Home / News

Senin, 18 Juli 2022 - 16:00 WIB

Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Dihapus Mulai Tahun Ajaran Baru 2022, Benarkah? Begini Kata Kemdikbud

Tunjangan sertifikasi guru akan dihapus termasuk tamsil (tambahan penghasilan) karena adanya pelaksanaan kurikulum Merdeka yang dimulai saat tahun ajaran baru pada tahun 2022. Tunjangan sertifikasi guru merupakan salah satu penghasilan tambahan yang diterima oleh seorang guru yang mana tujuan pemerintah memberikan tunjangan sertifikasi guru tersebut yakni untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik.

Saat ini masih banyak guru di Indonesia yang menerima penghasilan yang terbilang kecil atau tak sebanding dengan beban pekerjaannya sehingga pemerintah memberikan tambahan penghasilan bagi guru dalam bentuk Tunjangan Profesi Guru. Tunjangan ini berlaku untuk semua guru berstatus PNS maupun non-PNS yang telah lolos dalam program sertifikasi guru.

Baca Juga:  Konsep Merdeka Belajar Sebagai Kebijakan Baru Pada Pembelajaran 2022

Pemberian Tunjangan Profesi Guru tersebut telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, Serta Tunjangan Kehormatan Profesor. Sesuai Pasal 1 ayat (4), Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. Tunjangan Profesi Guru dibayarkan pemerintah dalam sebulan sekali.

Baca Juga:  Alasan Jutaan Guru Tidak Mendapat Tunjangan Profesi, Ini Ungkapan Kemdikbud

Halaman Selanjutnya

Besaran Tunjangan Profesi Guru ditetapkan sebesar…

Share :

Baca Juga

manfaat menulis bagi guru

News

Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum Baru

News

Keuntungan Mengikuti PPG Bagi Guru Tahun 2022

News

Sekolah Bisa Mendapatkan Bantuan Dana DAK Fisik dari Pemerintah, Daftarkan Segera Sebelum Batas Waktu Pengajuan Berakhir!

News

Hari Terakhir Pendaftaran! Seleksi Calon Atase Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2022 Berkesempatan Untuk Ke Luar Negeri
https://naikpangkat.com/download-materi-pertama-free-diklat-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-mudah--pengenalan-liveworksheet/

News

Contoh Pelatihan Bersertifikat untuk Guru dari e-Guru.id

News

Microsoft Excel untuk Mempermudah Administrasi Sekolah

News

Tugas dan Fungsi Guru BK yang Wajid Anda Pahami

Advertorial

Cara Membuat Soal Online di Google Form Hanya dengan Ponsel