Yuk Kenali Fitur Portal Rumah Belajar Kemendikbud

- Editor

Senin, 3 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kenali fitur portal rumah belajar yang merupakan wujud inovasi pembelajaran secara online oleh kemendikbud. Portal ini menyediakan bahan untuk belajar serta fasilitas yang dapat diakses oleh siswa dan guru mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasa (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Hingga Januari 2022 ini, portal rumah belajar telah dimanfaatkan oleh setidaknya 278.687 guru dan 667.688 siswa di seluruh penjuru Indonesia. Fasilitas ini dapat digunakan untuk belajar kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja.

Terdapat setidaknya 2 fitur dalam portal Rumah Belajar ini, yaitu fitur utama dan fitur pendukung. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia dalam fitur utama Rumah Belajar :

1. Sumber Belajar

Fitur ini menyediakan bahan/materi ajar yang disajikan dalam bentuk video, gambar, animasi, simulasi, permainan, dan evaluasi. Sumber yang digunakan dalam penyusunannya berdasarkan kurikulum yang berlaku.

Salah satu materi yang sudah diupload adalah penerapan sila ke 3 pada kehidupan sehari-hari. Selain video yang edukatif, di bagian bawah video terdapat informasi tanggal diunggah, jenjang pendidikan sesuai materi (SD/SMP/SMA), tingkat/kelas, dan mata pelajaran.

2. Kelas Maya

Seperti halnya kelas maya yang menjadi alternatif pembelajaran di era pandemi ini. Rumah Belajar ini juga menyediakan fitur yang memfasilitasi proses pembelajaran virtual antara guru dengan siswa. Fitur ini berbasis Learning Management System (LMS) yaitu perangkat lunak untuk membuat, mendistribusikan dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Adapun mekanisme penggunaan fitur ini adalah dengan cara, 1) admin sekolah mendaftrkan sekolahnya sebagai penyelenggara, 2) Guru mendaftarkan dirinya setelah sekolah terdaftar sebagai penyelenggara, 3) Guru membuat kelas daring sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diampu, 4) Siswa mendaftar lalu berbagung ke kelas yang telah disediakan oleh sekolah dan guru.

3. Bank Soal

Fitur ini berisi kumpulan soal dan materi evaluasi siswa dalam bentuk latihan, ulangan, dan ujian. Fitur ini dibagi menjadi 5 bagian, yaitu SD (Kelas 1-6), SMP (Kelas 7-9), SMA (Kelas 10-12), SMK (Kelas 10-12), dan SLB (SLB A,B,C,D, dan E). Setiap kelas kemudian dibagi lagi dalam beberapa mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

4. Laboratorium Maya

Fitur ini merupakan simulasi praktikum laboratorium yang dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Salah satunya yaitu tentang proses fotosistesis, terdapat video proses fotosistesis yang disertai dengan penjelasan secara ringkas terkait proses fotosintesis.

Selain fitur utama, portal rumah belajar ini memiliki fitur pendukung. Fitur pendukung yang tersedia adalah sebagai berikut :

1. Peta Budaya

Fitur ini berisi tentang konten budaya yang ada di Indonesia dan Dunia, seperti konten tentang komuniktas adat samin, malam satu suro, ondel-ondel, homo erectus, situs gunung padang, komunitas adat batur, dan lain sebagainya.

2. Buku Sekolah Elektronik

Buku ini merupakan buku dalam bentuk digital yang terdiri 3 kategori, yaitu terbaru, terpopuler, dan non-kurikulum. Selain itu juga dapat dipilih berdasarka 5 jenjang pendidikan, yaitu PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK, serta terdapat buku untuk materi kesetaraan yaitu paket A, paket B, dan paket C.

3. Wahana Jelajah Angkasa

Fitur ini menyediakan fasilitas teleskop digital yang dapat diakses melalui PC. Layar Pc akan disuguhkan dengan pemandangan luar angkasa beserta dengan planet-planet dalam tata surya dan rasi bintang yang dihubungkan melalui garis-garis warna merah. Selain itu terdapat fitur yang memungkinkan kita untuk melihat permukaan bulan dan planet. Adanya fitur ini sangat membantu pembelajaran terkait tata surya karena memberikan gambaran yang cukup nyata.

4. Karya Bahasa dan Sastra

Bagi yang tertarik dalam bidang sastra dan bahasa maka fitur ini dapat menjadi salah satu sumber referensi. Beberapa karya yang disuguhkan dalam fitur ini yaitu Antologi Puisi: Ragam Jejak Sunyi Tsunami terbitan tahun 2005, Antologi Geguritan lan Macapat: Rembuyung terbitan tahun 1997, Antologi Puisi Bengkel Sastra 2008: Meteor terbitan tahun 2008 serta berbagai karya lainnya.

5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Fitur ini menyediakan pelatihan/workshop online yang sudah diselenggarakan 2840 kali oleh 34 penyelenggara, serta 416.794 peserta. Workshop/pelatihan tidak selalu ada, namun peserta dapat melihat informasi jadwal melalui fitur ini.

Adapun cara pendaftaran pelatihan/workshop dapat dilakukan secara online, yaitu dengan registrasi akun, kemudian login, lalu daftar ke platihan yang diminati, lalu tunggu konfirmasi. Panitia akan melakukan seleksi dan verifikasi data terlebih dahulu untuk kemudian menghubungi peserta yang diterima.

6. Blog Pena

Sebagaimana bentuk blog pada umumnya, fitur blog pena ini menyediakan berbagai artikel yang bersifat informatif. Beberapa artikel yang terdapat dalam blog ini yaitu “Peningkatan Kompetensi TIK Guru Garis Depan: Guru sebagai Tulang Punggung Penguatan Nasionalisme di Kawasan Perbatasan”, “Assessment for Learning (AfL) Sebagai Penguat Literasi di Kelas”, “Penglaman memanfaatkan Rumah Belajar” dan berbagai artikel populer lain yang berkaitan denga dunia pendidikan.

7. Edugame

Fitur ini sangat cocok bagi yang suka belajar sambil bermain. Permainan yang disajikan dalam fitur ini tidak hanya satu saja, namun terdapat berbagai macam permainan yang dibagi menjadi 5 kategori, yaitu matematika, membaca, menulis, sains, dan umum.

Beberapa permainan yang terdapat dalam fitur ini yaitu Nyanyuk Adventure, Diri Ku, Ph Shoot, Menghitung Waktu, Menyusun Angka, dan berbagai macam permainan online lain yang dapat diakses melalui PC.

8. Augmented Reality

Sebagai produk dari Augmented Reality (AR) fitur ini menghadirkan objek tambahan berupa gambar, teks, video, suara hingga objek 2 dimensi dan 3 dimensi. Materi yang disampaikan telah disesuaikan dengan kurikulum sesuai dengan jenjang masing-masing (PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK).

Untuk memanfaatkan fitur ini, perlu menginstrall file aplikasi pada smartphone terlebih dahulu. Adapun file tersebut dapat didownload melalui portal Rumah Belajar.

Selain fitur utama dan pendukung di atas, sebagai wujud tanggap pandemi, Rumah Belajar juga menyediakan Panduan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Belajar Dari Rumah (BDR) dengan menerapkan Model Pembelajaran Inovatif. Panduan ini terdiri 2 materi yaitu Panduan Belajar Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Rumah Belajar dan Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar.

Inovasi dalam bentuk portal belajar yang dapat diakses secara online ini dapat memudahkan proses belajar mengajar. Rumah Belajar ini juga memberikan beberapa rekomendasi sumber belajar lain, seperti Radio Edukasi, m-edukasi, e-modul kesetaraan dan berbagai sumber lainnya.

Berikut ini adalah kontak Rumah Belajar Kemendikbud yang dapat diakses oleh siapa saja :
[email protected],id
[email protected]
Telepon di (021) 1500005
WA di +62 81315698315

Keberadaan Rumah Belajar ini tentunya sangat membantu berbagai pihak, namun keberadaannya masih belum banyak diketahui oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, mari kita sebarluaskan informasi mengenai portal ini dan manfaatkan fitur Rumah Belajar yang telah disediakan oleh kemendikbud ini dengan baik.

Yuk pelajari ice breaking juga, silahkan mengikuti Pelatihan Ice Breaking Seru, No Boring Dan Anti Garing Agar Pembelajaran Menjadi Menarik Dan Menyenangkan. Yang diselenggarakan oleh e-guru.id. DAFTAR SEKARANG!

More Info:
https://wa.me/6285161610200

Berita Terkait

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya
 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2
Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?
Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur
Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru
30 Soal MOOC dan Jawaban Evaluasi Akademik PPPK 2024 Terbaru
Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 1
Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Database BKN Masih Ada Kesempatan Jadi Guru PPPK 2024
Berita ini 124 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:20 WIB

 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:06 WIB

Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:23 WIB

Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:42 WIB

Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru

Berita Terbaru

Kurikulum Pendidikan

Bentuk Pelaporan Selain Rapor untuk Pembelajaran Berdiferensiasi

Senin, 15 Jul 2024 - 11:53 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 11:15 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Konten  dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 10:33 WIB

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Proses  dan Contoh Kegiatannya

Kurikulum Pendidikan

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Proses dan Contoh Kegiatannya

Senin, 15 Jul 2024 - 10:11 WIB