempat shalat.

Selain itu, spot foto di sini sangat instagramable. Bagi kaum milenial, di sini ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke dataran tinggi Gayo, silakan berkunjung ke Takengon Aceh Tengah yang memiliki panorama indah di sekitar Danau Laut Tawar yang telah disebutkan di atas. Nikmati udara sejuk di ketinggian dan pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona.

Ditulis oleh Irwansyah Batubara, M.Pd, Guru SMA Negeri 8 Takengon Unggul

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 350 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru