4 Tips Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint

Pembelajaran Interaktif – Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran yang  digunakan. Media pembelajaran  dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan dan isi pembelajaran  kepada siswa.

Media pembelajaran ini memiliki kelebihan sebagai fasilitas penyerapan informasi yang diberikan oleh proses pembelajaran itu sendiri. Dalam pembelajaran nonformal tentunya media pembelajaran yang digunakan  sangat beragam. Hal ini dikarenakan penduduk yang menempuh pendidikan di pendidikan nonformal sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Sebagai guru yang dituntut menjadi guru digital sesuai kurikulum 2013, kita tidak perlu takut dengan apa yang disebut era digital. Ketika kurikulum 2013 mulai diterapkan, digitalisasi menjadi problem tersendiri bagi guru, terutama guru gaptek atau gagap teknologi. Namun setelah tiga tahun berikutnya problem itu hilang dengan sendirinya.

Guru yang sekarang sudah mulai terbiasa dan menikmati pengalaman baru tersebut. Telah muncul berbagai macam tool yang dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran, salah satunya adalah powerpoint.

Tentunya banyak guru yang sudah familiar dengan powerpoint. PowerPoint adalah aplikasi pendukung untuk membuat presentasi dalam bentuk slide presentasi interaktif.

Dengan aplikasi ini memungkinkan guru untuk mempresentasikan materi pembelajaran secara lebih efektif, professional dan menarik.

PowerPoint sebagai media pembelajaran Interaktif memudahkan guru dalam menjelaskan materi kepada peserta dan menjadikan transformasi pengetahuan lebih tepat dan lancar.

Baca Juga:  Pelatihan Cara Penilaian dan Membuat Laporan Perkembangan Siswa PAUD

Selain itu, PowerPoint interaktif  memudahkan guru dalam mempelajari pelajaran, memungkinkan peserta didik untuk tetap fokus pada materi yang dijelaskan, sehingga menghasilkan proses pembelajaran interaktif.

PowerPoint sejak awal dirilis hingga sekarang telah mengalami banyak perubahan, dimana pertama kali diluncurkan pada tahun 1987 PowerPoint masih berwarna hitam putih dan seiring berjalannya waktu pada tahun 1990 PowerPoint menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Misrosoft Office.

Powerpoint terus melakukan pembaharuan dan hingga saat ini PowerPoint meluncurkan versi terbaru 2020 Office365 dengan sisitem operasi : Mac, Linux, IOS dengan kategori aplikasi perkantoran bisnis, aplikasi penulisan dan penyuntingan.

Walaupun PowerPoint sudah familiar digunakan dalam proses belajar mengajar, tetapi tidak semua PowerPoint yang dibuat adalah PowerPoint interaktif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat PowerPoint Anda lebih interaktif:

  1. Kuasai materi yang akan disampaikan

Tentunya mempelajari materi merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap guru terlebih dahulu. Dengan menguasai materi, Anda tidak hanya dapat memberikan kepercayaan diri dalam menyampaikan materi, tetapi juga slide PowerPoint dapat disampaikan dengan lebih efektif.

  1. Buat slide yang semenarik mungkin

Tambahkan sentuhan manis dengan menambahkan template dan yang telah disediakan secara default oleh perangkat lunak PowerPoint untuk membuat slide presentasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan menimpa slide dengan banyak tulisan tetapi tampilkan point point penting yang ingin anda sampaikan.

  1. Gunakan berbagai media tambahan
Baca Juga:  Daftar Segera! Diklat 64JP Bedah Kurikulum Merdeka

PowerPoint dapat menampilkan berbagai gambar, foto, video serta teks. Dengan menggunakan berbagai media tambahan, proses belajar mengajar tidak hanya bergantung pada paparan. Kehadiran foto dan video juga dapat memberikan informasi yang lebih rinci kepada peserta didik yang tidak dapat disampaikan melalui paparan saja.

  1. Gunakan efek secukupnya

Perangkat lunak PowerPoint memiliki berbagai fitur tambahan yang tersedia untuk setiap slide. Namun, jika Anda menggunakan terlalu banyak efek, paparan tidak akan terlihat indah dan akan sulit bagi peserta didik untuk berkonsentrasi pada materi. Selain itu, menggunakan terlalu banyak efek dapat membebani kerja laptop Anda dan pada akhirnya  mengurangi kelancaran proses pembelajaran.

Eguruid akan segera menyelenggarakan Pelatihan Bersertifikat 32JP : Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Powerpoint yang akan diselenggarakan pada tanggal 4, 6, 9, 11, 14 Juni 2022 Pukul : 19.15 WIB.

Ingin bergabung dan belajar Bersama? Segera daftar dengan KLIK DISINI

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

(law/law)  

Share :

Baca Juga

News

Review Materi ke 4 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

Pelatihan Guru

Segera Mendaftar Sebelum Ditutup SEMINAR NASIONAL GRATIS Bersertifikat

Pengembangan Diri

Unduh Sertifikat Seminar Nasional STEAM Untuk PAUD

Pengembangan Diri

Pembelajaran Berdiferensiasi, Manfaat untuk Guru dan Siswa

Pengembangan Diri

Pentingnya Sosial Emotional Learning dalam Pembelajaran

Pengembangan Diri

Materi Hari Pertama Diklat 40JP : Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Diri

Daftar! Pelatihan Bersertifikat 32JP : Penyusunan RPP Terbaru

Advertorial

Segera Daftar! Diklat Gratis Bersertifikat 40JP “Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan dengan Model Cooperatif pada Kurikulum Merdeka”