Home / News

Senin, 18 Juli 2022 - 16:00 WIB

Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Dihapus Mulai Tahun Ajaran Baru 2022, Benarkah? Begini Kata Kemdikbud

Tunjangan sertifikasi guru akan dihapus termasuk tamsil (tambahan penghasilan) karena adanya pelaksanaan kurikulum Merdeka yang dimulai saat tahun ajaran baru pada tahun 2022. Tunjangan sertifikasi guru merupakan salah satu penghasilan tambahan yang diterima oleh seorang guru yang mana tujuan pemerintah memberikan tunjangan sertifikasi guru tersebut yakni untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik.

Saat ini masih banyak guru di Indonesia yang menerima penghasilan yang terbilang kecil atau tak sebanding dengan beban pekerjaannya sehingga pemerintah memberikan tambahan penghasilan bagi guru dalam bentuk Tunjangan Profesi Guru. Tunjangan ini berlaku untuk semua guru berstatus PNS maupun non-PNS yang telah lolos dalam program sertifikasi guru.

Baca Juga:  Tips Membuat PPT Menarik dan Atraktif untuk Presentasi

Pemberian Tunjangan Profesi Guru tersebut telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, Serta Tunjangan Kehormatan Profesor. Sesuai Pasal 1 ayat (4), Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. Tunjangan Profesi Guru dibayarkan pemerintah dalam sebulan sekali.

Halaman Selanjutnya

Besaran Tunjangan Profesi Guru ditetapkan sebesar…

Share :

Baca Juga

News

Guru Harus Tahu! Hakikat dan Makna Profil Pelajar Pancasila

News

Penggunaan E-Materai Pada Seleksi PPPK 2022

News

Portal SSCASN BKN Sudah Dibuka, Penempatan Guru Lulus PG Belum Kelar, Bagaimana Nasibnya?

News

Wajib Simak! Hari Pertama Dibuka Untuk Umum Diklat 35 JP : Merancang Pembelajaran Kolaborasi Antar Mata Pelajaran Dalam Implementasi P5

News

Resmi! Guru Madrasah Akan Terima Bantuan dari Kemenag Bulan Ini, Simak Informasi Selengkapnya

News

5 Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Hampir Tembus 1 Miliar

News

Download Materi Diklat 40 JP Hari Kedua: Mendalami Peran Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan

News

Mengenal Model Pembelajaran, Prinsip serta Cirinya