Tips Menulis dan Publikasi Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat Guru

- Editor

Rabu, 23 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menulis artikel populer merupakan hal yang tidak begitu sulit dilakukan akan tetapi penulisan artikel ilmiah seringkali sulit dimengerti oleh orang-orang yang tidak familiar dengan bidang tersebut. Sehingga penulisan dan publikasi artikel populer perlu dilakukan.

Artikel populer merupakan tulisan berisi rangkuman artikel ilmiah yang disampaikan dengan bahasa yang ringan yang bertujuan untuk menambah jumlah pembaca. Perubahan model penulisan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca yang juga mencakup orang awam, tidak hanya dari kalangan akademisi.

Menulis sebuah artikel yang dimuat oleh berita nasional merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dalam dunia content writing. Setiap media berita online memiliki standar penulisan dan nilai berita yang berbeda-beda.

Berikut ada 5 jenis artikel yang dapat dibuat oleh seorang penulis yaitu:

1. Artikel Deskripsi

Pertama artikel deskripsi yakni sebuah artikel yang berisi informasi atau sesuatu hal yang digambarkan sehingga seolah-oleh pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar langsung cerita atau peristiwa tersebut.

2. Artikel Narasi

Kedua artikel narasi yakni jenis artikel ini berisi cerita atau peristiwa yang disampaikan secara kronologis atau dengan urutan waktu (awal, tengah, dan akhir). 

3. Artikel Argumentasi

Ketiga artikel argumentasi yakni merupakan sebuah karangan yang berisi ide, gagasan, atau pendapat penulis yang disertai data, opini dan fakta untuk mendukungnya.

4. Artikel Eksposisi

Keempat artikel eksposisi yakni sebuah artikel yang mengandung informasi yang dijelaskan secara singkat, padat, akurat dan mendalam sehingga menambah wawasan pembacanya. Contoh artikel ekposisi seperti berita di koran dan panduan penggunaan.

5. Artikel Persuasi

Kelima artikel persuasi merupakan sebuah artikel berisi informasi yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia  untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang disampaikan oleh penulis.

Tidak semua tulisan layak untuk dipublikasikan pada berita nasional. Banyak sekali media berita di indonesia yang bisa menerima tulisan dari luar untuk bisa di review oleh tim redaksi.

Ciri-ciri sebuah artikel dapat dilihat dari hal-hal berikut ini:

1. Isi tulisan dalam artikel harus didasarkan pada fakta

Seluruh isi tulisan yang ditulis dalam sebuah artikel harus didasarkan oleh fakta yang mana merupakan kejadian yang nyata bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif

Artikel yang dibuat harus bersifat faktual yang mana didasarkan pada kenyataan dan mengandung kebenaran dan informatif yakni memberikan informasi berdasarkan hasil penelitian yang dapat dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini yang subyektif

Artikel yang ditulis harus mengandung opini berdasarkan gagasan penulisnya yang mana opini tersebut harus didasarkan fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel harus ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Artikel yang ditulis haruslah singkat, padat dan jelas agar mudah untuk diterima pembaca. Selain itu artikel juga harus komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas.

5. Penulisan artikel harus dibuat secara sistematis

Penulisan artikel hendaknya dibuat secara sistematis karena artikel memiliki bagian-bagian tertentu dan ditulis secara sistematis sehingga pembaca dapat memahami isi artikel dengan mudah.

Struktur artikel secara umum terdiri dari tiga bagian yakni bagian pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi serta pernyataan ulang atau reiterasi.

1. Pernyataan pendapat atau tesis

Pada bagian pernyataan pendapat ini berisi uraian aktual penting yang dapat dijadikan pedoman pada pembahasan di dalam artikel.

2. Argumentasi

Pada bagian argumentasi berisi permasalahan yang dicoba untuk dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

Pada bagian ulang atau reiterasi berisikan kalimat kunci yang diringkas untuk pembahasan dalam bentuk simpulan.

Berikut adalah 3 trik menulis artikel populer yang baik:

1. Buat judul semenarik mungkin

Judul merupakan bagian tulisan yang pertama kali dilihat oleh pembaca sehinga maka dari itu penting bagi penulis untuk membuat judul semenarik mungkin. Pastikan judul pendek dan menggunakan kalimat aktif sehingga memiliki daya tarik yang lebih kuat.

2. Perhatikan panjang tulisan

Sebaiknya artikel populer tidak dibuat terlalu panjang untuk menuangkan poin utama dari penelitian yang sudah dilakukan seperti latar belakang, metode, dan hasil penelitian secara singkat.

3. Gunakan bahasa yang ringan

Tujuan penulisan artikel populer adalah untuk memperkenalkan hasil penelitian kepada pembaca awam. Maka, bahasa yang digunakan harus ringan, lugas, non teknis, dan sederhana. Hal ini dilakukan agar pembaca dapat benar-benar memahami inti tulisan.

Publikasi artikel ilmiah yang berisi hasil penelitian maupun yang lainnya membutuhkan jasa penerbit jurnal.

Penerbit jurnal bisa ditemukan dengan mudah di internet, dan perlu memilih penerbit yang memang kredibel. Sehingga jangan asal dalam memilih penerbit jurnal karena dikhawatirkan akan terjebak oleh jurnal predator yang masuk kategori jurnal predator. Sehingga penulis sudah keluar biaya namun artikel yang dikirimkan tidak kunjung dipublikasikan.

Ada dua cara yang biasa digunakan untuk mendistribusikan press release yaitu dengan cold email dan kontributor menulis.

1. Cold Email

Hal yang paling umum dilakukan adalah dengan mengirimkan email langsung kepada tim redaksi. Biasanya penulis bisa mendapatkan kontak email redaksi pada halaman about us,  atau redaksi pada situs berita tertentu. Ketika mengirim email, pastikan bahwa email yang dikirimkan dibuat secara personal, pendek dan langsung ke intinya.

Setiap hari, tim redaksi mendapatkan ribuan email yang ingin mendapatkan publikasi dalam situs berita mereka dan tim redaksi biasanya tidak mau membuang waktunya hanya untuk membaca email yang panjang. Oleh karena itu penulis harus membuat subjek email yang menarik dan berbeda dari email-email lainnya.

Terakhir penulis juga harus memastikan bahwa ketika akan menerbitkan artikel perlu melampirkan beberapa dokumen penting seperti artikel tulisan, biografi sebagai penulis dan juga aset digital lainnya (gambar, video, url situs, dll).

2. Menjadi Penulis Kontributor

Penulis kontributor merupakan sebuah pekerjaan lepas atau sukarela untuk menulis dan membagikan ide gagasan kepada media berita. Biasanya untuk menjadi penulis kontributor, kamu harus memiliki track record sebagai seorang penulis. Akan tetapi banyak juga yang tidak mengharuskan memiliki pengalaman.

Banyak sekali tempat menulis berita yang menerima tulisan kontributor seperti salah satunya naikpangkat.com. naikpangkat.com memfasilitasi penulis baru sebagai kontributor di dalam platform berita tersebut. Dengan melakukan transaksi sebesar 95 ribu kontributor bisa mendapatkan lima keuntungan yatiu mendapatkan surat keterangan terbit, karya tulis dibaca oleh ribuan orang, koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman, konsultasi gratis kepenulisan artikel populer, berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru. Sehingga dengan demikian para penulis kontributor tetap dapat membuat tulisan yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 76 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru