Home / News

Minggu, 20 Maret 2022 - 14:36 WIB

Tips Mudah Menulis Karya Tulis Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

Karya tulis ilmiah diartikan sebagai hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis serta berlandaskan kaidah ilmiah.

Berikut terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam menyusun atau menulis Karya Tulis Ilmiah :

  1. Memilih Topik yang Menarik

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat karya ilmiah adalah dengan menentukan topik penelitian. Dengan mengambil topik, maka Anda tentu akan mengetahui kea rah mana karya tulisan Anda harus dibawa.

Menentukan topik atau judul penelitian yang menraik akan menjadi nilai tambahan dalam sebuah penelitian, karena akan mampu menarik minat pembaca sehingga karya ilmiah yang Anda buat dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui sasaran pembaca dari tulisan yang Anda buat.

  1. Perbanyak Referensi

Dalam membuat sebuah penelitian maka perlu bahan rujukan yang kredibel, maka dari itu perlu untuk mencari referensi sebanyak mungkun terkait dengan penelitian yang akan disusun. Referensi dapat diambil dari buku, jurnal penelitian, maupun sumber lain yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Selain itu jangan lupa untuk mengecek sumber yang dipilih sebelum menggunakannya, Hal tersebut agar referensi yang dipakai sebagai rujukan benar-benar relevan dengan topik yang diteliti. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan kualitas referensi dan apakah menggunakan metode penelitian yang tepat, analisis yang dipakai dan lain sebagainya.

  1. Menentukan Cakupan Informasi dari Topik Penelitian
Baca Juga:  Pembagian Sertifikat dan Fasilitas Bimtek Gratis 40JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Kenaikan Pangkat

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam hal ini adalah memperhatikan topik dan gambaran karya ilmiah dari artikel atau jurnal terkait. Kemudian Anda dapat mengidentifikasi semua cakupan informasi yang akan ditulis, dan setelah mengetahui semua informasi tersebut maka pada saat pengolahan data akan lebih mudah dilakukan.

  1. Cara Penulisan

Anda perlu untuk memperhatikan tata cara penulisan, maka dari itu Anda dapat membuat draft untuk menuliskan semua ide dan informasi yang telah didapatkan. Kemudian Anda dapat mengecek penyuntingan terhadap ide atau informasi yang sudah dituangkan dalam bentuk tulisan tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu membuat striktir penulisan artikel ilmiah yang sesuai dengan kaidah yang ditetapkan. Dengan itu maka karya ilmiah yang Anda sisin dapat dengan mudah dikenali, diidentifikasi dan dibaca oleh penikmat hasil penelitian.

  1. Evaluasi dan Cek Ulang

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah evaluasi dengan cara mengecek ulang semua isi tata cara penulisan serta typography karya ilmiah Anda. Kemudian Anda perlu memperhatikan apakah konten yang Anda gunakan sudah relevan dengan ide dan tujuan penulisan karya ilmiah Anda atau belum, dan apabila dirasa sudah sesuai maka Anda bisa melakukan publikasi karya ilmiah Anda pada penerbit jurnal nasional atau internasional.

Baca Juga:  Download Materi Pertemuan Kedua Bimtek Gratis 40JP Membuat Artikel Ilmiah

 

Agar dapat menulis karya tulis ilmiah dengan lebih mudah maka Anda dapat mengikuti pelatihan di bawah ini.

Anda dapat mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh media pers NaikPangkat.com pada tanggal 28 – 31 Maret 2022 secara online melalui zoom meeting dan live streaming Youtube.

Diklat ini berjudul “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” yang akan disampaikan langsung oleh narasumber hebat yaitu Bapak Moh. Haris Suhud, S.S. sebagai Pimpinan Redaksi NaikPangkat.com.

Dengan mengikuti diklat ini maka Anda dapat mendapatkan berbagai macam fasilitas menarik diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sertifikat 32 JP Bernama
  2. Materi Diklat
  3. Undangan dan Rekap Daftar Hadir
  4. Akses Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube

Untuk dapat mengikuti diklat tersebut maka Anda harus mengikuti beberapa langkah atau cara pendaftaran yaitu sebagai berikut :

  1. Join Channel Telegram Belajar Era Digital https://t.me/belajareradigital
  2. Join Channel Telegram NaikPangkat.com https://t.me/naikpangkatdotcom
  3. Subscribe Channel Youtube Belajar Era Digital https://www.youtube.com/c/BelajarEraDigital
  4. Share informasi ini ke 3 Grup Whatsapp atau Telegram
  5. Mengisi Link Pendaftaran https://bit.ly/DiklatGuruMenulis
  6. Gabung grup untuk informasi pelaksanaan diklat https://t.me/freediklatartikelpopuler

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih terkait dengan diklat ini, maka Anda dapat menghubungi Kontak Admin berikut ini :

085865988163 (Lawu)

(esy/esy)

Share :

Baca Juga

News

Membangun Mental Generasi Hebat melalui Kebiasaan Kecil di Sekolah

News

Tahapan dan Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Tahun 2022
https://naikpangkat.com/gratis-pendaftaran-tinggal-hari-ini-seminar-nasional-kurikulum-merdeka-bersertifikat-4jp/

News

KAGET! WORKSHOP 64 JP Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022 Ada Potongan Harga

News

3 Manfaat Mengubah Tesis Menjadi Buku bagi Dosen atau Guru

News

Kebijakan Baru Kemendikbud Perihal Tunjangan Guru

News

Segera Daftar Lokakarya Nasional: Pengembangan Soft Skill Membuat Video Pembelajaran dengan Power Point

News

Implementasi Kurikulum Paradigma Baru

News

Google Workspace For Edu, Solusi PTM Terbatas Anti Boring!