Home / News

Kamis, 25 November 2021 - 17:33 WIB

Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Di era yang maju seperti sekarang ini, teknologi menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai oleh setiap orang. Terutama di bidang pendidikan, sekarang ini seorang guru diharuskan melek teknologi. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang sekarang ini lebih banyak menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Contohnya yaitu, game edukasi, powerpoint, video animasi, dan beberapa media pembelajaran lainnya.

Media pembelajaran merupakan perantara guru dalam menyampaikan materi belajar kepada siswa agar siswa bisa mudah memahami pelajaran yang diberikan. Media pembelajaran didesain semenarik mungkin agar minat dan motivasi siswa dalam belajar bisa bangkit. Penggunaan media pembelajaran sangat bermanfaat bagi siswa dan guru. Guru bisa memberikan atau menyampaikan materi pelajaran yang lebih jelas kepada siswa, dan siswa pun lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. 

Pada dasarnya, penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat serta keinginan siswa dalam belajar. Namun, jika media yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut monoton, maka proses belajar mengajar tidak akan berlangsung dengan baik. Saat ini guru harus senantiasa berpikir kreatif dalam menyusun media pembelajaran. Salah satu hasil dari berpikir kreatif tersebut ialah seorang guru dapat menciptakan media pembelajaran yang interaktif. Fungsi dari media pembelajaran interaktif sendiri adalah sebagai alat untuk memperjelas materi pembelajaran, sebagai alat untuk mencari persoalan baru yang nantinya dibahas bersama, dan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Baca Juga:  Teknologi dan Pendidikan

Salah satu media pembelajaran interaktif yang sering digunakan adalah animasi. Animasi adalah sekumpulan gambar statis yang saling berhubungan kemudian ditayangka bergantian dalam waktu cepat. Menurut Furoidah (2009), media animasi pembelajaran merupakan media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerak dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran.

Animasi digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk menarik perhatian peserta didik. Animasi memberikan ruang kepada guru untuk mengekspresikan bahan ajar dengan tampilan yang lebih menarik. Animasi bisa disisipkan dengan unsur lucu dan penuh warna sesuai dengan materi yang diajarkan.

Baca Juga:  Mengenalkan Pendidikan pada Suku Taá di Morowali Utara

Fungsi kedua dari animasi adalah menghindari perbedaan pendapat ketika menyampaikan materi. Animasi dapat dengan mudah dirancang menghilangkan faktor-faktor yang tidak ingin diamati agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki media pembelajaran animasi, antara lain:

  • Kelebihan 
  1. Media animasi mampu menyampaikan suatu konsep yang kompleks secara visual dan dinamika.
  2. Animasi mampu menarik perhatian siswa dengan mudah.
  3. Animasi mampu digunakan untuk menyediakan pembelajaran secara maya.
  4. Animasi mampu menawarkan satu media pembelajaran yang lebih menyenangkan.
  5. Penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk visual melalui animasi memudahkan dalam proses penyampaian penerapan konsep atau demonstrasi materi pelajaran.

 

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

metode memberi nilai pada siswa

News

Berkas Pengajuan Dupak Guru yang Wajib Disertakan secara Online

News

Penting Diketahui Guru! Inilah Tips Bijak Penggunaan Internet Untuk Siswa

News

7 Kompetensi Yang Harus Dikuasai Oleh Guru PPG Daljab

News

Mengenal Canva Pendidikan untuk Pembelajaran yang Menarik

News

Sukses Menulis Buku Hasil Penelitian Ber-ISBN

News

Download Materi Pertemuan Hari Keempat: Pembelajaran Interaktif untuk Generasi Z yang Menyenangkan

News

5 Persiapan Calon Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

News

Cara Melaksanakan Kelas Virtual dengan Microsoft Teams