Tugas Utama Guru Sebagai Pendidik Profesional

- Editor

Rabu, 28 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tugas utama guru – Mengajar adalah pekerjaan mulia. Tugas utama guru bukan hanya sekedar menyampaikan topik kepada siswa. Guru juga orang yang memiliki tanggung jawab untuk membentuk jiwa dan karakter siswa yang di didik. Guru harus memiliki peluang besar untuk membentuk dan membangun kepribadian siswanya menjadi orang yang berguna bagi agama, tanah air dan bangsa. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Undang-undang Guru dan dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, mengevaluasi, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah.

Harapannya, seorang guru mampu mempersiapkan siswanya agar menjadi manusia bermoral yang dapat membangun dirinya sendiri dan juga membangun bangsa dan negaranya.

Tugas Utama Guru Dalam Pembelajaran

Dalam UU Guru dan dosen, ada tujuh tugas utama guru. Ketujuh tugas tersebut adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, mengevaluasi dan menilai siswa. Apa tujuh tugas utama guru? Berikut ulasannya.

Mendidik

Mendidik adalah mengajak, memotivasi, mendukung, membantu dan menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain atau lingkungan. Pendidikan lebih menitikberatkan pada kebiasaan dan keteladanan.

Mengajar

Mengajar adalah suatu tindakan yang di lakukan oleh guru untuk membantu atau memudahkan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar. Proses tersebut di lakukan dengan memberikan contoh kepada siswa atau mempraktekkan keterampilan tertentu atau menerapkan konsep yang di berikan kepada siswa sehingga menjadi keterampilan yang dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Membimbing

Suatu proses yang di lakukan oleh guru untuk menyediakan bahan ajar untuk mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan pendekatan tertentu yang sesuai dengan karakter peserta didik. Panduan ini juga bertujuan untuk membantu siswa menemukan potensi dan kemampuannya, menemukan bakat dan minatnya sehingga sesuai dengan masa perkembangan dan pertumbuhannya.

Mengarahkan

Pengarahan adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh guru kepada siswa agar mereka dapat mengikuti apa yang perlu di lakukan agar tujuan dapat tercapai. Mengarahkan bukan berarti memaksa, namun kebebasan siswa di hormati dengan tujuan agar kreativitas dan inisiatif siswa tumbuh secara mandiri.

Melatih

Menurut Sarief (2008), pelatihan pada hakikatnya adalah suatu proses kegiatan untuk membantu orang lain (atlet) mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam usahanya mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia pendidikan, tugas guru adalah melatih siswa dalam keterampilan fisik, mental, emosional dan berbakat.

Menilai

Penilaian adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. proses.

Tugas utama guru adalah mengevaluasi siswa pada aspek keterampilan, sikap dan pengetahuan. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kompetensi siswa setelah proses belajar mengajar selesai.

Mengevaluasi

Evaluasi dapat di artikan sebagai proses sistematis untuk menentukan atau mengambil keputusan sejauh mana tujuan program telah tercapai. Penilaian bertujuan untuk memperoleh data dan informasi yang di gunakan sebagai dasar untuk menentukan tingkat kemajuan, perkembangan dan pencapaian belajar siswa, serta efektivitas pengajaran guru.

Halaman Selanjutnya

Peran Seorang Guru

Berita Terkait

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap
Memaksimalkan Hasil Asesmen Diagnostik Untuk Pembelajaran Efektif Dengan Langkah- Langkah Ini!
Menjelajahi Berbagai Jenis Asesmen Diagnostik: Panduan Mudah Bagi Guru
Pentingnya Melakukan Analisis Diagnostik Sebelum Pembelajaran
Tantangan dan Peluang Guru Menghadapi Perbedaan Karakter Siswa 
Tindak Lanjut Guru Menentukan Metode Pembelajaran Sesuai Gaya Belajar Siswa
Lakukan Cara- Cara  Ini Untuk Guru Mengidentifikasi Gaya Belajar Siswa
Jenis – Jenis Gaya Belajar Siswa Yang Wajib Guru Ketahui
Berita ini 8,055 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:45 WIB

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap

Minggu, 9 Juni 2024 - 09:38 WIB

Memaksimalkan Hasil Asesmen Diagnostik Untuk Pembelajaran Efektif Dengan Langkah- Langkah Ini!

Sabtu, 8 Juni 2024 - 20:04 WIB

Menjelajahi Berbagai Jenis Asesmen Diagnostik: Panduan Mudah Bagi Guru

Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:46 WIB

Pentingnya Melakukan Analisis Diagnostik Sebelum Pembelajaran

Sabtu, 8 Juni 2024 - 10:26 WIB

Tantangan dan Peluang Guru Menghadapi Perbedaan Karakter Siswa 

Berita Terbaru