Home / News

Rabu, 18 Agustus 2021 - 13:12 WIB

6 Tips Sukses bagi Guru Pemula

Menjadi seorang guru nyatanya memang bukan semudah yang dipikirkan oleh banyak orang. Karena selain mendidik, seorang guru pun diharuskan mampu membimbing, membantu, serta memberi pemahaman kepada siswa.

Seorang guru akan selalu menganggap siswa i seperti anak sendiri, di mana guru harus selalu memberikan lebih untuk membuat siswanya menjadi lebih baik dan terus berkembang nantinya.

Keberhasilan seorang guru nantinya bisa dilihat dari peserta didiknya, apakah dia mampu mendidik sehingga bisa mencapai tujuan atau sesuai dengan apa yang diharapkan.

Lalu bagaimana dengan guru pemula? Apakah juga bisa melakukan tugasnya dengan baik?

Jika Anda adalah seorang guru pemula, maka Anda harus tahu bahwa dalam hal ini ada beberapa strategi juga metode yang bisa digunakan supaya nantinya pembelajaran dapat berjalan dan terpenuhi dan sesuai dengan tujuan. Gunakan tips-tips berikut ini:

1.  Buatlah Persiapan

Tahukah Anda bahwa segala sesuatu yang akan dilakukan harus ada persiapan supaya nantinya bisa berjalan baik juga bisa sesuai dengan apa yang diharapkan, di mana hal ini juga sama dengan mengajar. Seorang guru apalagi yang pemula haruslah melakukan banyak persiapan tersebut.

Baca Juga:  Media Pembelajaran Online WhatsApp vs Telegram, Mana yang Lebih Bagus?

2. Perbanyak Referensi

Nyatanya bukan hanya peserta didik yang harus belajar, tetapi seorang guru pun dituntut harus banyak belajar. Apalagi Anda yang masih pemula. Itulah mengapa seorang guru harus bisa memperluas wawasan dan memperbanyak referensi.

3.  Menyesuaikan Metode Pembelajaran

Tahukah Anda bahwa seorang guru pun harus mampu menerapkan sebuah cara yang sesuai dengan keadaan kelas. Terdapat berbagai macam jenis karakter siswa yang sering sekali bisa membuat guru kesulitan dalam mengajar. Oleh sebab itu model pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakter siswa.

4.  Datanglah Tepat Waktu

Walaupun sebenarnya ada pertauran yang sudah ditetapkan oleh sekolah, akan tetapi faktanya masih saja ada banyak guru yang datang terlambat sehingga proses belajar mengajarpun akhirnya terlambat.

Itulah mengapa, Anda sebagai pemula haruslah mengusahakan untuk datang tepat waktu dan menjadikan ini sebagai kebiasaan, supaya siswa tidak terlambat menerima materi. Kedisiplinan seperti ini juga bisa menjadi teladan yang baik bagi para siswa.

Baca Juga:  Sekolah Bersama Anak-Anak Spesial

5.  Berpikir Positif dan Optimis

Tahukah Anda bahwa dalam mengajar seorang guru pun haruslah bisa berpikir positif. Dan Anda yang seorang pemula dalam mengajar perlu memiliki pola pikir seperti itu.

Yakinlah bahwa Anda bisa dan mampu menyampaikan materi dengan baik dan selalu bersikap optimis kepada para peserta didik.

6.  Percaya Diri

Percaya diri dalam mengajar sangat dibutuhkan khususnya bagi seorang guru pemula. Cobalah untuk bisa yakin pada diri sendiri. Janganlah terlalu terpaku pada hasil akhir, namun tetaplah fokus pada proses yang Anda lalui. Lakukan semuanya dengan baik maka hasilnya pun pasti baik.

Daftar Diklat “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Sosial Emosional” melalui link berikut ini: DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

(ctr/shd)

Share :

Baca Juga

News

Perbedaan Penerapan Kurikulum Prototipe setiap Jenjang Pendidikan

News

Keuntungan Menerapkan Kurikulum Prototipe Tahun 2022

News

Simak Cara Mendaftar, Syarat, dan Jadwal Rekrutmen Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan 3

News

Tips Menulis Sitasi Karya Ilmiah Dengan Benar

News

4 Cara Mengatasi Stres Belajar di Era Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik
Dokumentasi liputan 6.com

News

Masalah Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2 Kini Terungkap
website guru

News

Media Pembelajaran Online Paling Simpel Namun Efektif
cara membuat website guru

Karya Inovatif

Cara Mudah Guru Membuat Website Profesional dengan Blogger