Home / News

Rabu, 18 Agustus 2021 - 13:29 WIB

Tips Menjadi Guru Inovatif, Modern, dan Berkualitas

Profesi guru merupakan sebuah pekerjaan mulia yang memiliki tanggung jawab besar dalam membagikan ilmu kepada peserta didik. Kinerja profesi ini sangat berdampak bagaimana kualitas pendidikan suatu bangsa dan seperti apa hasil prestasi yang dicapai peserta didik.

Untuk membangun karakter siswa berkualitas, harus diawali dengan guru yang berkualitas pula. Dan berikut ini adalah tips bagaimana menjadi guru di era modern yang inovatif dan berkualitas.

Penguasaan ilmu

Jika memungkingkan, ilmu yang guru menjadi keahlian harus linear atau sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan. Jika guru tersebut memiliki kemampuan di mata pelajaran Matematika,  maka guru tersebut akan terasa salah pilihan jika mengajar mata pelajaran Kimia.

Penguasaan materi mendalam akan memengaruhi bagaimana performance guru dalam mengajar. Performance guru saat mengajar akan berdampak bagaimana peserta didik mencerna materi yang disampaikan.

Oleh sebab itu penguasaan ilmu ini berperan penting dalam transfer materi kepada peserta didik agar dapat berjalan dengan baik. Penguasaan ilmu ini harus disiapkan secara baik dalam proses pengajaran.

Baca Juga:  Apa Itu Asesmen Nasional, AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar?

Tidak pernah ada kata terlambat bagi seorang guru untuk memperkuat penguasaan ilmu karena hal ini akan sangat berdampak bagaimana pemahaman materi yang dialami oleh siswa.

Inovasi Metode Pengajaran

Sekarang para guru dituntut untuk bisa berinovasi dalam pembelajaran. Inovasi yang dapat guru terapkan dapat berupa melakukan games yang memuat penyampaian materi saat pengajaran. Tujuan dilakukan games ini agar peserta didik merasa have fun dan materi akan dapat peserta didik pahami dengan ceria.

Selain games penyampaian materi dengan video dan audio akan menambah rasa ingin tahu peserta didik sehingga mereka akan berusaha memahami materi dengan antusias. Apalagi saat seperti pandemi ini, pendidikan harus tetap berjalan secara daring untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19.

Baca Juga:  Segera Daftar Pelatihan 32 JP: Penyusunan DUPAK Guru!

Untungnya kemajuan teknologi mendukung pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi seperti Google Classroom, Zoom Meeting dan, Camtasia dan lainnya. Guru harus bisa mendukung penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan begitu, proses KBM pun akan tetap berlangsung di masa pandemi ini.

Daftar Diklat “Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia” melalui link berikut ini: DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Mau Menerima Saran dan Kritik

Peserta didik kini semakin kritis saat menghadapi materi yang diberikan guru. Terdapat beberapa guru yang terkadang belum bisa menjawab pertanyaan mengenai materi dari peserta didik dan bersikap tidak acuh atas pertanyaan yang disampaikan. Hal yang harus guru siapkan saat menghadapi posisi ini yaitu mau belajar.

Belajar lagi untuk dapat memberikan jawaban yang tepat atas rasa ingin tahu yang besar dari murid. Guru juga harus memberikan pengertian kepada murid bahwa ilmu yang dimiliki oleh guru juga bisa berbatas, agar tidak ada kesalahpahaman dengan anggapan bahwa guru tahu segalanya.

Share :

Baca Juga

News

Tips Cepat Menjadi Dosen setelah Lulus Kuliah

News

Sukses Menentukan Studi dan Karir Siswa dengan IKIGAI

News

Cara Menyusun Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran untuk Lomba
Guru Wajib Mempersiapkan Hal Ini

News

Diklat Ini 100% Gratis dan Bersertifikat 40 JP, Guru Segera Mendaftar Disini!

News

Cara Menyesuaikan Pembelajaran Sesuai Tahapan dan Karakteristik Siswa dalam Kurikulum 2022
student centered learning

News

4 Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

News

Cara Instal Aplikasi Class Point dan Ketahui Fiturnya untuk Pembelajaran
kursus bahasa inggris di kampung inggris pekalongan

News

Belajar Bahasa Inggris Sambil Jalan-Jalan, Kenapa Tidak?